Bintang Papan Atas yang Pindah Klub di Bursa Transfer Musim Dingin

Ada beberapa nama pemain muda dan senior di daftar ini

Jakarta, IDN Times - Bursa transfer pemain musim dingin 2019 sudah mencapai ujungnya. Beberapa pemain telah berganti kostum, beberapa lainnya masih negosiasi. Ada beberapa nama besar yang mencuri perhatian karena pindah ke klub lainnya pada Januari 2019 ini. Siapa sajakah mereka?

1. Gonzalo Higuain (Juventus ke Chelsea)

Bintang Papan Atas yang Pindah Klub di Bursa Transfer Musim DinginTwitter/@BBCSport

Pada Rabu (23/1) kemarin, Gonzalo Higuain resmi menjadi pemain Chelsea. Skema yang dipakai Chelsea untuk merekrut Higuain adalah skema peminjaman. Durasinya pun sebenarnya hanya sampai akhir musim 2018/2019. Tapi, ada klausul yang unik di peminjaman ini. Pertama, Chelsea bisa langsung menebus Higuain dengan harga 31 juta paun di akhir masa pinjaman. Kedua, Chelsea bisa memperpanjang masa peminjaman Higuain sampai akhir musim 2019/2020 dengan biaya peminjaman senilai 15,7 juta paun.

Direktur Chelsea, Marina Granovskaia, menyatakan kalau klubnya telah menjadikan Gonzalo Higuain sebagai target utama pada bursa transfer Januari 2019.

"Gonzalo adalah target utama kami. Ia adalah penyerang hebat yang telah membuktikan kemampuannya dan telah bermain di level tertinggi," ujar Granovskaia.

"Ia pernah bekerja dengan Maurizio Sarri di Napoli dan saya rasa ia akan mudah beradaptasi di Chelsea," ungkap Granovskaia.

Bersama The Blues, pemain berusia 31 tahun tersebut akan menggunakan nomor punggung 9 yang lowong usai Alvaro Morata ganti nomor punggung di awal musim.

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 2019

2. Mario Balotelli (Bebas transfer menuju Marseille)

Bintang Papan Atas yang Pindah Klub di Bursa Transfer Musim Dingintwitter.com/FinallyMario

Olympique Marseille resmi mendatangkan Mario Balotelli, penyerang eksentrik asal Italia. Eks penggawa AC Milan dan Manchester City hanya terikat kontrak hingga musim panas 2019. Kesepakatan ini sudah dikonfirmasi lewat situs resmi Marseille. Pihak Nice turut menambahkan, Balotelli sudah memutus kontraknya demi bisa bergabung dengan skuat Rudi Garcia. Pemain berusia 28 tahun ini akan memakai nomor punggung 9. Dalam periode ini, ia akan menerima gaji sekitar 4 juta euro.

Balotelli bergabung dengan Nice pada musim panas 2016 dan mengembalikan reputasinya dengan mencetak 43 gol serta mengakhiri puasa tampil di skuat timnas Italia. Kendati begitu, sang pemain bengal ini gagal mencetak gol pada paruh musim 2018/2019 setelah terlibat friksi dengan pelatih Nice, Patrick Vieira.

3. Christian Pulisic (Dortmund ke Chelsea)

Bintang Papan Atas yang Pindah Klub di Bursa Transfer Musim DinginTwitter.com/Borussia Dortmund

Nama Christian Pulisic sudah lama berkibar sebagai pemain muda berbakat berkat kiprahnya bersama Borussia Dortmund dalam tiga sampai empat tahun terakhir ini. Namanya dipastikan akan terus menjadi perhatian setelah pada awal Januari ini mengamankan kepindahan dirinya ke Chelsea.

Pria berusia 20 tahun ini, ditransfer dengan harga yang cukup tinggi, yakni senilai 64 juta eurp. Namun, penyerang sayap asal Amerika Serikat ini baru akan berseragam Chelsea di musim depan. Pulisic akan tetap bertahan di Dortmund dengan status pinjaman hingga akhir musim ini.

Pulisic tentu saja sudah mempunyai reputasi sangat bagus sejauh ini, terbukti dengan catatan 15 gol dari 115 penampilan bersama Dortmund serta catatan sembilan gol dari 23 caps bersama timnas Amerika Serikat. Pulisic digadang-gadang bakal menjadi pemain besar suatu saat nanti.

4. Cesc Fabregas (Chelsea ke AS Monaco)

Bintang Papan Atas yang Pindah Klub di Bursa Transfer Musim DinginInstagram.com/asmonaco

AS Monaco mengumumkan secara resmi kedatangan Cesc Fabregas dari Chelsea. Melalui akun twitter resmi klub, AS Monaco mengumumkan keberhasilan merekrut Cesc Fabregas dari Chelsea, Jum’at (11/1) malam waktu setempat. Cesc Fabregas dikontrak oleh AS Monaco selama tiga setengah musim atau hingga Juni 2022.

Cesc Fabregas bergabung ke AS Monaco dengan nilai transfer yang kabarnya mencapai angka 14 juta euro. Pemain berusia 31 tahun ini telah meneken kontrak tiga setengah tahun bereuni dengan mantan rekannya di Arsenal yang kini menukangi klub Ligue 1 Prancis itu, Thierry Henry.

Sayang, info terbaru, Henry dipecat dari kursi pelatih karena saat ini AS Monaco berada di urutan ke-19 klasemen sementara Ligue 1 meski hanya terpaut lima poin dari posisi yang aman.

5. Frenkie de Jong (Ajax ke Barcelona)

Bintang Papan Atas yang Pindah Klub di Bursa Transfer Musim DinginTwitter/@jmbartomeu

Transfer yang cukup menggemparkan karena pemuda berusia 21 tahun ini ditebus dengan harga hampir 90 juta euro oleh Barcelona. Sama seperti kasus Pulisic dan Chelsea, Frenkie de Jong juga baru akan bergabung bersama jawara LaLiga itu pada Juli 2019 nanti. Di Barcelona sendiri, de Jong diikat kontrak lima tahun sampai 2024.

Dengan transfernya ke Barcelona ini, eks pemain alumnus akademi Willem Tilburg ini resmi menjadi pemain Belanda termahal sepanjang sejarah, menggeser bek Liverpool, Virgil van Dijk, yang direkrut The Reds dari Southampton dengan banderol sekitar 75 juta paun atau sekitar 84 juta euro.

Baca Juga: 5 Fakta dari Pemuda 90 Juta Euro Milik Barcelona, Frenkie de Jong

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya