Comscore Tracker

5 Kapten Paling Berpengaruh Bagi Klub dalam Sejarah Sepak Bola

Kapten yang memiliki jiwa pemimpin sejati

Dalam tim sepak bola, terdapat satu orang yang memimpin pemain-pemain lain pada saat di dalam pertandingan, maupun di luar pertandingan. Ya, dialah kapten tim. Orang yang menjadi panutan dan dapat memberi pengaruh kepada rekan setimnya.

Menjadi seorang kapten tidaklah mudah. Ketegasan adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh setiap kapten tim. Berikut 5 kapten paling berpengaruh bagi klub dalam sejarah sepak bola.

1. Carles Puyol (Barcelona)

5 Kapten Paling Berpengaruh Bagi Klub dalam Sejarah Sepak BolaFIFA.com

Puyol adalah seorang bek sekaligus kapten yang dipuja-puja oleh fans Barcelona. Sikapnya yang tidak suka berlebihan ia tularkan kepada rekan setimnya pada saat dia menjabat sebagai kapten tim.

Ia membela tim senior Barcelona selama 15 musim dan menjadi kapten tim pada musim ke-5 nya menggantikan kapten sebelumnya, Luis Enrique yang pensiun. Ia meraih piala Liga Champions UEFA sebanyak 3 kali dan Piala La Liga sebanyak 6 kali bersama Barcelona.

2. Roy Keane (Manchester United)

5 Kapten Paling Berpengaruh Bagi Klub dalam Sejarah Sepak BolaThe Sun

Roy Keane adalah tipe pemain yang memiliki jiwa petarung sejati. Di saat laga berlangsung, ia tidak mengenal lawan sehebat apa pun walaupun sehebat Alan Shearer. Sikapnya yang keras, ia terapkan kepada rekan setimnya agar tidak mudah kalah saat berduel di lapangan. Ia juga orang yang berpengaruh pada saat Manchester United memenangkan treble pada tahun 1999. Gelandang bertahan adalah posisinya di Manchester United.

Keane mengoleksi 480 pertandingan dalam 13 musim bersama Manchester United dan menjadi kapten tim pada musim ke-5 nya. Ia meraih 1 piala Liga Champions UEFA dan 7 piala Premier League bersama Manchester United.

Baca Juga: 10 Potret Jack Grealish, Kapten Aston Villa yang Lagi Jadi Buruan

3. Paolo Maldini (AC Milan)

5 Kapten Paling Berpengaruh Bagi Klub dalam Sejarah Sepak BolaInkhel

Maldini adalah sebuah nama keluarga Italia yang bermain untuk AC Milan secara turun-temurun. Namun, Paolo Maldini adalah yang paling legendaris. Ia merupakan kapten tim yang memiliki karisma yang tinggi baik di dalam maupun di luar lapangan. Ia berposisi sebagai Bek.

Paolo Maldini membela tim senior AC Milan selama 25 tahun dan ia menjabat sebagai kapten tim pada musim ke-13 nya menggantikan Franco Baresi. Ia juga meraih 5 piala Liga Champions UEFA dan 7 piala Serie A bersama AC Milan.

4. Tony Adams (Arsenal)

5 Kapten Paling Berpengaruh Bagi Klub dalam Sejarah Sepak BolaSky Sports

Mr Arsenal adalah julukan yang ia dapatkan sebagai pemain Sepak Bola. Tony Adams adalah pemain yang memiliki ukurun tubuh yang tinggi dan besar. Ia juga mempunyai sikap disiplin yang tinggi dan sangat disegani oleh rekan setim maupun lawan. Bek tengah adalah posisi yang ia mainkan selama karirnya.

Adams bermain untuk tim senior Arsenal sebanyak 19 musim dan pada saat ia menginjak umur 21 tahun pada musim ke-5 nya, ia sudah dinobatkan sebagai kapten tim sampai ia pensiun di Arsenal.

5. Raul Gonzalez (Real Madrid)

5 Kapten Paling Berpengaruh Bagi Klub dalam Sejarah Sepak BolaSportskeeda

Nomor 7 yang dikenakan Cristiano Ronaldo pada saat dia di Real Madrid adalah bekas peninggalan dari Raul, pemain legendaris Real Madrid. Ia adalah kapten yang ditunjuk untuk memimpin pemain bintang seperti Beckham, Zidane, Ronaldo, Luis Figo, Roberto Carlos, bahkan Casillas yang akan memimpin tim setelahnya. Ia berposisi sebagai seorang striker.

Ia menjalani 16 musim bersama Real Madrid dan menjadi kapten pada musim ke-10 nya. Ia memenangkan gelar La Liga sebanyak 6 kali dan gelar Liga Champions UEFA sebanyak 3 kali.

Itu tadi 5 kapten yang paling berpengaruh bagi klub mereka masing-masing. Apakah menurutmu mereka cocok mendapatkan tempat 5 teratas sebagai kapten paling berpengaruh bagi klub?

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Seputar Kapten Borussia Dortmund Marco Reus

Muhammad Farras Syah Photo Writer Muhammad Farras Syah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya