10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! 

Piala Dunia 2022 menghasilkan banyak cerita menarik

Piala Dunia 2022 tak hanya melulu menyajikan pertandingan seru. Di balik ingar-bingar tersebut, ada berbagai macam catatan menarik yang ditorehkan oleh pemain maupun tim. 

Kebanyakan orang biasanya hanya melihat tentang siapa yang menang, siapa yang kalah hingga siapa yang menjadi juara. Pernahkah kamu mengamati hal-hal kecil yang terjadi seperti siapa-siapa saja yang tertulis pertama kali dalam suatu catatan statistik. 

Mulai dari pencetak gol pertama hingga tim yang gugur pertama, berikut 10 catatan serba pertama di Piala Dunia 2022 Qatar. 

1. Pencetak gol pertama

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Enner Valencia sukses mencetak dua gol kemenangan Ekuador atas Qatar di Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pemain yang menjadi pencetak gol pertama di Piala Dunia 2022 adalah Enner Valencia. Momen tersebut terjadi saat timnya, Ekuador berjumpa Qatar di laga pembuka pada 20 November 2022. Gol perdana di Piala Dunia 2022 tersebut tercipta di menit 16.

2. Pergantian pemain pertama

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Jeremy Sarmiento (instagram.com/jeremy7official)

Pergantian pemain pertama kali juga dilakukan oleh Ekuador. Mereka memasukkan Jeremy Sarmiento dan menarik keluar Romario Ibarra. Momen itu tercipta dalam laga kontra Qatar di menit 68.

3. Penalti pertama

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Enner Valencia di Piala Dunia 2022 (instagram.com/ennervalencia1)

Gol pertama yang diciptakan Enner Valencia tercipta melalui tendangan penalti. Itu merupakan penalti pertama yang terjadi di Piala Dunia 2022. Penalti diberikan oleh wasit untuk Ekuador setelah pergerakan Enner Valencia dilanggar oleh kiper Qatar. 

4. Clean sheet pertama

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Hernan Galindez (instagram.com/hernangalindez)

Ekuador sukses mengalahkan Qatar dengan skor 2-0. Kegagalan tim tuan rumah Qatar untuk membalas gol membuat Ekuador menciptakan clean sheet. Kiper Ekuador, Hernan Galindez, tercatat sebagai kiper pertama yang menorehkan clean sheet di Piala Dunia 2022.

5. Kartu kuning pertama

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Saad Al Sheeb (instagram.com/qfa)

Kiper Qatar, Saad Al Sheeb, melakukan kesalahan dengan melanggar Enner Valencia dalam laga kontra Ekuador. Tak hanya berbuah penalti, pelanggaran tersebut juga membuat Saad Al Sheeb menjadi pemain pertama yang mendapat kartu kuning. 

6. Kartu merah pertama

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Wayne Hennessey (instagram.com/fawales)

Kiper Wales, Wayne Hennessey, melakukan hal yang lebih fatal dari Saad Al Sheeb. Ia melakukan pelanggan brutal terhadap Mehdi Taremi dalam laga melawan Iran pada 25 November 2022.

Hennessey keluar dari kotak penalti bermaksud untuk menghalau serangan Iran yang dimotori Mehdi Taremi. Namun, hadangannya justru membuat Taremi tersungkur dan tak mengenai bola. Tanpa ampun, wasit langsung memberikan kartu merah pertamanya di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

7. Brace pertama dari Valencia

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Enner Valencia di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Enner Valencia benar-benar tampil gemilang di laga pembuka. Dua gol kemenangan Ekuador terlahir berkat dirinya. Selain menjadi pencetak gol pertama, Valencia pun menjadi pencetak brace pertama di Piala Dunia 2022. 

8. Gol bunuh diri pertama

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Nayef Aguerd (instagram.com/nayefaguerd)

Semua pemain pasti tak ada yang ingin mencetak gol bunuh diri. Namun, momen itu bisa terjadi kepada siapa saja karena faktor ketidaksengajaan. Hal itulah yang dialami pemain Maroko, Nayef Aguerd. 

Dalam laga menghadapi Kanada pada 1 Desember 2022, Nayef Aguerd berniat menghalau umpan silang dari pemain Kanada, Sam Adekugbe, di menit 40. Sayangnya, bola justru mengarah ke gawang dan berujung gol bunuh diri. Nayef pun menjadi pencetak gol bunuh diri pertama. Untungnya, Maroko tetap menang dengan skor 2-1.

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Ekuador di Piala Dunia, Enner Valencia Paling Tajam

9. Hasil Imbang Pertama

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Timothy Weah dalam laga kontra Wales di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Duel sengit di Piala Dunia 2022 tak semuanya menghasilkan pemenang di akhir laga. Ada pula hasil imbang yang tercipta. Laga pertama yang berkesudahan imbang adalah saat Amerika Serikat bertemu Wales pada 21 November 2022.

Amerika Serikat pada awalnya sempat unggul melalui gol Timothy Weah di menit 36. Wales yang tak mau kalah mampu membalas di menit 82 berkat gol Gareth Bale. Tak ada lagi gol tercipta, kedua tim harus puas bermain imbang 1-1.

10. Tim yang gugur pertama

10 Catatan Serba Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar, Menarik! Timnas Qatar di Piala Dunia 2022 (instagram.com/qfa)

Catatan yang satu ini mungkin sangat menyakitkan. Uniknya, tim tuan rumah yang harus menerimanya. Ya, Qatar menjadi tim pertama yang gugur dalam persaingan Piala Dunia 2022.

Gugurnya Qatar terjadi setelah menelan dua kekalahan dari Ekuador dan Senegal. Apesnya lagi, Qatar kembali kalah di laga ketiga dari Belanda. Jadi, tak ada satupun poin yang berhasil diklaim oleh Qatar. 

Mengingat Piala Dunia 2022 baru akan memasuki babak gugur, tentunya masih banyak kemungkinan yang terjadi. Lantas, catatan pertama apalagi yang akan tercipta di Piala Dunia 2022? 

Baca Juga: Sejumlah Rekor yang Bisa Dipecahkan Cody Gakpo di Piala Dunia 2022

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya