Comscore Tracker

Track Record Adu Penalti Timnas Spanyol di Ajang PIala Dunia

Rekor buruk bagi La Furia Roja

Perjalanan Spanyol pada Piala Dunia 2022 akhirnya terhenti di babak 16 besar. Drama tendangan adu penalti menjadi biang kekalahan Spanyol atas Maroko pada edisi kali ini.

Faktanya, Spanyol memang memiliki track record buruk dalam urusan adu penalti. Dari kiprah mereka di Piala Dunia, Spanyol hanya memenangi sekali dari lima kali pertarungan mental di babak adu penalti. 

Siapa sajakah lawan Spanyol di lima adu penanlti mereka di Piala Dunia? Dan bagaimana detailnya? Berikut inilah ulasannya.

1. Kalah dari Belgia pada Edisi 1986

Track Record Adu Penalti Timnas Spanyol di Ajang PIala DuniaBelgia kontra Spanyol pada Piala Dunia 1986. (fifa.com)

Tim nasional Spanyol petama kali merasakan ketengangan adu penalti di PIala Dunia pada edisi 1986. Kesempatan pertama tersebut ternayata tak berbuah manis bagi La Furia Roja.

Pasalnya, mereka harus kalah menyakitkan dengan skor 4-5 atas Belgia pada babak delapan besar. Kala itu, Eloy Jose Olaya menjadi satu-satunya pemain yang gagal mencetak gol lewat penalti pada pertandingan tersebut.

2. Satu-satunya catatan kemenangan adu penalti Spanyol

Track Record Adu Penalti Timnas Spanyol di Ajang PIala DuniaRaul Gonzalez pada Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Timnas Spanyol telah lima kali melakoni babak adu penalti pada gelaran Piala Dunia. Namun, mereka baru sekali meraih satu kemenangan yang dirasakan pada Piala Dunia edisi 2002 di Jepang-Korea Selatan.

Setelah bermain imbang dengan skor 1-1, Spanyol dipaksa Republik Irlandia untuk melakoni babak adu penalti. Beruntung bagi mereka karena saat itu Spanyol sukses menang dengan skor 3-2 dan berhasil melaju ke babak delapan besar.

Baca Juga: Kejutan, Maroko Singkirkan Spanyol dari Piala Dunia 2022

3. Ditaklukkan Korea Selatan pada edisi 2002

Track Record Adu Penalti Timnas Spanyol di Ajang PIala DuniaXavi Hernandez pada Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Setelah berhasil mengalahkan Republik Irlandia pada adu penalti yang menengangkan, Spanyol kembali harus melakukan hal serupa pada babak delapan besar. Kali ini, Korea Selatan yang berstatus sebagai tuan rumah menjadi lawan mereka.

Namun untuk kesempatan kali ini, Spanyol tak berhasil memenangkan pertandinga. Pasalnya, gagalnya sepakan penalti Joaquin Sanchez memaksa Spanyol mengakui keunggulan Korea Selatan dengan skor 3-5.

4. Kembali dikalahkan tuan rumah pada edisi 2018

Track Record Adu Penalti Timnas Spanyol di Ajang PIala DuniaEkspresi kecewa punggawa Spanyol atas kekalahan pada Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Enam belas tahun setelah kalah dari Korea Selatan, Spanyol kembali merasakan tegangnya drama adu penalti. Pada kesempatan kali ini, Spanyol bersua dengan Rusia yang pada Piala Dunia 2018 juga berstatus sebagai tuan rumah.

Babak adu penalti kala itu terjadi karena kedua tim bermain sama kuat hingga skor berakhir 1-1 dalam 120 menit. Untuk kali ini, Koke dan Iago Aspas menjadi biang dari kekalahan Spanyol atas Rusia di babak adu penalti dengan skor 3-4.

5. Tak catatkan satu pun gol pada edisi 2022

Track Record Adu Penalti Timnas Spanyol di Ajang PIala DuniaSelebrasi Achraf Hakimi saat mengalahkan Spanyol. (fifa.com)

Rekor buruk Spanyol pada babak adu penalti juga berlanjut pada edisi 2022 yang diadakan di Qatar. Bahkan, pada edisi kali ini, tak ada satu pun penendang Spanyol yang sukses menjalankan tugas dengan baik.

Oleh karena itu, mereka menerima kekalahan memalukan atas Maroko pada babak adu penalti dengan skor 3-0. Carlos Soler, Sergio Busquets, dan Pablo Sarabia menjadi tiga pemian yang gagal jalankan tugasnya tersebut.

 

Babak adu penalti di Piala Dunia nampaknya menjadi momok menakutkan dan pantas untuk dihindari Timnas Spanyol. Meski telah mengasah kemampuan adu penaltinya sebelum Piala Dunia 2022 dimulai, Spanyol nampaknya kalah mental dari Maroko pada edisi kali ini.

Baca Juga: Yassine Bono, Tembok Maroko yang Bikin Spanyol Tersingkir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya