10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!

Didominasi negara-negara Eropa!

Setiap tim nasional dari berbagai negara memiliki skuad yang terdiri dari pemain terbaik yang dimiliki negara tersebut. Para pemain ini berasal dari klub asal mereka masing-masing yang membuat komposisi skuad sebuah timnas menjadi sangat beragam.

Biasanya para pemain timnas adalah mereka yang bermain untuk klub-klub papan atas di liga domestik. Selain itu, ada pula para pemain timnas yang bermain di berbagai klub di luar negara asal mereka.

Para pemain tersebut memiliki market value masing-masing di klub mereka. Jika mereka bergabung ke timnas, gabungan nilai pasar mereka dapat menjadi salah satu tolok ukur kekuatan timnasnya. Semakin besar total nilai pasar sebuah skuad timnas, maka bisa dikatakan semakin kuat timnas tersebut karena diisi pemain-pemain mahal yang tentu saja berkualitas.

Market value seolah merepresentasikan kualitas seorang pemain dan sebuah tim walaupun hal ini bukan satu-satunya acuan untuk menentukan kualitas tersebut. Dilansir transfermarkt.com, Berikut ini adalah skuad timnas dengan nilai pasar tertinggi saat ini.

Baca Juga: Harry Kane Cetak Gol lagi, Mourinho: Saya Tak Terkejut!

1. Timnas Inggris - 1,33 Miliar Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!futballnews.com

Peringkat pertama ditempati oleh skuad The Three Lions. Skuad asuhan Gareth Southgate ini memiliki total nilai pasar sebesar 1,33 miliar euro atau sekitar 22,7 triliun rupiah.

Nilai yang fantastis ini turut dipengaruhi oleh 4 pemain mereka yang memiliki nilai pasar 100 juta euro ke atas. Pemain tersebut adalah Jadon Sancho, Trent Alexander-Arnold, Raheem Sterling, dan sang kapten, Harry Kane yang memiliki market value tertinggi, 120 juta euro.

2. Timnas Brasil - 1 Miliar Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!fifa.com

Di urutan kedua ada skuad timnas Brasil dengan total market value sebesar 1 miliar euro. Angka tersebut bila dikonversikan ke rupiah akan setara dengan 17 triliun rupiah. Sang superstar, Neymar, menjadi yang termahal dalam skuad Selecao saat ini. Ia memiliki nilai transfer sebesar 128 juta euro, disusul Alisson Becker dengan 80 juta euro yang juga menjadikannya sebagai salah satu kiper termahal saat ini.

3. Timnas Prancis - 997 Juta Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!soccerladuma.co.za

Berbeda tipis di bawah Brasil, ada juara bertahan piala dunia, Prancis. Saat ini skuad Tim Ayam Jantan memiliki total nilai pasar sebesar 997 juta euro dari gabungan semua nilai pasar para pemainnya.

Striker muda mereka, Kylian Mbappe, masih menjadi pemain termahal dengan angka 180 juta euro saat ini. Pemain 22 tahun tersebut menjadi satu-satunya pemain yang memiliki nilai pasar di atas 100 juta euro dalam skuad asuhan Didier Deschamps ini.

4. Timnas Spanyol - 915 Juta Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!soccerladuma.co.za

Berikutnya ada Timnas Spanyol dengan nilai pasar sebesar 915 juta euro atau sekitar 15,6 triliun rupiah. Pemain yang memiliki nilai pasar tertinggi di Timnas Spanyol saat ini adalah Mikel Oyarzabal dengan 70 juta euro. Striker Real Sociedad tersebut mengalahkan nilai pasar sang kapten tim, Sergio Ramos, yang hanya memiliki nilai 14 juta euro saat ini.

5. Timnas Portugal - 794,5 Juta Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!euronews.com

Juara Euro 2016 dan juara UEFA Nations League 2019, Portugal, menempati peringkat kelima saat ini. Total nilai pasar skuad Portugal mencapai angka 794,5 juta euro atau hampir setara dengan 13,6 triliun rupiah. Pemain termahal skuad Portugal bukan megabintang Cristiano Ronaldo, melainkan sang wonderkid, Joao Felix, yang saat ini bernilai 100 juta euro.

Baca Juga: Bintang Timnas Malaysia, Safawi Rasid, Menuju Liga Portugal

6. Timnas Jerman - 737 Juta Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!sportskeeda.com

Tim Panser Jerman menempati urutan keenam dengan total market value sebesar 737 juta euro. Winger mereka, Serge Gnabry, menjadi yang termahal dalam tim dengan harga pasarnya saat ini sebesar 90 juta euro. Sementara itu, kapten Jerman, Manuel Neuer, memiliki nilai pasar sebesar 18 juta euro.

7. Timnas Belgia - 650,1 Juta Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!soccerladuma.co.za

Banyak yang mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir merupakan masa keemasan Timnas Belgia. Skuad mereka diisi banyak pemain bintang yang berkualitas. Salah satu bukti kualitas mereka adalah saat berhasil finish di tempat ketiga piala dunia 2018 lalu. Bahkan, sejak akhir 2018, Belgia masih memimpin papan peringkat FIFA hingga sekarang.

Saat ini total nilai pasar skuad Belgia adalah sebesar 650,1 juta euro. Kevin De Bruyne menjadi pemain termahal dengan nilai pasarannya yang menyentuh angka 120 juta euro.

8. Timnas Italia - 621,5 Juta Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!soccerladuma.co.za

Dengan total nilai pasar sebesar 621,5 juta euro dari seluruh pemainnya, Italia menempati peringkat kedelapan saat ini. Gianluigi Donnarumma menjadi pemain yang termahal dalam skuad yang dinakhodai Roberto Mancini ini. Kiper AC Milan tersebut memiliki banderol sebesar 60 juta euro saat ini.

9. Timnas Argentina - 578 Juta Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!copaamerica.com

Argentina menemani Brasil sebagai negara non-Eropa yang masuk dalam daftar ini. Saat ini total market value para pemain Albiceleste mencapai angka 578 juta euro atau hampir mencapai 9,9 triliun rupiah. Lionel Messi, yang juga merupakan kapten tim, menjadi pemain termahal dengan nilai 80 juta euro.

10. Timnas Belanda - 454 Juta Euro

10 Skuad Tim Nasional Termahal Saat Ini, Harganya Selangit!squawka.com

Di Urutan terakhir dalam daftar ini diisi oleh Timnas Belanda. Total market value skuad Belanda saat ini sebesar 454 juta euro dengan Frankie de Jong sebagai pemain termahalnya. Gelandang Barcelona tersebut memiliki nilai pasar sebesar 65 juta euro.

 

Nilai pasar sebuah tim bukan satu-satunya faktor yang menentukan kekuatan tim tersebut. Selain itu, harga seorang pemain juga dapat berubah-ubah setiap waktu. Akan tetapi, market value dari sebuah tim bisa kita jadikan gambaran umum seberapa baguskah tim tersebut. Kisaran harga pasar tersebut bisa menggambarkan kualitas para pemain dalam sebuah tim.

Menurut kalian, apakah value tim-tim di atas setara dengan kualitas dan prestasinya?

Baca Juga: 6 Legenda Belanda yang Sukses Merumput di Premier League, Mengesankan!

Muhamad Fathan Qoriban Photo Verified Writer Muhamad Fathan Qoriban

Don't try to be perfect, try to be yourself ✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya