3 Nama Pesepakbola yang Hijrah ke China pada Januari 2019

Apakah ada nama pemain yang kamu tahu di dalam daftar ini?

Jakarta, IDN Times – Bursa transfer musim dingin 2019 telah berakhir beberapa hari yang lalu. Terdapat beberapa nama-nama pemain pesepakbola yang cukup familiar di mana mereka memutuskan pindah dari Liga Eropa ke Liga China. Berikut adalah nama-nama pemain yang pindah liga pada bursa transfer Januari 2019 ini.

1. Sandro Wagner

3 Nama Pesepakbola yang Hijrah ke China pada Januari 2019Twitter/@FCBayernEN

Sandro Wagner gagal bersinar di Bayern Munich sejak didatangkan pada Januari tahun lalu. Hal ini membuatnya memilih untuk hengkang ke Chinese Super League untuk memperkuat Tianjin Teda.

“Sandro menghampiri kami dan meminta untuk melepas kontraknya. Dia menyebutkan bahwa ia mendapatkan tawaran sangat menarik dari China dan kami mengabulkan permintaanya itu. Kami ingin menyampaikan terima kasih untuk semuanya yang Sandro berikan selama di Bayern dan mengharapkan ada yang terbaik untuknya di China,” ujar Hasan Salihamidzic, selaku Direktur Olahraga Bayern.

Pada musim ini, Sandro gagal mencetak satu gol pun di kompetisi Bundesliga. Bahkan dia hanya diturunkan tujuh kali oleh Niko Kovac dan ketujuhnya itu hanya sebagai pemain pengganti. Penyerang berusia 31 tahun ini pernah menghabiskan pendidikannya di akademi Bayern selama 11 tahun, sebelum akhirnya hijrah ke berbagai klub di Jerman, lalu kembali lagi ke Bayern dan mengabdi selama dua musim lamanya.

Dengan diputusnya kontrak Sandro yang sebenarnya masih tersisa sampai Juni 2020, ia akan bergabung bersama kapten timnas Nigeria yang kini bermain bagi Tianjin Teda, John Obi Mikel.

Baca Juga: Dengan 10,5 Juta Paun, Marouane Fellaini Resmi Hijrah ke China

2. Marouane Fellaini

3 Nama Pesepakbola yang Hijrah ke China pada Januari 2019skysports.com

Kebersamaan Marouane Fellaini bersama Manchester United harus berakhir di musim ini usai sang pemain memutuskan hijrah ke Chinese Super League. Pemain asal Belgia tersebut resmi bergabung dengan Shandong Luneng. Meskipun bursa transfer telah selesai di liga-liga Eropa, namun berbeda dengan Liga China yang masih berlangsung, sehingga kesepakatan pun tercapai pada hari Jumat (1/2) waktu setempat.

Fellaini dikabarkan sebenarnya ingin tetap bertahan, namun hal tersebut akan sangat buruk bagi kariernya karena tak akan mendapatkan tempat di skuat utama. Dengan usianya yang telah mencapai 31 tahun, keputusannya untuk hengkang merupakan langkah yang tepat.

Fellaini sendiri telah membela Manchester United selama 6,5 musim usai diboyong dari Everton pada tahun 2013. Eks rekannya di Everton, Leon Osman, menilai bahwa Fellaini sejatinya masih punya kualitas yang dibutuhkan untuk bermain di United, namun sayang ia memang tidak cocok dengan gaya bermain yang diterapkan manajer baru, Ole Gunnar Solskjaer.

3. Paulinho

3 Nama Pesepakbola yang Hijrah ke China pada Januari 2019twitter.com/ChampionsLeague

Barcelona mengonfirmasi penjualan gelandang asal Brasil, Paulinho, ke klub Chinese Super League, Guangzhou Evergrande. Paulinho dilepas denga biaya sebesar 42 juta euro. Pada musim panas 2018, sejatinya Barcelona sudah melepas Paulinho ke Guangzhou Evergrande, namun, status Paulinho saat itu adalah sebagai pemain pinjaman, bukan transfer permanen.

Guangzhou Evergrande diketahui memiliki opsi pembelian kembali Paulinho sebesar 42 juta euro. Kesepakatan ini terjadi saat Barcelona membeli Paulinho dari Guangzhou Evergrande pada musim panas 2017. Paulinho hanya semusim berada di Barcelona. Dia tampil dalam 49 pertandingan dan mengemas sembilan gol untuk El Barca pada musim 2017/2018.

Baca Juga: UPDATE: 5 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya