Comscore Tracker

Performa Menurun, 5 Bintang Bola Ini Potensi Besar Tinggalkan MU

Mu siap-siap kehilangan pemainnya

Klub asal Inggris, Manchester United harus puas duduk di posisi ke-6 Liga Premier Inggris musim 2018/2019. Torehan ini membuat Setan Merah absen di Liga Champions musim depan. Padahal skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer ini terkenal punya tren positif di hampir semua laga, baik di domestik maupun tingkat Eropa, bahkan internasional.

Oleh karena itu, secara mengejutkan beberapa pemain banyak yang memilih hengkang dari The Red Devil. Di antara beberapa pemain yang dikabarkan akan hijrah dari Manchester United adalah pemain yang memiliki andil besar di klub yang bermarkas di Old Trafford ini. Mereka setidaknya tercatat pernah memberikan gelar untuk United. Wah, Setan Merah harus siap nih ditinggal pemain-pemain terbaiknya. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Alexis Sanchez

Performa Menurun, 5 Bintang Bola Ini Potensi Besar Tinggalkan MUmetro.co.uk

Nama pertama yang santer dikabarkan akan hengkang dari Manchester United adalah Alexis Sanchez. Fans Manchester United malah sudah mendesak manajemen Setan Merah untuk segera menjual Alexis Sanchez menyusul performa buruknya sepanjang musim 2018/19. Dari 41 penampilan bersama The Red Devil, Alexis hanya mampu membubuhkan lima gol.

Performa Alexis Sanchez sempat membaik, kala membela Timnas Chile di ajang Copa America 2019. Alexis berhasil membawa Timnas Chile itu lolos hingga fase semifinal. Kegagalan membawa timnya menuju final Copa America semakin membuktikan bahwa penampilan Alexis sedang memburuk.

Pemain bergaji 500 ribu pound per pekan di United ini beruntung. Masih ada tim-tim besar yang tertarik untuk memakai jasa penyerang 30 tahun itu. Klub La Liga, Athletico Madrid dikabarkan sangat tertarik untuk memboyong Alexis. Diprediksi Athletico sudah membicarakan perihal gaji dan harga yang dibanderol untuk Alexis Sanchez.

Nampaknya Athletico juga akan minim saingan dalam memperebutkan striker asal Chile itu. Pasalnya dua raksasa Italia, Juventus dan Inter Milan yang sempat tertarik dengan sang striker tak kunjung menunjukkan keseriusannya mendapatkan jasa Alexis Sanchez. Wah, kalau sampai Alexis lepas dari MU, akankah daya gedor Setan Merah turun?

2. Antonio Valencia

Performa Menurun, 5 Bintang Bola Ini Potensi Besar Tinggalkan MUtwitter.com/skyeloaded

Winger yang satu ini punya andil cukup besar dalam setiap pertandingan yang dilakoni Setan Merah. Pasalnya, hampir setiap kali ia diturunkan, Valencia menjadi pemain yang cukup aktif menyuplai bola ke lini depan Manchester United. Namun semenjak pemain-pemain semacam Scott McTominay dan Diogo Dalot mulai berkembang, Valencia kerap duduk di bangku cadangan.

Belum lagi ada rekrutan baru Setan Merah, Aaron Wan-Bisakka yang membuat posisi Valencia di wingback semakin terancam. Akhirnya ia memutuskan untuk hengkang dari Manchester United dan mudik ke Ekuador dan bergabung ke klub LDU Quito.

Selama berseragam Manchester United dari Tahun 2009, Antonio Valencia tercatat 400 caps bersama MU dengan menyumbang 31 gol dan 73 asisst di semua kompetisi. Kepergian Valencia cukup mengejutkan, apalagi publik termasuk fans Manchester United sendiri pasti tahu keuletan Valencia saat bermain bersama Setan Merah.

3. Ander Herrera

Performa Menurun, 5 Bintang Bola Ini Potensi Besar Tinggalkan MUmarca.com

Selain Antonio Valencia yang mudik ke negaranya, nama beken lainnya yang sempat menjadi sorotan di Manchester United juga ikut-ikutan hengkang dari Old Trafford. Dia adalah Ander Herrera yang memutuskan berlabuh ke raksasa Prancis, Paris Saint-Germain dengan mahar setara Rp 6,2 miliar. Pemain berusia 29 tahun itu resmi meninggalkan Manchester United pada musim panas kemarin, setelah kontraknya habis.

Herrera tercatat memiliki 174 penampilan bersama The Red Devil, dan membubuhkan sekitar 15 gol lebih. Ia juga salah satu pemain yang mendapatkan gelar Sir Matt Busby Award (Pemain Terbaik Manchester United). Sumbangsih terbesar Herrera adalah membawa Manchester United meraih juara di Liga Eropa UEFA tahun 2016/17. Selain itu ia juga membawa Setan Merah juara di 3 kompetisi bergengsi di Britania Raya, yaitu Piala FA (2015/16), Piala EFL (2016/17), dan Community Shield di tahun 2017. Dia bahkan menjadi pencetak asisst terbanyak di ajang EFL 2016/17.

Kepergian Ander Herrera ke PSG mungkin bukan masalah besar bagi Manchester United, karena Ole Gunnar sudah menyiapkan beberapa calon pengganti Herrera. Sebut saja Fred, pemain berkebangsaan Brasil itu telah membuat fans MU berdecak kagum, apalagi ketika penampilan terbaiknya muncul di ajang Liga Champions musim panas lalu. Ole juga sudah mengincar gelandang berbakat lainnya dari Sporting Lisbon, Bruno Fernandes.

4. Romelu Lukaku

Performa Menurun, 5 Bintang Bola Ini Potensi Besar Tinggalkan MUskysports.com

Gagal memenuhi harapan Solskjaer, Romelu Lukaku dikabarkan juga akan segera angkat koper dari Old Trafford. Pemain berpaspor Belgia itu performanya memang sedang tidak membaik. Musim panas 2018/19 kemarin saja, Lukaku hanya mampu membukukan 15 gol dan 5 asisst. Penampilan Lukaku disinyalir semakin parah ketika Ole Gunnar Solskjaer hadir menjadi pelatih menggantikan Jose Mourinho.

Praktis semenjak Ole menukangi United, Lukaku tercatat hanya 15 kali menjadi starting line-up dari 29 laga yang dijalani. Kelihatannya juru taktik asal Norwegia itu tidak begitu percaya akan ketajaman Lukaku di lini depan.Perihal kepindahannya, Lukaku sendiri dikabarkan tertarik untuk bermain di Inter Milan. Kabar tersebut semakin terang ketika manajer anyar Inter Milan, Antonio Conte juga menunjukkan ketertarikannya dengan striker tajam Timnas Belgia.

Kelihatannya Inter semakin dekat dengan Lukaku, karena dilansir La Gazzetta Dello Sport, MU rela menurunkan harga Lukaku. Dari yang semula 80 juta euro, kini Inter Milan bisa menebus Romelu Lukaku seharga 70 juta euro atau setara Rp 1,1 triliun. Raksasa Italia lainnya, Juventus juga tertarik memakai jasa Lukaku. Keinginan memboyong Lukaku datang dari pelatih anyar Si Nyonya Tua, Maurizio Sarri untuk melengkapi koleksi striker setelah Cristiano Ronaldo, Mandzukic, dan Gonzalo Higuain.

5. Paul Pogba

Performa Menurun, 5 Bintang Bola Ini Potensi Besar Tinggalkan MUInstagram/paulpogba

Manchester United juga harus bersiap kehilangan gelandang serang atraktif Paul Pogba. Ketidakbetahan Pogba di Old Trafford semakin kentara ketika ia tidak ikut berlatih bersama Setan Merah di Carrington untuk tur pra musim. Niat Pogba untuk hengkang dari Manchester United juga disampaikan agennya, Mino Raiola seperti dilansir The Times.

Real Madrid langsung gerak cepat untuk mendapatkan pemain berpaspor Perancis itu. Seperti dikutip Metro, El Real berencana menggaet Paul Pogba di bursa transfer musim panas mendatang. Tak tanggung-tanggung, tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu siap menggelontorkan dana 80 juta euro atau setara dengan Rp 1,2 trilun, plus Gareth Bale dan Isco sebagai tawaran untuk mendapatkan Pogba.

Sayangnya, United belum menanggapi tawaran dari Los Blancos tersebut. Pasalnya, Setan Merah rela melepas Pogba hanya dengan harga 150 juta euro (Rp 2,3 triliun). Tak hanya Real Madrid, Juventus juga kepincut untuk memulangkan Pogba. I Bianconeri kabarnya rela mengucurkan 70 juta euro (Rp 1,1 triliun), plus Paulo Dybala, Blaise Matuidi, dan Alex Sandro guna memulangkan Paul Pogba ke Juventus. Wah, kira-kira Pogba mau nggak ya?

Manchester United harus siap kehilangan 5 pemain terbaiknya itu. Padahal kelimanya sudah sangat baik menunjukan performanya. Namun apalah hendak dikata, MU membutuhkan pembaruan skuad, dan salah satu jalannya adalah menjual beberapa pemain yang dianggap menurun kualitasnya.

Baca Juga: Tim Sepak Bola Sumut Tambah 13 Pemain Baru, Ini Nama-namanya

Muhammad Arsyad Photo Writer Muhammad Arsyad

Seorang pembaca, penulis, dan netizen. Masih kuli-ah di IAIN Pekalongan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya