5 Hal yang Patut Dibanggakan dari Timnas Jepang di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Negara Asia tidak bisa dipandang sebelah mata

Perjuangan Timnas Jepang di Piala Dunia Rusia 2018 akhirnya harus terhenti di tangan Timnas Belgia. Namun dari hal tersebut bukan kekalahanlah yang harus disorot. Tetapi bagaimana perjuangan Timnas Jepang selama perhelatan Piala Dunia Rusia 2018 yang banyak menginspirasi.

Kegigihan dan perjuangan tiada akhir membuat Jepang layak diberikan dua jempol. Di bawah ini ada beberapa hal membanggakan dari Timnas Jepang di Piala Dunia tahun ini.

1. Satu-satunya wakil Asia yang lolos dari penyisihan grup

5 Hal yang Patut Dibanggakan dari Timnas Jepang di Piala Dunia 2018fifa.com

Sebagai salah satu negara asia yang turut berpartisipasi pada putaran final Piala Dunia Rusia 2018. Jepang hadir dengan kekuatan pemain muda dipadu dengan talenta senior macam Shinji Kagawa, Keisuke Honda dan Yuto Nagatomo. Hebatnya setelah melalui perjuangan dan drama.

Pada akhirnya Timnas Jepang adalah satu-satunya negara asia yang berhasil menembus babak 16 besar di menit-menit akhir. Setelah sebelumnya negara Asia lainnnya seperti Iran dan Korea Selatan sudah angkat koper lebih dahulu.

2. Berhasil menyulitkan tim-tim besar

5 Hal yang Patut Dibanggakan dari Timnas Jepang di Piala Dunia 2018fifa.com

Hadir ke Piala Dunia Rusia 2018. Timnas Jepang dicap sebag tim underdog yang diprediksi akan menjadi lumbung gol tim-tim besar lainnya. Namun prediksi tersebut dipatahkan oleh tim samurai biru. Lagar pertama Timnas Jepang sukses menjungkribalikkan Timnas Kolombia dengan skor 2-1.

Laga berikutnya Timnas Jepang berhasil menahan imbang jagoan Afrika, Senegal. Dan pada pertandingan terakhir grup. Walaupun kalah ditangan Polandia, Jepang tetap lolos dengan sistem aturan terbaru. Hebatnya lagi, pada pertandingan melawan Belgia pada penyisihan babak 16 besar. Belgia dibuat kelabakan oleh Timnas Jepang.

Sempat memimpin 2-0, namun pada akhirnya Jepang tetap harus tunduk di tangan Belgia. Kekalahan yang membanggakan tentunya bagi Timnas Jepang.

3. Susunan pemain Timnas Jepang di Piala Dunia 2018 100 persen pemain lokal tanpa ada naturalisasi

5 Hal yang Patut Dibanggakan dari Timnas Jepang di Piala Dunia 2018fifa.com

Jepang memboyong talenta-talenta terbaiknya guna mengarungi berbagai laga di Piala Dunia Rusia 2018. Hebatnya susunan pemain yang diboyong pelatih Akira Nishino adalah 100 persen pemain lokal Jepang. Enggan mengikuti tren beberapa negara di daratan asia yang cenderung ingin memperkuat tim nasionalnya dengan cara naturalisasi.

Jepang justru memanfaatkan talenta asli jepang yang terbukti mampu bersaing dengan pemain-pemain top dari negara lain.

4. Timnas Jepang saat ini banyak diisi pemain yang bermain di klub-klub Eropa

5 Hal yang Patut Dibanggakan dari Timnas Jepang di Piala Dunia 2018fifa.com

Kunci sukses sepakbola Jepang adalah persebaran pemainnya yang tidak hanya bermain di liga lokal. Tapi juga berhasil menembus beberapa liga top eropa. contohnya saja adalah striker Timnas Jepang Shinji Okazaki dan Shinji Kagawa yang masing-masing bermain di Leicester City dan Borussia Dortmund. Sistem dan pengembangan pemain yang terstruktur menjadi kunci sukses Jepang menelurkan pemain-pemain berbakat kelas dunia.

5. Negara pertama yang berhasil lolos fase grup dengan sistem aturan baru FIFA

5 Hal yang Patut Dibanggakan dari Timnas Jepang di Piala Dunia 2018fifa.com

Tentu hal ini sudah banyak diketahui pecinta sepakbola. Jepang menjadi negara pertama yang mencicipi keuntungan dari bermain secara fair play. Lolosnya jepang ke babak 16 besar tidak lepas dari peraturan baru FIFA yang menghitung jumlah selisih kartu yang didapat guna memastikan kelolosan.

Jepang tentu sudah dipastikan angkat koper dari Piala Dunia Rusia 2018. Namun semangat perjuangan Jepang tentu bisa djadikan contoh bahwa dalam sepak bola tidak ada yang mustahil.

M. Farid Hermawan Photo Verified Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya