Comscore Tracker

Kompany Hengkang, Ini 6 Pemain yang Layak Jadi Kapten Manchester City

Pemimpin baru bagi skuad The Citizens

Vincent Kompany memutuskan tak akan memperpanjang kontrak dengan Manchester City. Dia memilih pulang kampung untuk menjadi pelatih dari klub masa kecilnya, Anderlecht. Tak hanya manajer, dia juga akan menjadi pemain di klub asal Belgia tersebut.

Kepergiannya dikenang seluruh penggemar. Ia adalah kapten City paling sukses dalam sejarah. Ia mengapteni City dalam empat kesempatan menjadi juara Premier League, yakni pada musim 2011/12, 2013/14, 2017/18, dan 2018/19.

Satu slot di lini belakang pun menjadi kosong. Dengan dompet tebal Syeikh Mansour, City bisa dengan mudah mencari palang pintu baru. Yang menjadi masalah, Kompany meninggalkan persoalan yang lebih penting. Ya, Kompany merupakan pemimpin dalam tim selama hampir sedekade. Kehilangan sosok paling berkharisma di tubuh tim bisa sangat mempengaruhi suasana tim yang hendak memburu trofi demi trofi.

Jadi, Pep Guardiola pun harus menentukan siapa pengemban ban kapten The Citizens berikutnya. Di antara banyak bintang di Etihad Stadium, siapa yang paling mungkin menjadi penerus tahta Kompany? Ini dia deretan pemain yang layak menjadi kapten City.

1. Fernandinho

Kompany Hengkang, Ini 6 Pemain yang Layak Jadi Kapten Manchester CityFox Sports Asia

Selain berstatus sebagai satu-satunya gelandang bertahan di tim, Fernandinho juga tercatat sebagai pemain tertua dalam skuat Manchester City. Dalam usia 34 tahun, ia merupakan sosok paling dituakan di tim, bahkan melebihi Kompany. Musim lalu pun ia berada di jenjang ketiga hierarki kapten City setelah Kompany dan David Silva. Hanya saja, kaki uzurnya terbukti rentan cedera dan barangkali, tak bisa memimpin City sepanjang waktu.

2. David Silva

Kompany Hengkang, Ini 6 Pemain yang Layak Jadi Kapten Manchester CityManchester Evening News

Penyihir dari Spanyol ini merupakan otak kreativitas City sejak memenangi gelar Premier League pertama bersama Roberto Mancini hingga back-to-back trofi bersama Pep Guardiola. Musim lalu pun ia merupakan wakil kapten City, dan dengan kepergian Kompany, itu berarti ia merupakan pemain dengan masa abdi terlama dalam tim. Sayangnya, ia lahir di tahun yang sama dengan Kompany, sehingga masa edarnya di Premier League pun akan segera usai mengingat kontraknya hanya menyisakan semusim.

Baca Juga: 4 Pemain Sepak Bola Ini Tetap Berpuasa Ramadan Meski Harus Bertanding

3. Sergio Aguero

Kompany Hengkang, Ini 6 Pemain yang Layak Jadi Kapten Manchester CityEurosport

Dibanding dua nama sebelumnya, Aguero sedikit lebih muda dan bisa dibilang mempunyai pengaruh lebih besar dalam daya gedor tim. Ia bahkan sudah menaruh nama di hall of fame City dengan menjadi top skor sepanjang masa klub. Ganjalan untuknya mungkin hanya realita bahwa ia sudah menyatakan akan pulang ke Independiente saat kontraknya habis, serta bahwa Pep Guardiola sudah menyiapkan Gabriel Jesus untuk mengambil tempatnya.

4. Kevin de Bruyne

Kompany Hengkang, Ini 6 Pemain yang Layak Jadi Kapten Manchester CityManchester Evening News

Pangeran pirang dari Belgia merupakan sosok kelima yang pernah mengapteni City pada musim lalu. Saat musim baru dimulai, ia akan berusia 28 tahun, masih tergolong usia emas. Ia memang menjalani perjalanan penuh cedera pada musim lalu, tetapi sebelum itu, ia merupakan playmaker kepercayaan Guardiola. Saat Manchester Evening News mengadakan jajak pendapat tentang siapa yang seharusnya mendapat ban kapten City, De Bruyne berada di posisi paling atas dengan 48% dukungan.

5. Phil Foden

Kompany Hengkang, Ini 6 Pemain yang Layak Jadi Kapten Manchester CityExpress

Keberadaan Phil Foden dalam daftar ini mungkin terbilang mengejutkan mengingat usianya baru menginjak 19 tahun. Akan tetapi, di luar kekurangannya dalam hal pengalaman, ia memenuhi semua persyaratan untuk menjadi kapten. Ia sudah lama menjadi poster boy di akademi City. Ia merupakan bocah lokal, produk asli akademi, dan sudah dijamin Guardiola akan mendapat tempat dalam skuad utama. Jika ia diberi ban kapten, City akan mendapat jaminan kapten tim selama 15 tahun ke depan.

6. Wajah baru

Kompany Hengkang, Ini 6 Pemain yang Layak Jadi Kapten Manchester CityMetro

Matthijs De Ligt terus dihubungkan dengan banyak klub besar Eropa. Ia menjadi kapten Ajax dalam usia 19 tahun saat klub Belanda tersebut menjuarai Eredivisie dan menembus semifinal Liga Champions. Jika City berhasil mendaratkannya, ia benar-benar akan menjadi kapten masa depan City. Sementara itu, Harry Maguire juga dihubungkan The Citizens. Ia digadang-gadang akan menjadi kapten masa depan Timnas Inggris. Jadi, jika ia ingin keluar dari Leicester, Etihad Stadium bisa jadi destinasi tujuan.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Najmul Ula Photo Community Writer Najmul Ula

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You