5 Fakta Setelah Chelsea Bekuk Zenit St. Petersburg di Liga Champions 

Sang juara bertahan mulai musim baru dengan kemenangan tipis

Juara bertahan Liga Champions musim lalu, Chelsea, bertemu Zenit St. Petersburg di pekan pertama grup H Liga Champions musim 2021/2022. Pertandingan tersebut dihelat di kandang The Blues, Stamford Bridge, Inggris, pada hari Selasa (14/09/2021) malam.

Mendominasi jalannya laga, Chelsea sukses meraih poin penuh setelah memenangi laga dengan skor 1-0 berkat gol Romelu Lukaku di menit ke-69. Kemenangan tipis Chelsea atas Zenit juga menyisakan sejumlah fakta menarik.

Berikut ini kami sajikan 5 fakta di laga Chelsea melawan Zenit St. Petersburg kemarin malam.

1. Romelu Lukaku menggila

5 Fakta Setelah Chelsea Bekuk Zenit St. Petersburg di Liga Champions potret Romelu Lukaku (twitter.com/ChelseaFC)

Laga ini menjadi laga debut Romelu Lukaku di pentas Liga Champions bersama Chelsea. Spesialnya, ia mampu mengemas satu gol yang membawa timnya meraih kemenangan. Secara total, gol tersebut merupakan gol ke-4 Lukaku untuk Chelsea musim ini.

Dengan satu golnya ke gawang Zenit, Lukaku juga tercatat sudah mengoleksi 14 gol di kompetisi Eropa sejak musim 2019/2020. Jumlah gol penyerang Belgia tersebut hanya kalah dari Robert Lewandowski (21 gol), Erling Haaland (20 gol), dan Bruno Fernandes (17 gol).

2. Edouard Mendy tampil cemerlang di bawah mistar gawang

5 Fakta Setelah Chelsea Bekuk Zenit St. Petersburg di Liga Champions potret Edouard Mendy (twitter.com/ChelseaFC)

Selain Romelu Lukaku, Edouard Mendy juga menjadi pemain Chelsea yang layak disorot di laga ini. Kiper asal Senegal tersebut mampu bermain baik di bawah mistar gawang dengan menciptakan dua penyelamatan yang membuahkan clean sheet

Bagi Mendy, itu merupakan clean sheet ke-10 dari 13 laga yang dilakoni bersama Chelsea di Liga Champions. Ia hanya kalah dari Keylor Navas yang sukses membukukan 10 clean sheet hanya dari 11 laga bersama Real Madrid.

Baca Juga: Romelu Lukaku Jadi Senjata Utama Chelsea di Liga Champions

3. Chelsea kian menakutkan di bawah kepemimpinan Thomas Tuchel

5 Fakta Setelah Chelsea Bekuk Zenit St. Petersburg di Liga Champions potret Thomas Tuchel (twitter.com/chelseafc_indo)

Selain hasil kerja keras para pemain di lapangan, kemenangan Chelsea tentu tak lepas dari kejeniusan Thomas Tuchel dalam meracik strategi. Termasuk laga ini, Chelsea sudah mengantongi 7 kemenangan dari 9 laga Liga Champions di bawah kepemimpinan pelatih asal Jerman tersebut.

Tak cukup sampai di situ, Tuchel juga membawa Chelsea mencatatkan 23 clean sheet dari 37 laga di semua kompetisi. Tak ada tim lain dari lima liga top Eropa yang memiliki jumlah clean sheet lebih banyak dari Chelsea sejak era Thomas Tuchel.

4. Pertemuan pertama Chelsea dan Zenit St. Petersburg

5 Fakta Setelah Chelsea Bekuk Zenit St. Petersburg di Liga Champions potret laga Chelsea melawan Zenit St. Petersburg (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea dan Zenit St. Petersburg merupakan dua tim besar di liga negara masing-masing. Chelsea sudah sering mewakili Inggris di Liga Champions, begitu juga Zenit yang kerap mewakili Rusia. Kendati demikian, kedua tim baru bentrok satu sama lain di musim ini.

Chelsea dan Zenit tergabung di grup H yang juga dihuni oleh Malmo dan Juventus. The Blues sukses mengamankan kemenangan di pertemuan pertama, tetapi Zenit tentu masih berpeluang membalas di pertemuan kedua.

5. Zenit St. Petersburg terakhir menang di Liga Champions pada musim 2019/2020

5 Fakta Setelah Chelsea Bekuk Zenit St. Petersburg di Liga Champions potret para pemain Zenit St. Petersburg (twitter.com/fczenit_en)

Dengan kekalahan yang diterima dari Chelsea, Zenit St. Petersburg juga memperpanjang catatan buruk mereka. Sejak musim 2020/2021, Zenit tak pernah meraih kemenangan di Liga Champions.

Terakhir kali Zenit membukukan kemenangan adalah pada 28 November 2019. Kala itu, mereka mampu menumpas Lyon 2-0 dalam laga fase grup G Liga Champions musim 2019/2020.

Itulah 5 fakta menarik yang tersaji setelah Chelsea sukses membungkam Zenit St. Petersburg di pekan pertama grup H Liga Champions musim 2021/2022. Kira-kira, mampukah kedua tim meraih hasil positif di laga berikutnya?

Baca Juga: Chelsea dan Kenangan Buruk Kutukan Juara Liga Champions

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya