5 Fakta Menarik Jelang Derby London Antara Chelsea Vs. Arsenal

Arsenal memiliki rekor bagus melawan Chelsea

English Premier League (EPL) 2022/2023 telah memasuki Gameweek 15. Sejumlah pertandingan besar akan terjadi akhir pekan ini. Salah satunya pertandingan yang bertajuk Derby London antara Chelsea vs. Arsenal, Minggu (6/11/2022).

Pertandingan tersebut akan dihelat di Stamford Bridge. Di EPL 2022/2023 Chelsea baru saja mengalami kekalahan 1-2 di GW14 ketika berjumpa Brighton & Hove Albion. Sedangkan Arsenal kembali melanjutkan tren positif saat membantai Nottingham Forest 5-0.

Duel sarat gengsi ini diprediksi akan berlangsung panas mengingat mereka sama-sama bermarkas di Kota London. Ada beberapa fakta menarik dari laga derbi Chelsea vs. Arsenal yang sudah mereka lakoni sebanyak 205 kali pertemuan itu. Simak lewat ulasan berikut, ya! 

1. Arsenal memiliki jumlah kemenangan lebih banyak dibandingkan Chelsea

5 Fakta Menarik Jelang Derby London Antara Chelsea Vs. ArsenalPara pemain Arsenal membentangkan jersey Pablo Mari sebagai dukungan usai ia menjadi korban penusukan di Italia. (twitter.com/SerieA_EN)/

Sejak pertama kali mereka bertemu di tahun 1907, Arsenal memiliki jumlah kemenangan lebih banyak dibandingkan Chelsea. Mereka bertemu di ajang League Division One untuk yang pertama kalinya. Di laga tersebut, Chelsea berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1. Dua gol kemenangan Chelsea dicetak oleh George Hilsdon dan satu gol balasan Arsenal dicettak oleh Charlie Satterthwaite.

Sepanjang sejarah pertemuan mereka, Arsenal telah mengemas sebanyak 81 kali kemenangan dan 58 kali bermain imbang. Sedangkan sang rival, Chelsea, membukukan 66 kali kemenangan. Kemenangan terbesar Arsenal di Stamford Bridge terjadi di tahun 1930 dengan skor 5-1. The Blues mencatatkan kemenangan terbesar kala jumpa Arsenal di Emirates Stadium dengan skor 6-0.

2. Arsenal memiliki rekor kandang bagus dalam sembilan laga terakhir EPL

5 Fakta Menarik Jelang Derby London Antara Chelsea Vs. ArsenalLoftus Cheek yang mencoba mengganggu pergerakan dari Thomas Partey. (twitter.com/Arsenalnewschan)

Arsenal memiliki jumlah kemenangan lebih banyak dalam sembilan laga terakhir di Premier League. Sejak mengalahkan Chelsea di Stamford Bridge 2-4 musim lalu, Arsenal berhasil menyapu bersih kemenangan di semua laga kandangnya. 

Di sisi lain, Chelsea memiliki rekor cukup apik saat bermain di kandang sejauh ini. Dari sembilan kali bermain di kandangnya sendiri liga domestik musim kompetisi 2022/2023, Chelsea belum pernah terkalahkan. The Blues mencatatkan 5 kali kemenangan dan 4 kali bermain imbang. 

Baca Juga: 5 Klub Premier League yang Paling Sering Mengalahkan Chelsea, Ada MU!

3. Graham Potter memiliki catatan bagus ketika bertemu Arteta

5 Fakta Menarik Jelang Derby London Antara Chelsea Vs. Arsenalpotret Graham Potter (twitter.com/LDNFootball)

Sejak menjadi manajer yang menukangi tim Premier League, Graham Potter memiliki rekor apik ketika berjumpa dengan Mikel Arteta. Dari enam laga yang pernah ia jalani melawan Arteta di semua klub, Potter telah memenangkan tiga kali pertandingan. Kemenangan terakhir melawan Arsenal terjadi ketika ia masih mengasuh Brighton musim lalu dengan skor 1-2 di Emirates Stadium.

Sedangkan Arteta baru memenangi dua laga ketika berjumpa Graham Potter. Sementara satu laga lainnya berakhir dengan skor kacamata. Apabila Arteta mampu memenangkan pertandingan kali ini, ia akan menyamai rekor catatan kemenangan Graham Potter sebagai manajer.

4. Catatan penampilan Azpilicueta jika diturunkan pada laga ini

5 Fakta Menarik Jelang Derby London Antara Chelsea Vs. ArsenalCesar Azpilicueta (twitter.com/CesarAzpi)

Cesar Azpilicueta sejauh ini telah diturunkan sebanyak sembilan kali dengan catatan 534 menit bermain di Premier League 2022/2023. Pemain yang juga bisa menempati posisi right midfielder itu bisa jadi opsi ketika melawan Arsenal pada, Minggu (6/11/2022). 

Apabila ia diturunkan menjadi starter melawan Arsenal nanti, Azpilicueta akan membuat 334 penampilan untuk Chelsea di Premier League. Jumlah itu melampaui penampilan yang dibuat mantan kiper Chelsea, Petr Cech, yang mencatata 333 penampilan. Azpilicueta akan berada pada urutan nomor tiga pemain dengan penampilan terbanyak Chelsea di Premier League setelah Frank Lampard, 429 penampilan, dan John Terry, 492 penampilan.

5. Arsenal memiliki tren positif dari 5 laga derby terakhir

5 Fakta Menarik Jelang Derby London Antara Chelsea Vs. ArsenalThomas Partey melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Nottingham Forest. (twitter.com/Arsenal)

Arsenal memiliki jumlah kemenangan lebih banyak dibandingkan Chelsea dari 5 pertemuan derbi sebelumnya. Arsenal berhasil membukukan kemenangan sebanyak 4 laga dengan jumlah agregat 10 gol.

Sedangkan Chelsea hanya satu kali meraih kemenangan melawan Arsenal dari 5 pertemuan terakhir. Mereka berhasil melakukannya pada bulan Agustus 2021 di Emirates Stadium dengan skor 0-2. Dari 5 pertemuan terakhir Derby London, Chelsea berhasil membobol gawang Arsenal dengan total jumlah 4 gol.

Pertandingan bertajuk Derby London ini tentu sangat dinatikan bagi para pecinta sepak bola, khusunya Liga Inggris. Tim manakah yang akan memenangkan derby kali ini?

Baca Juga: Ini yang Terjadi ketika Arsenal di Puncak Klasemen hingga GW12 EPL

Muhammad Rizki Rohmadhon Photo Writer Muhammad Rizki Rohmadhon

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya