5 Perilaku Suporter Inggris yang Patut Ditiru Suporter Indonesia

Bisa gak ya kira-kira?

Suporter merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan oleh setiap klub yang berlaga. Setiap laga ketika tidak ada suporter menjadi suatu hal yang hambar dalam setiap pertandingan. Pasalnya suporter menjadi bagian penting dan menjadi pemain yang ke 12.

Di Inggris sendiri yang terkenal sebagai suporter fanatiknya mempunyai perilaku yang patut dicontoh oleh suporter Indonesia. Kali ini ada beberapa perilaku suporter Inggris yang bisa dicontoh:

1. Budaya antri

5 Perilaku Suporter Inggris yang Patut Ditiru Suporter IndonesiaPexels/Ricardo Besciani

Di Inggris sendiri terkenal mempunyai peraturan yang ketat. Dalam sepakbola pun mereka tidak diperkenankan mendahului orang lain saat akan membeli tiket ketika akan masuk stadion. Di sana mempunyai kebiasaan mengantri yang bisa dicontoh oleh suporter Indonesia.

2. Tertib di stadion

5 Perilaku Suporter Inggris yang Patut Ditiru Suporter IndonesiaPexels/ Mauricio Meschano

Walaupun kebanyakan stadion di Inggris kebanyakan tempat duduknya dekat lapangan permainan. Tapi mereka selalu tertib dan menikmati setiap permainan dari klubnya dan saat duduk di tempatnya tidak berdesak desakan.

3. Tidak membawa petasan

5 Perilaku Suporter Inggris yang Patut Ditiru Suporter IndonesiaPexels/Ricardo Boliscani

Membawa barang terlarang seperti petasan sangat dilarang oleh federasi sepakbola Inggris yaitu FA. Pasalnya selain mengganggu kenyamanan juga membuat permainan sepakbola menjadi tidak lancar. Dan hal itu dipatuhi oleh kebanyakan suporter klub sepakbola di Inggris seperti Manchester united, Arsenal, Manchester City dll.

Baca Juga: Suporter Persita Turun ke Lapangan, Ini yang Membuat Laga Rusuh

4. Menjaga kebersihan

5 Perilaku Suporter Inggris yang Patut Ditiru Suporter IndonesiaPexels/ Luis faso

Selain terkenal dengan budaya antrinya ternyata suporter sepakbola yang ada di Inggris selalu menjaga kebersihan di stadion. Mereka selalu membuang sampah pada tempatnya ketika akan keluar dari stadion. Selain itu juga di setiap tribun juga tersedia tempat sampah sehingga terjaga kebersihannya.

5. Selalu dukung pemain

5 Perilaku Suporter Inggris yang Patut Ditiru Suporter IndonesiaInstagram/Liverpoolfans123

Di Inggris walaupun terkenal dengan suporter fanatiknya tapi mereka punya kelakuan yang baik terhadap para pemain yang berlaga walaupun kalah sekalipun suporter di Inggris sana tidak segan-segan melontarkan pujian kepada para pemain.

Kira-kira Indonesia bisa meniru gak ya?

Baca Juga: Tidak Selalu Buruk, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Suporter Bola Indonesia

Nanda Rizky Photo Writer Nanda Rizky

Tetap jadi diri sendiri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya