7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie A

Dari Fabian Ruiz hingga Dani Alves

Sejak diakuisisi Qatar Sports Investment pada 2011, Paris Saint-Germain (PSG) bertransformasi menjadi raksasa di kompetisi sepak bola Eropa. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah mendatangkan pemain bintang dari berbagai liga.

Serie A Italia menjadi salah satu sumber langganan dari klub yang bermarkas di Paris tersebut. Tercatat hanya sebanyak 3 musim PSG tidak memboyong pemain dari Serie A sejak Nasser Al Khelaifi menjadi presiden klub.

Fabian Ruiz menjadi yang terbaru setelah Napoli sepakat melepas gelandang Spanyol itu dengan mahar 21,5 juta euro atau setara Rp321 miliar. Termasuk sang pemain, berikut rekrutan terakhir Paris Saint-Germain dari klub Serie A.

1. Fabian Ruiz

7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie AFabian Ruiz saat masih berseragam Napoli. (twitter.com/sscnapoli)

PSG berhasil mendaratkan salah satu gelandang terbaik di Serie A dengan harga yang cukup miring, yaitu 21,5 juta euro atau setara Rp321 miliar. Hal ini disebabkan kontrak pemain asal Spanyol tersebut bersama Napoli tinggal menyisakan setahun saja. Klub yang bermarkas di Stadion Diego Armando Maradona ini terpaksa melepasnya agar tidak kehilangannya secara cuma-cuma.

Fabian Ruiz menjadi pemain keenam yang bergabung ke PSG pada bursa transfer musim panas 2022/2023 ini. Sebelumnya sudah ada Vitinha, Renato Sanches, Nordi Mukiele, Nuno Mendes, dan Hugo Ekitike. Kedatangannya diharapkan dapat menambah kreativitas lini tengah juara bertahan Ligue 1 ini.

2. Achraf Hakimi

7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie AAksi Achraf Hakimi bersama Inter. (twitter.com/Inter)

Penampilan impresif Achraf Hakimi bersama Inter Milan pada 2020/2021 membuat PSG kepincut untuk mendatangkannya. Sebagai seorang bek sayap, ia memiliki atribut menyerang yang memukau. Pemain Timnas Maroko tersebut mencatatkan 7 gol dan 10 assist pada musim tersebut.

PSG secara resmi menawar Hakimi pada bursa transfer 2021/2022 dengan total mahar sebanyak 70 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Inter yang membutuhkan uang untuk menambal permasalahan finansial mereka akhirnya menerima tawaran itu. Angka tersebut membuatnya menjadi bek kanan termahal kedua setelah Joao Cancelo yang dibeli Manchester City dari Juventus.

3. Gianluigi Donnarumma

7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie AGianluigi Donnarumma saat berseragam AC Milan. (twitter.com/acmilan)

AC Milan dan Gianluigi Donnarumma gagal mencapai kesepakatan perpanjangan kontrak yang habis pada 30 Juni 2021. Il Rossoneri memilih untuk mendatangkan Mike Maignan dari Lille daripada mengabulkan permintaan kenaikan gaji dua kali lipat dari kiper Timnas Italia tersebut. Ia pun akhirnya berstatus free agent pada bursa transfer 2021/2022.

PSG menjadi klub beruntung yang bisa mendapatkannya secara gratis. Pemain terbaik Euro 2020 tersebut menandatangani kontrak 5 tahun dengan gaji 12 juta euro per tahunnya. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu kiper dengan bayaran termahal di dunia.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai PSG Bekuk Juventus

4. Alessandro Florenzi

7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie AAlessandro Florenzi menjadi kapten ketika bermain di AS Roma. (twitter.com/asromaen)

Alessandro Florenzi didatangkan PSG sebagai pinjaman dengan opsi beli pada bursa transfer 2020. Ia diproyeksikan untuk menggantikan Thomas Meunier yang pergi ke Borussia Dortmund. Selain itu, Florenzi juga membutuhkan menit bermain agar tetap mendapat panggilan dari Timnas Italia. 

Bersama dengan PSG, Florenzi bermain sebanyak 36 laga sepanjang 2020/2021. Sayangnya, penampilan pemain kelahiran 11 Maret 1991 tersebut masih dirasa kurang oleh manajemen. Mereka memilih untuk tidak mempermanenkan dan mengembalikannya ke AS Roma pada musim selanjutnya.

5. Mauro Icardi

7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie AMauro Icardi merayakan golnya saat bermain di Inter. (twitter.com/inter)

Setelah 6 tahun berseragam Inter Milan, Mauro Icardi akhirnya resmi berpisah pada 2019. Antonio Conte, yang saat ini menjadi pelatih Il Nerazzurri, menyatakan pemain Argentina tersebut tidak masuk dalam rencananya. Ia pun didatangkan PSG dengan status pinjaman dan terdapat opsi pembelian dalam kesepakatannya.

Berbeda dengan Florenzi, PSG memilih untuk mempermanenkan Icardi. Klub asal Paris ini menggelontorkan uang sebanyak 50 juta euro atau setara Rp742 miliar untuk mempertahankannya.

6. Gianluigi Buffon

7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie AGianluigi Buffon ketika bermain untuk Juventus FC. (twitter.com/juventusfc)

Pada 2019, Gianluigi Buffon memilih untuk meninggalkan Juventus setelah 17 tahun bermain di sana. Buffon yang saat itu sudah berusia 40 tahun bergabung ke PSG dengan status bebas transfer. Ia dikontrak selama setahun dengan opsi 1 tahun perpanjangan.

Kebersamaan Buffon dan PSG tidak berlangsung lama. Kiper asal Italia tersebut memutuskan untuk tidak menerima tawaran perpanjangan kontrak dan kembali ke klub lamanya, yaitu Juventus.

7. Dani Alves

7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie AAksi Dani Alves saat di Juventus FC. (twitter.com/juventusfc)

Dani Alves resmi berlabuh ke PSG pada 12 Juli 2017. Sebelum akhirnya bergabung dengan raksasa Prancis tersebut, ia telah menolak tawaran dari Manchester City yang juga meminatinya. Hal tersebut membuatnya tidak jadi reuni dengan mantan pelatihnya di Barcelona, Pep Guardiola.

Bek sayap asal Brasil ini bermain untuk klub Paris tersebut selama 2 musim. Di sana ia mendapatkan 2 titel Ligue 1 dan 1 French Cup. PSG telah menawarkan perpanjangan semusim kepada Alves, tetapi ia menolaknya.

Walaupun pamornya tidak semewah dahulu, Serie A Italia masih memiliki banyak pemain kelas dunia di dalamnya. Tak heran jika klub sebesar Paris Saint-Germain terus mengambil pemain dari sana.

Baca Juga: 10 Fakta Jordyn Huitema, Eks Striker PSG Perempuan yang Mematikan!

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Verified Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya