6 Pemain Eropa yang Jadi Top Skor Piala Dunia Abad 21, Tajam! 

Dua di antaranya pemain Jerman

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi panggung tiap pemain untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Para striker juga ikut memperlihatkan ketajaman mereka di depan gawang. Gol demi gol mereka ciptakan untuk memberi kemenangan kepada tim.

Penyerang Eropa memang menjadi momok besar dalam gelaran Piala Dunia. Daftar pencetak gol terbanyak kerap diisi mereka. Hanya beberapa kali pemain asal Amerika Selatan merebut takhta top skor ajang 4 tahunan tersebut.

Berikut pemain-pemain Eropa yang menjadi top skor Piala Dunia abad 21.

1. Kylian Mbappe

6 Pemain Eropa yang Jadi Top Skor Piala Dunia Abad 21, Tajam! Kylian Mbappe bersama gelar Golden Boot Piala Dunia 2022. (twitter.com/kmbappe)

Kylian Mbappe membawa pulang penghargaan Golden Boot Piala Dunia 2022 setelah berhasil mencetak 8 gol selama dari 7 pertandingan. Hattrick-nya ke gawang Argentina di partai final memastikannya sebagai top skor turnamen yang digelar di Qatar tersebut. Sayangnya, hal tersebut gagal mengantarkan Timnas Prancis mempertahankan gelar.

Dalam perebutan titel top skor Piala Dunia 2022, Mbappe berhasil mengalahkan pemain terbaik turnamen, Lionel Messi. Penyerang Argentina tersebut juga mencetak dua gol di partai puncak dan mencatatkan total 7 gol dari 7 laga.

2. Harry Kane

6 Pemain Eropa yang Jadi Top Skor Piala Dunia Abad 21, Tajam! Harry Kane meraih penghargaan Golden Boot Piala Dunia 2018. (twitter.com/spurs_id)

Harry Kane memboyong penghargaan Golden Boot Piala Dunia 2018 setelah berhasil menyarangkan enam gol selama turnamen bergulir. Pemain yang saat itu berusia 24 tahun tersebut berhasil mengalahkan Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Romelu Lukaku yang masing-masing mencetak empat gol.

Selama berlangsungnya Piala Dunia 2018, Harry Kane tampil ganas pada penyisihan grup. Striker Inggris ini mampu menyarangkan 5 gol dalam 2 pertandingan awal sekaligus. Namun, ia mengalami kebuntuan saat babak knock out dan hanya mampu mencetak skor sekali.

Dengan torehan tersebut, Harry Kane menjadi pemain Inggris kedua yang memenangi Golden Boot Piala Dunia. Sebelumnya, ada Gary Lineker yang berhasil menyabet penghargaan tersebut pada 1986.

Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Dunia dari Masa ke Masa Sejak Edisi 1930-2022 

3. Thomas Mueller

6 Pemain Eropa yang Jadi Top Skor Piala Dunia Abad 21, Tajam! Aksi Thomas Muller melawan Argentina pada laga Piala Dunia 2010. (twitter.com/fifaworldcup)

Pada Piala Dunia 2010, terdapat empat pemain yang berpotensi meraih penghargaan Golden Boot, yaitu Thomas Mueller, Diego Forlan, David Villa, dan Wesley Sneijder. Keempatnya sama-sama mencetak lima gol selama turnamen berlangsung.

Pada akhirnya, Thomas Mueller yang berhak mendapatkan penghargaan Golden Boot 2010. Pemain yang saat itu baru 20 tahun tersebut memiliki jumlah assist yang lebih banyak dari yang lainnya, yaitu tiga assist.

Selain itu, Mueller juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2010. Penampilannya yang ciamik mampu mengantarkan Jerman hingga ke semifinal.

4. Wesley Sneijder

6 Pemain Eropa yang Jadi Top Skor Piala Dunia Abad 21, Tajam! Aksi Wesley Sneijder pada pertandingan Piala Dunia 2010 melawan Spanyol. (twitter.com/fifaworldcup)

Walaupun gagal mendapatkan gelar Golden Boot, Wesley Sneijder tetaplah salah satu top skor di Piala Dunia 2010. Lima gol yang ia sarangkan mampu mengantarkan skuad Belanda hingga ke babak final.

Sayangnya, ia harus takluk dari Spanyol di partai puncak dan menjadi runner-up Piala Dunia 2010. Ia pun dianugerahi penghargaan Silver Ball sebagai pemain kedua terbaik dari turnamen yang diselenggarakan di Afrika Selatan.

5. David Villa

6 Pemain Eropa yang Jadi Top Skor Piala Dunia Abad 21, Tajam! Salah satu gol David Villa di Piala Dunia 2010. (twitter.com/sefutbol)

Satu lagi pencetak lima gol di Piala Dunia 2010, yaitu David Villa. Ia juga berjasa membantu Timnas Spanyol meraih tangga juara. Selain itu, mantan pemain Valencia tersebut juga diberikan penghargaan Bronze Ball sebagai pemain ketiga terbaik.

Selama turnamen berlangsung, Spanyol kerap menang tipis atas lawannya dan David Villa kerap menjadi pembeda. Ia mencetak 2 gol dalam kemenangan 2-0 melawan Honduras, 1 gol ketika mengalahkan Chile 2-1, 1 gol saat menyingkirkan Portugal 1-0, dan 1 gol lagi saat menghajar Paraguay 1-0.

6. Miroslav Klose

6 Pemain Eropa yang Jadi Top Skor Piala Dunia Abad 21, Tajam! Selebrasi Miroslav Klose setelah mencetak gol pada Piala Dunia 2010. (twitter.com/dfb_team)

Miroslav Klose tampil garang di depan pendukungnya sendiri saat Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006. Sebanyak lima gol berhasil ia sarangkan sepanjang turnamen berlangsung.

Sayangnya, gol yang ia gelontorkan gagal membuat Jerman mengangkat trofi juara. Mereka harus tersingkir pada babak semifinal setelah kalah dari Italia dengan skor 2-0.

Walaupun begitu, Miroslav Klose tetap meraih penghargaan Golden Shoe sebagai pencetak gol terbanyak. Ia mengalahkan nama-nama legenda, yaitu Ronaldo, Zinadine Zidane, hingga Fernando Torres.

Striker-striker Eropa memang sering mendominasi daftar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Menurutmu, siapa striker dari benua lain yang dapat mematahkan dominasi tersebut pada masa yang akan datang?

Baca Juga: Top Skor Piala Dunia 2022 Qatar: Kylian Mbappe

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Verified Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya