Comscore Tracker

Mengenal Ulsan Hyundai, Juara Liga Champions Asia Musim Ini

Sudah dua kali juara LCA!

Ulsan Hyundai merupakan klub asal Korea Selatan yang bermarkas di Ulsan. Klub ini merupakan milik perusahaan Hyundai Heavy Industries. Pada AFC Champions League musim 2020 ini, mereka berhasil menjadi juara untuk yang kedua kalinya usai menang 2 - 1 atas klub asal Iran, Persepolis pada 19 Desember lalu.

Berikut adalah fakta tentang klub berjuluk The Tigers ini. 

1. Pernah berbasis di Incheon sebelum hijrah ke Ulsan

Mengenal Ulsan Hyundai, Juara Liga Champions Asia Musim Inistadiumguide.com

Ulsan Hyundai didirikan pada 6 Desember 1983 dengan nama Hyundai Horang-i kala itu. Horangi sendiri memiliki arti harimau dalam bahasa Korea. Awalnya, klub ini berbasis di Incheon dan Provinsi Gyeonggi. Musim 1987, mereka berpindah ke Provinsi Gangwon sebelum akhirnya menetap di Ulsan sejak 1990 hingga sekarang. Ulsan sendiri merupakan basis dari perusahaan Hyundai Heavy Industries selaku pemilik Ulsan Hyundai FC. Hingga sekarang klub ini memiliki Stadion Ulsan Munsu sebagai markas mereka. 

2. Juara K-League 1, K-League Cup, dan Korean FA Cup

Mengenal Ulsan Hyundai, Juara Liga Champions Asia Musim Inigoal.com

Ulsan Hyundai merupakan salah satu klub papan atas Korea Selatan. Sejak ikut serta pada musim 1984, mereka sudah mengoleksi dua gelar K-League 1 pada 1996 dan 2005. Selain itu, mereka juga sudah mengoleksi total 5 trofi K-League Cup sebelum kompetisi tersebut dihentikan sejak 2012. Sedangkan gelar domestik terakhir mereka adalah Korean FA Cup 2017 lalu. 

Baca Juga: 8 Istilah yang Kerap Dijumpai dalam Transfer Pemain Sepak Bola

3. Lolos ke AFC Champions League 2020 usai jadi runner-up K-League 1 2019

Mengenal Ulsan Hyundai, Juara Liga Champions Asia Musim Inikleagueunited.com

Di K-League 1 musim 2019 lalu, Ulsan Hyundai kembali menjadi runner-up untuk yang ke sekian kalinya. Mereka harus mengalah pada Jeonbuk Hyundai Motors FC yang menjadi juara musim itu. Meskipun sama-sama mengumpulkan 79 poin dari 38 pertandingan, The Tigers masih kalah dalam selisih gol. Dengan menempati peringkat kedua di liga, mereka berhasil mendapatkan satu tempat di fase grup Liga Champions Asia 2020. 

4. Juara LCA untuk yang kedua kalinya

Ulsan Hyundai kini telah mengoleksi dua trofi Liga Champions Asia. Trofi pertama mereka raih pada musim 2012. Di final edisi tersebut, Ulsan Hyundai membenamkan wakil Arab Saudi, Al-Ahli 3 gol tanpa balas. Selanjutnya di musim 2020 ini, mereka mengalahkan Persepolis di final setelah berhasil comeback 2-1 dari wakil Iran tersebut. Dengan begitu mereka berhasil mengklaim titel jawara Asia untuk yang kedua kalinya. 

5. Tidak pernah kalah di LCA pada musim yang mereka juarai

Mengenal Ulsan Hyundai, Juara Liga Champions Asia Musim Inien.as.com

Gelar juara Liga Champions Asia musim ini nampaknya menjadi sangat istimewa bagi Ulsan Hyundai. Bukan hanya karena menjadi gelar kedua mereka, tapi musim ini juga menjadi kemenangan yang prestisius karena mereka tidak pernah mengalami kekalahan sepanjang kompetisi ini. Di fase grup, mereka meraih 5 kemenangan dan satu hasil imbang. Kemudian di fase gugur hingga final, mereka memainkan total 4 pertandingan dan semuanya dimenangkan secara beruntun.

Rupanya rekor unbeatable ini juga mereka torehkan di musim 2012 dimana mereka juga menjadi juara ketika itu. Bergabung di grup F, Ulsan Hyundai mencatatkan 4 kemenangan dan dua kali imbang. Di babak selanjutnya hingga ke final, mereka behasil menyapu bersih kemenangan di semua pertandingan termasuk di babak perempat final dan semifinal yang dimainkan dengan dua leg. 

Sekarang sudah tahu kan fakta tentang Ulsan Hyundai yang menjadi king of Asia musim ini? Konsistensi dan performa yang baik berhasil membawa mereka menjuarai ajang paling bergengsi di benua Asia. Prestasi yang layak dibanggakan tentunya. 

Baca Juga: 5 Agen Pemain Sepak Bola Terbaik di Dunia Saat Ini, Ahlinya Transfer!

Muhamad Fathan Qoriban Photo Writer Muhamad Fathan Qoriban

Penggemar olahraga yang hobinya menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya