Comscore Tracker

7 Wilayah Italia yang Punya Lebih dari Satu Tim di Serie A 2022/2023

Wilayah Lombardia menjadi yang terbanyak

Italia merupakan negara kuat sepak bola yang terletak di Eropa bagian selatan. Negara yang dijuluki sebagai Negeri Pizza ini terbagi ke dalam 20 wilayah yang menaungi provinsi dan kota-kota di dalamnya.

Namun, tak semua wilayah memiliki kemampuan mumpuni di sepak bola. Sebab faktanya, hanya 10 dari 20 wilayah Italia yang memiliki perwakilan di Serie A 2022/2023.

Tujuh wilayah di antaranya justru diwakili oleh lebih dari satu tim. Wilayah mana sajakah itu? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Emilia Romagna

7 Wilayah Italia yang Punya Lebih dari Satu Tim di Serie A 2022/2023Sassuolo (twitter.com/sassuolous)

Region pertama dalam daftar ini adalah Emilia-Romagna, salah satu region terbesar di Italia yang berbatasan dengan San Marino. Secara geografis, wilayah yang beribu kota di Bologna ini berada di Italia bagian utara.

Pada gelaran Serie A 2022/2023, Emilia-Romagna diwakili oleh dua tim, yakni FC Bologna dan Sassuolo. Selain kedua klub tersebut, wilayah Emilia Romagna sebetulnya memiliki tim legendaris bernama Parma yang saat ini berlaga di Serie B.

2. Lazio

7 Wilayah Italia yang Punya Lebih dari Satu Tim di Serie A 2022/2023AS Roma (twitter.com/ASRomaEN)

Latium atau yang biasa dikenal dengan keresidenan Lazio merupakan pusat pemerintahan Italia. Region Lazio terletak di Italia bagian barat daya dan beribu kota di kota Roma. Wilayah ini juga memiliki kualitas sepak bola yang jempolan.

Pasalnya, dua tim besar Italia, yakni SS Lazio dan AS Roma berasal dari wilayah ini. Selain dua klub tersebut, wilayah Lazio juga memiliki Frosinone yang saat ini berlaga di Serie B.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Klub Serie A pada Transfer Musim Panas 2022  

3. Toscana

7 Wilayah Italia yang Punya Lebih dari Satu Tim di Serie A 2022/2023Fiorentina (acffiorentina.com)

Toscana adalah salah satu wilayah yang sering dikunjungi karena memiliki menara Pisa sebagai objek wisata ikonik di Italia. Toscana sendiri beribu kota di Florence yang berhadapan langsung dengan laut barat Italia.

Dari wilayah ini, beberapa klub langganan Serie A lahir. Sebut saja Fiorentina dan Empoli yang pada musim ini ikut memanaskan Serie A. Selain itu, mereka juga memiliki AC Pisa yang cukup dikenal sebagai klub sepak bola Italia.

4. Piemonte

7 Wilayah Italia yang Punya Lebih dari Satu Tim di Serie A 2022/2023Juventus (juventus.com)

Piemonte merupakan wilayah terbesar kedua di Italia setelah Sisilia yang terletak di pulau sebelah selatan Italia. Piemonte sendiri terletak di wilayah utara Italia yang berbatasan langsung dengan Swiss.

Piemonte yang beribu kota di Turin ini memiliki dua klub legendaris yang saat ini berlaga di Serie A. Dua klub tersebut berasal dari kota Turin, yakni Juventus dan Torino. Selain itu, Novara yang kini berlaga di Serie B juga berasal dari Piemonte.

5. Lombardia

7 Wilayah Italia yang Punya Lebih dari Satu Tim di Serie A 2022/2023AC Milan (acmilan.com)

Wilayah yang paling banyak menyumbangkan tim di Serie A 2022/2023 adalah wilayah Lombardia. Wilayah yang terletak di utara Italia ini merupakan rumah bagi lima tim Serie A musim 2022/2023.

Mereka adalah AC Milan, Inter Milan, AC Monza, Cremonese, dan Atalanta Bergamo. Jika dilihat dari kelima nama tersebut, duo Milan jelas menjadi yang paling mentereng. Selain karena prestasi dan sejarahnya, kedua klub tersebut bermarkas di ibu kota Lombardia.

6. Liguria

7 Wilayah Italia yang Punya Lebih dari Satu Tim di Serie A 2022/2023Sampdoria (sampdoria.it)

Liguria merupakan salah satu region terkecil Italia yang terletak di bagian barat laut Negeri Pizza. Liguria beribu kota di Genoa. Namun sayang, Genoa C.F.C yang merupakan klub ibu kota Liguria harus absen pada Serie A 2022/2023 akibat terdegradasi musim lalu.

Saat ini, Liguria diwakili oleh dua klub, yakni Spezia dan Sampdoria. Dari kedua klub tersebut, nama Sampdoria jelas menjadi yang terbaik secara kualitas dan prestasi.

7. Campania

7 Wilayah Italia yang Punya Lebih dari Satu Tim di Serie A 2022/2023Napoli (mobile.twitter.com/en_sscnapoli)

Beralih ke wilayah barat daya Italia, nama selanjutnya adalah Campania. Wilayah ini beribu kota di kota Naples. Tak jauh berbeda dengan Toscana, Campania juga merupakan objek wisata favorit di Italia karena memiliki sejarah dan budaya yang kuat.

Sama seperti kebanyakan wilayah dalam daftar ini, Campania juga diwakili oleh dua klub. Mereka adalah Napoli dan Salernitana. Selain kedua klub tersebut, Campania juga menjadi rumah bagi Benevento yang saat ini berlaga di Serie B.

 

Hanya ada tiga tim yang menjadi satu-satunya perwakilan dari region mereka sendiri pada Serie A 2022/2023. Mereka adalah Udinese yang bermarkas di Friulli Venezia Giulia, Lecce dari Puglia, dan Hellas Verona dari wilayah Veneto.

Baca Juga: 6 Top Scorer Sepanjang Masa Klub-klub Besar Serie A, Dominasi Lokal

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya