5 Pemain Georgia yang Pernah Berkarier di Serie A, Termasuk Kvara

Ada legenda AC Milan juga

Penampilan impresif Napoli pada awal musim 2022/2023 tak lepas dari peran rekrutan anyar mereka, Khvicha Kvaratskhelia. Pemain 21 tahun ini berhasil membuat takjub penggemar sepak bola melalui liukan serta gol-gol spektakulernya. Ia dianggap sebagai bintang masa depan Il Partenopei dan Timnas Georgia.

Georgia memang bukan negara yang banyak menghasilkan talenta sepak bola layaknya Portugal atau Brasil. Namun, tak jarang pemain-pemain dari sana ada di klub liga top Eropa, salah satunya Serie A Italia.

Berikut daftar pemain Georgia yang pernah berkarier di Serie A.

1. Khvicha Kvaratskhelia

5 Pemain Georgia yang Pernah Berkarier di Serie A, Termasuk KvaraKhvicha Kvaratskhelia saat diperkealkan sebagai pemain baru Napoli. (twitter.com/sscnapoli)

Khvicha Kvaratskhelia didatangkan oleh Napoli dari klub Georgia, Dinamo Batumi, pada Juli 2022 dengan biaya transfer sebesar 10 juta euro atau sekitar Rp148 miliar. Klub yang bermarkas di Diego Armando Maradona Stadium ini berhasil mendahului AC Milan dan Tottenham Hotspur yang juga memantaunya.

Kvara dibeli Napoli sebagai pengganti Lorenzo Insigne yang bergabung dengan klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, Toronto FC. Walaupun baru didatangkan, ia mampu tampil impresif di Serie A dan Liga Champions Eropa. Hingga saat ini, ia telah membuat 6 gol dan 6 assist dari 12 penampilan.

2. Kakhaber Kaladze

5 Pemain Georgia yang Pernah Berkarier di Serie A, Termasuk KvaraKakhaber Kaladze saat masih aktif bermain bersama AC Milan. (twitter.com/acmilan)

Kakhaber Kaladze adalah pemain sepak bola Georgia yang paling lama berkarier di Serie A. Pemain yang berposisi sebagai fullback tersebut bergabung dengan AC Milan pada Januari 2001 atas rekomendasi Andriy Shevchenko yang sudah terlebih dahulu merumput di San Siro.

Kaladze bermain selama 9,5 musim bersama AC Milan dan mencatatkan 194 penampilan di Serie A. Ia juga sempat mengenakan seragam Genoa hingga 2012 sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu.

Setelah pensiun dari sepak bola, Kaladze memilih untuk terjun ke politik. Saat ini, pria berusia 44 tahun ini menjabat sebagai Walikota Tbilisi yang merupakan ibu kota negara Georgia. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Energi pada 2012 hingga 2017.

Baca Juga: Khvicha Kvaratskhelia: Wonderkid Napoli dari Negara Antah Berantah

3. Levan Mchedlidze

5 Pemain Georgia yang Pernah Berkarier di Serie A, Termasuk KvaraLevan Mchedlidze pada musim terakhirnya bersama Empoli. (twitter.com/empolifc)

Levan Mchedlidze merupakan jebolan akademi salah satu klub medioker Italia, Empoli FC. Ia sempat bermain di kasta tertinggi liga Italia selama 6 musim.

Mchedlidze baru bermain di Serie A ketika dirinya dipinjamkan ke Palermo pada 2008/2009. Ia hanya bermain sebanyak 11 laga selama 2 musim di klub tersebut. Pemain kelahiran 24 Maret 1990 ini akhirnya dikembalikan lagi ke Empoli.

Pada 2010—2019, Mchedlidze naik-turun kasta bersama Empoli. Jika ditotalkan, maka ia bermain selama 4 musim di Serie A dengan klub berseragam biru muda tersebut. Ia juga hanya mencatatkan 64 penampilan dan 10 gol di kompetisi tertinggi sepak bola Italia itu.

4. Luka Lochoshvili

5 Pemain Georgia yang Pernah Berkarier di Serie A, Termasuk KvaraLuka Lochoshvili diperkenalkan sebagai pemain baru Cremonese. (uscremonese.it)

Selanjutnya, ada Luka Lochoshvili yang merupakan rekrutan anyar klub promosi Serie A, Cremonese. Ia dibeli dari Wolfsberger FC pada Agustus 2022 dengan harga Rp24 miliar. Sebelumnya, pemain 24 tahun tersebut juga diminati oleh klub Italia lainnya, yaitu Hellas Verona.

Hingga saat ini, Luka Lochosvilli telah mencatatkan tujuh penampilan bersama Cremonese. Sayangnya, ia belum bisa memberikan kemenangan sekali pun di Serie A bersama klub tersebut.

5. Roman Tchanturia

5 Pemain Georgia yang Pernah Berkarier di Serie A, Termasuk KvaraRoman Chanturia saat berada di Empoli. (twitter.com/empolifc)

Terakhir, ada Roman Tchanturia yang pernah berseragam Empoli FC. Pemain Georgia tersebut dimiliki sejak 2013 hingga 2019. 

Sayangnya, Roman Tchanturia tidak diberi kesempatan bermain sekali pun di Serie A oleh Empoli. Ia hanya pernah berada di bangku cadangan pada lima pertandingan kasta tertinggi liga Italia tersebut.

Dari lima pemain di atas, ada dua pemain yang aktif bermain di Serie A saat ini. Apakah mereka bisa konsisten untuk dapat bermain di level teratas kompetisi sepak bola Italia tersebut?

Baca Juga: 5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie B

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Verified Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya