5 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Hebat!

Petr Cech rajanya!

Kiper menjadi sosok yang memiliki peran begitu vital dalam sebuah tim. Mereka menjadi palang pintu terakhir untuk menjaga timnya dari kebobolan. Memiliki mental kuat, reflek cepat, dan diimbangi dengan latihan giat, menjadi modal utama untuk bisa menjadi kiper hebat. 

Di pentas sekelas Premier League, tentunya hanya kiper dengan kualitas jempolan yang menjadi andalan klub-klub di liga paling kompetitif di dunia tersebut. Lebih dari 20 tahun sejak era Premier League, banyak kiper-kiper legendaris yang telah unjuk gigi. Lalu, siapa saja kiper dengan catatan clean sheet terbanyak?

1. Petr Cech - 207 clean sheet

5 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Hebat!Instagram.com/petrcech

Petr Cech menjadi kiper dengan catatan clean sheet terbanyak di Premier League. Ia berhasil tampil tak kebobolan dalam 207 laga dari 443 laga yang telah dimainkannya di pentas Premier League. Catatan tersebut ia torehkan bersama Chelsea dan Arsenal.

Cech bisa dibilang sebagai salah satu kiper tersukses di Premier League. Ia pernah merengkuh trofi Premier League sebanyak 4x bersama Chelsea. Kiper asal Republik Ceko tersebut pensiun pada Juli 2019. 

2. David James - 172 clean sheet

5 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Hebat!Instagram.com/uefa_official

Di urutan ke-dua terdapat nama kiper top lainnya, David James. Kiper asli Inggris tersebut sukses mencatatkan 172 clean sheet dari 572 laga di Premier League. Capaian tersebut diciptakan James bersama Liverpool, Aston Villa, West Ham United, Manchester City, dan Portsmouth. 

Sayangnya, ia tak pernah meraih gelar Premier League bersama lima tim yang telah dibelanya. Selain Premier League, David James juga pernah merumput di Liga India dan Islandia. Ia tercatat memutuskan pensiun pada Januari 2015.

Baca Juga: 5 Kiper Termuda yang Debut di Liga Champions, Casillas Salah Satunya!

3. Mark Schwarzer - 153 clean sheet

5 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Hebat!skysports.com

Mark Schwarzer merupakan kiper top Premier League asal Australia. Ia berada di urutan tiga di daftar ini dengan catatan 153 clean sheet dari 514 laga di Premier League. Catatan apik tersebut dicapai oleh Schwarzer bersama Middlesbrough, Fulham, Chelsea, dan Leicester City. 

Ia turut menjadi bagian saat Leicester City mengukir sejarah menjuarai Premier League di musim 2015/16. Sebelum mentas di Premier League, Schwarzer juga sempat berkompetisi di Bundesliga. Ia memutuskan gantung sepatu pada Juli 2016.

4. David Seaman - 144 clean sheet

5 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Hebat!Instagram.com/arsenal

David Seaman juga menjadi salah satu kiper terbaik dalam sejarah Premier League. Ia berhasil menciptakan 144 clean sheet dari 344 laga di Premier League. Penampilan mengesankan tersebut dicatatkan olehnya bersama Arsenal dan Manchester City.

Kiprah kiper asal Inggris tersebut di Premier League cukup berhasil. Seaman pernah meraih gelar Premier League sebanyak 3x bersama Arsenal. Ia tak lagi aktif menjadi pesepak bola sejak Januari 2004. 

5. Nigel Martyn - 141 clean sheet

5 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Hebat!shoot.co.uk

Kiper ke-lima dengan catatan clean sheet terbanyak di Premier League adalah Nigel Martyn. Ia berhasil mengamankan gawangnya dari kebobolan dalam 141 laga dari 372 laga yang dilakoninya di Premier League. Catatan tersebut ditorehkan oleh Martyn bersama Leeds United, Everton, dan Crystal Palace. 

Namun, meski memiliki catatan yang cukup impresif, ia tak mampu meraih gelar selama berkiprah di Premier League. Kiper asal Inggris tersebut menepi dari lapangan hijau pada Juli 2006. 

Akankah ada kiper lain yang mampu melampaui catatan clean sheet kelima kiper di atas?

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Semusim di Premier League

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya