Comscore Tracker

Selain Tchouameni, 5 Pemain Real Madrid Ini Pernah Bermain di Ligue 1 

Dari Benzema hingga Camavinga

Real Madrid berhasil mengamankan talenta muda dari Ligue 1, Aurelien Tchouameni. Seperti dikabarkan jurnalis sepak bola kenamaan, Fabrizio Romano, Tchouameni dibeli dengan harga 80 juta euro atau setara Rp1,2 triliun. Ini membuatnya menjadi salah satu pembelian termahal El Real sepanjang sejarah.

Ligue 1 memang memiliki daya tarik tersendiri untuk Real Madrid. Tercatat ada lima pemain Real Madrid yang pernah bermain di liga tersebut. Ini dia daftar dan ulasannya.

1. Karim Benzema

Selain Tchouameni, 5 Pemain Real Madrid Ini Pernah Bermain di Ligue 1 Karim Benzema ketika masih berseragam Lyon. (twitter.com/ol)

Pertama, ada bintang Real Madrid saat ini, Karim Benzema. Ia dibeli dari Olympique Lyon dengan harga 35 juta euro atau setara Rp547 miliar pada 2009. Striker yang masih berusia 21 tahun saat itu datang bersamaan dengan megatransfer Cristiano Ronaldo dan Ricardo Kaka.

Bersama Olympique Lyon, Benzema berhasil menyumbang empat gelar liga. Pada 2007/2008, pemain asal Prancis tersebut dianugerahi sebagai pemain terbaik Ligue 1. Hal itu ia dapatkan setelah mengantarkan Lyon juara serta menjadi top skor dengan dua puluh gol.

2. Eden Hazard

Selain Tchouameni, 5 Pemain Real Madrid Ini Pernah Bermain di Ligue 1 Eden Hazard melakukan selebrasi dengan rekannya di LOSC Lille. (twitter.com/losclive)

Eden Hazard memang tidak secara langsung dibeli Real Madrid dari klub di Ligue 1. Ia didatangkan dari Chelsea dengan mahar 100 juta euro atau Rp1,5 triliun. Namun, sebelum bermain untuk The Blues, pemain Belgia ini memulai karier seniornya di LOSC Lille.

Bersama dengan klub yang bermarkas di Stade Pierre Mauroy, Hazard memiliki catatan yang cukup mentereng. Ia mencetak 50 gol dan 53 assist dari 190 penampilan. Hazard juga berhasil menjadi Ligue 1 Player of the Year dua kali berturut-turut pada 2011 dan 2012.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Ligue 1 yang Layak Jadi Suksesor Casemiro di Real Madrid

3. Ferland Mendy

Selain Tchouameni, 5 Pemain Real Madrid Ini Pernah Bermain di Ligue 1 Ferland Mendy ketika bermain untuk Lyon. (twitter.com/ol)

Real Madrid melakukan pembelian besar-besaran setelah musim 2018/2019 berjalan kurang baik. Ferland Mendy menjadi salah satunya.

Ia diproyeksi menggantikan Marcelo yang mulai menua. Mendy sendiri dibeli dari Olympique Lyon dengan harga 48 juta euro atau setara Rp471 miliar.

Penampilan Mendy di kancah sepak bola Prancis memang cukup memukau. Ia tercatat sebagai salah satu pemain di Ligue 1 Team of the Year 2017/2018 dan 2018/2019. Tak heran jika Madrid berani menebusnya dengan mahal dan berkontrak panjang.

4. Mariano Diaz

Selain Tchouameni, 5 Pemain Real Madrid Ini Pernah Bermain di Ligue 1 Mariano Diaz saat bergabung dengan Olympique Lyon. (twitter.com/ol)

Mariano Diaz sejatinya sudah berada di Real Madrid sejak lama. Pemain asal Republik Dominika ini jadi bagian dari Castilla (tim muda Madrid) dari 2011. Ia pun mendapatkan debut profesionalnya bersama El Real  pada 2016 menggantikan Karim Benzema yang cedera.

Tak kunjung mendapat tempat reguler, Mariano pun pindah ke Olympique Lyon dengan mahar 8 juta euro atau Rp125 miliar saja pada 2017. Ia bertransformasi menjadi striker ganas dengan mencatatkan 21 gol dalam 1 musim di sana.

Pada 2018, Real Madrid mencari pemain untuk mengisi kekosongan di pos penyerangan setelah Cristiano Ronaldo hengkang dari Santiago Bernabeu. Mereka akhirnya memulangkan Mariano Diaz dengan biaya transfer 30 juta euro atau setara Rp469 miliar.

5. Eduardo Camavinga

Selain Tchouameni, 5 Pemain Real Madrid Ini Pernah Bermain di Ligue 1 Eduardo Camavinga saat bermain di Stade Rennais. (twitter.com/staderennais)

Terakhir, ada Eduardo Camavinga yang diboyong Real Madrid pada bursa transfer 2021. Pemain yang digadang-gadang sebagai bintang masa depan ini dibeli dari Stade Rennais dengan biaya 40 juta euro atau Rp626 miliar.

Camavinga dicap sebagai talenta luar biasa sejak di Prancis. Ia melakukan debut profesionalnya bersama Rennes saat masih berusia 16 tahun.

Hal tersebut membuatnya menjadi pemain termuda yang bermain untuk klub berbasis di Rennes tersebut. Selama bermain di sana, ia sudah mencatatkan 71 penampilan pada umur yang belum genap 20 tahun.

Kasta tertinggi kompetisi sepak bola Prancis memang menjadi salah satu liga yang menghasilkan bintang-bintang ternama. Kelima pemain di atas mampu mendongkrak performa Real Madrid hingga saat ini. Tak heran jika mereka terus mengambil pemain-pemain yang bermain di sana.

Baca Juga: Tinggalkan Barcelona, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya