Comscore Tracker

5 Transfer yang Pernah Terjadi antara Arsenal dan Tottenham Hotspur

Kepindahan Sol Campbell jadi yang paling panas

Dua laga panas akan terjadi pada pekan ke-9 EPL 2022/2023, yakni Manchester Derby dan North London Derby. Dari kedua laga tersebut, North London Derby lebih menjadi sorotan karena menghadirkan rivalitas panas antara Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Saking panasnya rivalitas kedua klub, jarang ada pemain yang berani pindah dari satu klub ke klub lainnya secara langsung. Hingga kini baru ada lima pemain yang pernah melakukannya. Siapa saja?

1. Pat Jennings

5 Transfer yang Pernah Terjadi antara Arsenal dan Tottenham HotspurPat Jennings (arsenal.com)

Pemain yang tercatat sebagai transfer pertama yang pernah terjadi antara Arsenal dan Tottenham Hotspur adalah Pat Jennings. Ia dikenal sebagai kiper legendaris yang bersinar bersama Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Sama seperti Willie Young, Jennings juga pindah dari Spurs ke Arsenal. Momen tersebut terjadi pada 1 Juli 1964. Pat Jennings bermain selama 8 tahun (1977—1985) bersama Arsenal. Sementara itu, bersama Spurs, Jennings bermain selama 13 tahun (1964—1977 dan 1985—1986).

2. Willie Young

5 Transfer yang Pernah Terjadi antara Arsenal dan Tottenham HotspurWillie Young (arsenal.com)

Nama selanjutnya ialah Willie Young, bek berkebangsaan Skotlandia yang ikut serta membawa Arsenal juara FA Cup 1979. Willie Young sendiri pindah dari Tottenham Hotspur ke Arsenal pada 1 Maret 1977.

Young sendiri bermain selama dua musim untuk Tottenham Hotspur. Untuk Arsenal, Young bertahan selama 4,5 musim. Dilihat dari masa bakti tersebut, sudah jelas Willie Young lebih sering bermain bersama The Gunners.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Jelang Duel Arsenal vs Tottenham Hotspur

3. Sol Campbell

5 Transfer yang Pernah Terjadi antara Arsenal dan Tottenham HotspurSol Campbell (twitter.com/arsenal)

Kepindahan Sol Campbell ke Arsenal dari Tottenham Hotspur pada tahun 2001 dianggap sebuah pengkhianatan besar yang membumbui North London Derby. Pasalnya, Campbell merupakan pemain jebolan akademi Spurs yang telah 9 tahun (1992—2001) berkarier bersama The Lilliywhites.

Pada saat rivalitas antara Arsenal dan Tottenham Hotspur sedang memanas, Campbell justru menyebrang. Sejak itulah Campbell sering disebut Judas oleh fans Spurs. Meski mencatatkan lebih banyak laga di Spurs, Campbell sukses meraih banyak gelar juara bersama Arsenal.

4. Rohan Ricketts

5 Transfer yang Pernah Terjadi antara Arsenal dan Tottenham HotspurRohan Ricketts (arsenal.com)

Rohan Ricketts merupakan pemain jebolan akademi Arsenal yang promosi ke tim utama pada 2001. Setelah semusim bermain di Arsenal dengan catatan satu laga, Ricketts justru menyebrang ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2002.

Ricketts sendiri bermain selama dua musim bersama Tottenham Hotspur dengan torehan 36 pertandingan. Gelandang serang berkebangsaan Inggris ini tak terlalu memiliki karier yang ideal. Ia sering bergonta-ganti tim dalam karier sepak bola profesionalnya.

5. William Gallas

5 Transfer yang Pernah Terjadi antara Arsenal dan Tottenham HotspurWilliam Gallas (twitter.com/FIFAcom)

William Gallas dikenal sebagai pemain nyentrik yang pernah membela tiga klub besar asal London. Setelah hengkang dari Chelsea pada 2006, Gallas kemudian bergabung dengan Arsenal. Bersama The Gunners, Gallas bermain selama 4 musim (2006—2010).

Setelah kontraknya habis bersama Arsenal, Gallas justru menyebrang ke Tottenham Hotspur. Namun, kepindahan tersebut tak sepanas kepindahan Sol Campbell meski Gallas pernah menjabat sebagai kapten Arsenal. Gallas bermain selama 3 musim (2010—2013) untuk Spurs.

 

North London Derby sangat layak untuk dinantikan pada akhir pekan nanti. Tottenham Hotspur yang tak ingin tetangganya tenang di pemuncak klasemen akan berusaha menjadi batu sandungan, sekaligus merebut posisi puncak klasemen.

Baca Juga: Jadwal Premier League Hari Ini: Dipanaskan Derby London! 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya