Comscore Tracker

5 Transfer Pemain Termahal Klub EPL pada Musim Panas 2022

Penjualan pemain ke Chelsea mendominasi

Klub English Premier League (EPL) sangat aktif mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim panas 2022. Mereka bahkan mampu mendatangkan pemain-pemain dengan banderol fantastis.

Di sisi lain, klub-klub EPL juga sukses menjual beberapa pemainnya dengan harga mahal. Berikut transfer pemain termahal klub EPL pada musim panas 2022

1. Wesley Fofana

5 Transfer Pemain Termahal Klub EPL pada Musim Panas 2022Wesley Fofana (chelseafc.com)

Pekan terakhir bursa transfer musim panas 2022 menghadirkan beberapa kejutan. Salah satunya adalah adanya penjualan termahal klub English Premier League dalam diri Wesley Fofana. Ia dijual Leicester City ke Chelsea dengan banderol sebesar 80,4 juta euro (Rp1,198 triliun).

Dengan harga besar tersebut, Chelsea sangat berharap jika bek muda Prancis ini akan berkembang dan memberikan kontribusi besar bagi tim. Sedangkan, bagi The Foxes, kehilangan Fofana akan menjadi PR besar bagi tim yang sejauh ini tampil kurang konsisten.

2. Marc Cucurella

5 Transfer Pemain Termahal Klub EPL pada Musim Panas 2022Marc Cucurella (premierleague.com)

Brighton & Hove Albion menjadi klub English Premier League yang merasakan hujan uang pada jendela transfer musim panas 2022. Setelah menjual Yves Bissouma ke Tottenham Hotspur, pada Jumat (5/8/2022), Brighton Hove Albion kembali menjual pemain mahal.

Marc Cucurella dilepas dengan banderol sebesar 65,3 juta euro (Rp973 miliar) ke Chelsea. Penjualan Cucurella jelas sangat menguntungkan bagi The Seagulls. Selepas menjual dua pemain tersebut, Brighton & Hove Albion sukses mendatangkan beberapa pemain, termasuk Pervis Estupinan untuk menggantikan posisi Cucurella.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Klub EPL pada Transfer Musim Dingin 2022

3. Richarlison

5 Transfer Pemain Termahal Klub EPL pada Musim Panas 2022Richarlison (premierleague.com)

Kejutan datang kala Richarlison dijual Everton ke Tottenham Hotspur. Padahal beberapa klub besar, seperti Manchester United, Arsenal, dan Barcelona, sempat dikaitkan dengan penyerang asal Brasil tersebut.

Richarlison pindah ke Spurs setelah ditebus dengan banderol sebesar 58 juta euro atau setara dengan Rp885 miliar. Sebagai pengganti Richarlison, Everton telah mendatangkan Neal Maupay dari Brighton &Hove Albion dan Dwight McNeil dari Burnley.

4. Raphinha

5 Transfer Pemain Termahal Klub EPL pada Musim Panas 2022Raphinha (fcbarcelona.com)

Raphinha menjad satu-satunya penjualan termahal klub English Premier League yang dilego ke tim non-Inggris. Raphinha pindah dari Leeds United ke Barcelona dengan biaya sebesar 58 juta euro (Rp874 miliar).

Banyak pihak mengira jika kepindahan Raphinha akan sangat berpengaruh bagi performa Leeds United musim ini, mengingat peran besarnya bagi tim pada musim lalu. Namun, nyatanya, peran tersebut bisa digantikan Rodrigo Moreno yang sejauh ini tampil menawan.

5. Raheem Sterling

5 Transfer Pemain Termahal Klub EPL pada Musim Panas 2022Raheem Sterling (premierleague.com)

Todd Boehly sebagai pemiliki baru Chelsea membuat skuad The Blues bisa belanja banyak pemain mahal pada bursa transfer musim panas 2022. Raheem Sterling yang didatangkan dari Manchester City menjadi salah satunya.

Winger Timnas Inggris ini dibanderol dengan harga 56,2 juta euro (Rp847 miliar). Di sisi Manchester City, kehilangan Sterling bukanlah masalah besar. Pasalnya, Manchester City masih memiliki banyak stok winger berkualitas di skuad mereka.

Penjualan mahal yang dilakukan klub-klub English Premier League didominasi oleh pembelian satu liga. Buktinya bisa dilihat dari transfer pemain termahal klub EPL pada musim panas 2022 di atas.

Baca Juga: 5 Transfer Termahal Pekan Terakhir Bursa Transfer Musim Panas 2022 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya