Deretan Bintang Serie A yang Terancam Absen di Piala Dunia 2022

Romelu Lukaku dan Paulo Dybala termasuk

Perhelatan turnamen terbesar sepakbola empat tahunan Piala Dunia Qatar tinggal menghitung hari. Sebanyak 32 tim telah memastikan tampil di turnamen tersebut. Meski demikian, sampai sejauh ini baru tim Jepang yang sudah mengumumkan skuat resminya yang akan dibawa ke Qatar. Tim-tim Eropa belum mengumkan resmi daftar pemain yang akan dibawa oleh masing-masing tim ke Piala Dunia 2022 mengingat jadwal liga domestik yang masih bergulir.

Salah satu liga yang masih bergulir adalah Serie A. Kompetisi Serie A ini baru akan berhenti ketika matchday 16 usai, yaitu tanggal 13 November 2022. Sederet pemain bintang yang bermain di Serie A terancam batal tampil di Piala Dunia 2022. Siapa sajakah para pemain itu?

1. Mike Maignan

Deretan Bintang Serie A yang Terancam Absen di Piala Dunia 2022Mike Maignan (twitter.com/mmseize)

Pertama, ada kiper AC Milan yaitu Mike Maignan. Di musim ini Mike Maignan telah mencatatkan 9 penampilan, 10 kebobolan dan 2 cleansheets di semua ajang kompetisi musim ini. Menjalani debutnya pada Oktober 2020 di Timnas Prancis, Mike Maignan telah mendapatkan 5 caps, serta 4 kali menjadi starter musim ini. 

Nasib kurang baik menerpa pemain asal Prancis ini. Luka di bagian otot soleus kanan yang di deritanya pada sesi latihan AC Milan tanggal 19 Oktober lalu, membuatnya terancam batal tampil di Piala Dunia 2022. "Kami kecewa untuk Mike, dia pemain penting dan melakukan segalanya untuk untuk kembali. Saya pikir dia akan absen setdiaknya hingga Januari," ungkap Pioli dalam Press-Conference sebelum melawan Monza. Meski demikian, Mike Maignan terus melakukan upaya penyembuhan guna menjalani debut pertamanya di piala dunia.

2. Romelu Lukaku

Deretan Bintang Serie A yang Terancam Absen di Piala Dunia 2022Romelu Lukaku (facebook.com/Romelulukaku)

Pemain yang terancam batal tampil di Piala Dunia Qatar 2022 selanjutnya yaitu Romelu Lukaku. Pemain Inter Milan yang berstatus pinjaman dari Chelsea musim ini memiliki performa kurang mentereng musim ini. Di Serie A, pemain ini baru mencatatkan 4 kali penampilan dengan menit bermain hanya 249 menit dan baru mencetak 1 gol. Bersama Belgia, ia hanya mencatatkan satu penampilan musim ini ketika menghadapi Belanda di UEFA Nations League 2022. 

Pemain yang mencetak sebanyak 68 gol untuk Belgia itu mengalami cedera setelah pertandingan melawan Sampdoria. Dalam situs web resmi Inter Milan, Romelu Lukaku mengalami cedera otot myotendinous hamstring di kaki kirinya dan kondisinya akan dinilai sampai beberapa hari kedepan. Kondisi tersebut membuat pemain berusia 29 tahun terancam gagal untuk tampil di Piala Dunia 2022 edisi Qatar.

Baca Juga: Son Heung Min Cedera, Terancam Absen Bela Korsel di Piala Dunia 2022

3. Paulo Dybala 

Deretan Bintang Serie A yang Terancam Absen di Piala Dunia 2022Paulo Dybala dan Jose Mourinho (twitter.com/DeadlineDayLife)

Di urutan ketiga pemain yang terancam batal tampil di Piala Dunia 2022 adalah Paulo Dybala. Performa pemain kelahiran Argentina ini cukup impresif sejauh musim kometisi 2022/2023 ini. Di bawah asuhan Mourinho, Paulo Dybala telah tampil sebanyak 11 kali dan mengemas 7 gol di semua ajang kompetisi. 

Pertandingan lanjutan Serie A pada giornata 9 yang dimenangi AS Roma saat berduel dengan Lecce harus menumbalkan Paulo Dybala. Dybala ditarik keluar pada menit ke-49 akibat cedera dan digantikan oleh Nemanja Matic.

Dilansir Sky Sport, Paulo Dybala mengalami cedera pada bagian paha kiri yang membuatnya harus menepi selama 4 sampai 8 minggu. Cedera ini dapat memupus harapan pemain berusia 28 tahun tersebut untuk tampil di Piala Dunia 2022.

4. Angel Di Maria

Deretan Bintang Serie A yang Terancam Absen di Piala Dunia 2022Angel Di Maria melakukan sesi training bersama rekan Juventus lainnya. (instagram.com/angeldimariajm)

Di urutan keempat ada pemain Juventus yakni Angel Di Maria. Pemain yang berposisi sebagai sayap kanan itu telah tampil sebanyak 7 kali di semua ajang kompetisi musim ini. Dari penampilannya tersebut, Di Maria berhasil mencatatkan statistik 2 gol dan 4 assists serta mengoleksi 1 kartu merah.

Di Maria menderita cedera ketika melawan Maccabi Haifa di matchday 4 Liga Champions 2022/23 fase Grup H. Dilansir dari situs resmi klub Juventus, Di Maria terkena cedera hamstring bagian paha kanan. Cedera yang dialaminya itu membutuhkan waktu penyembuhan sekitar 20 hari. Dengan kondisi yang dialaminya kini turut menambah daftar pemain cedera yang membuat kemungkinan batal tampil di Piala Dunia 2022 Qatar.

5. Alexis Saelemakers

Deretan Bintang Serie A yang Terancam Absen di Piala Dunia 2022potret Alexis Saelemaekers di lapangan (instagram.com/alexis.saelemaekers)

Pada urutan terakhir ada winger AC Milan, Alexis Saelemakers. Di bawah asuhan Stefano Pioli, Alexis telah bermain sebanyak 9 kali di semua ajang musim ini. Pemain berpaspor negara Belgia itu berhasil mencetak 2 gol di Liga Champions dan 1 assists di Serie A 2022/2023.

Alexis menderita cedera ketika AC Milan sukses menumbangkan Empoli 3-1 pada matchday ke-8 Serie A. Dia harus ditarik keluar ketika pertandingan baru berjalan 33 menit. Dilansir Sky Sport Italia, Alexis menderita cedera lutut ligamen yang membuatnya harus absen sekitar 6 sampai 8 minggu. Kabar tak sedap itu membuat kesempatan dia membela Belgia di Piala Dunia 2022 sirna.

Kompetisi yang dimainkan setiap 4 atau 3 hari sekali dengan kondisi waktu perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 yang tinggal dalam hitungan hari bikin badai cedera jadi momok yang cukup mengkhawatirkan. Rotasi pemain di setiap laga yang dilakukan masing-masing pelatih memiliki peran yang sangat penting. Selain menjaga pemain agar terhindar dari cedera, hal ini juga agar dapat menjaga stabilitas performa pemain di lapangan.

Baca Juga: 5 Bintang Absen di Piala Dunia 2022, Ada Haaland dan Salah!

Muhammad Rizki Rohmadhon Photo Writer Muhammad Rizki Rohmadhon

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya