Comscore Tracker

6 Top Skor Sepanjang Sejarah Paris Saint-Germain, Ada Mbappe!

Dari Cavani hingga Neymar

Paris Saint-Germain atau yang akrab dengan singkatan PSG merupakan salah satu tim besar dan sukses asal Prancis. Mereka begitu mendominasi pentas domestik hampir dalam satu dekade terakhir. Di kancah Eropa, PSG juga menjadi salah satu tim yang disegani saat ini.

Kiprah mentereng PSG tentu tak lepas dari para pemain hebat yang dimiliki. Les Parisiens dikenal berstatus tim kaya raya sehingga mampu mendatangkan pemain hebat meski bernilai mahal sekalipun. Khusus di sektor lini serang, PSG memiliki deretan penyerang yang tajam dan menakutkan.

Dari banyaknya penyerang yang pernah mengabdi di Parc des Princes, siapa sajakah yang dinobatkan top skor sepanjang masa PSG? Berikut ulasannya! 

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Man United dan PSG, Cavani Salah Satunya

1. Edinson Cavani - 200 Gol

6 Top Skor Sepanjang Sejarah Paris Saint-Germain, Ada Mbappe!ligue1.com

Edinson Cavani adalah top skor sepanjang masa Paris Saint-Germain. Striker asal Uruguay tersebut berhasil menyarangkan 200 gol dari 301 laga di semua kompetisi. Cavani bergabung dengan PSG musim 2013/2014 usai direkrut dari Napoli. 

Cavani sangat diandalkan oleh Les Parisiens selama tujuh musim. Ia mampu mempersembahkan 6 gelar Ligue 1, 4 gelar French Cup, 5 gelar French League Cup, dan 7 gelar French Super Cup. Pemain berusia 33 tahun tersebut pindah ke Manchester United musim 2020/2021 setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh PSG.

2. Zlatan Ibrahimovic - 156 Gol

6 Top Skor Sepanjang Sejarah Paris Saint-Germain, Ada Mbappe!twitter.com/EuropaLeague

Zlatan Ibrahimovic juga menjadi sosok striker tajam yang pernah memperkuat PSG. Ia pernah berjubah Les Parisiens selama empat musim. Pemain keturunan Swedia tersebut diboyong PSG dari AC Milan pada musim 2012/2013.

Ia tercatat sukses menciptakan 156 gol dari 180 laga di semua ajang. Ibra sukses mempersembahkan 4 gelar Ligue 1, 2 gelar French Cup, 3 gelar French League Cup, dan 4 gelar French Super Cup untuk PSG. Ia berpisah dengan PSG musim 2016/2017 dan hijrah ke Manchester United. Striker berusia 39 tahun tersebut saat ini tengah kembali membela AC Milan.

3. Pauleta - 109 Gol

6 Top Skor Sepanjang Sejarah Paris Saint-Germain, Ada Mbappe!ligue1.com

Di urutan ketiga terdapat nama Pauleta, striker top asal Portugal. Ia sukses menciptakan 109 gol dari 211 laga di semua kompetisi bersama PSG. Ia memulai kiprahnya di Ligue 1 Prancis dengan memperkuat Bordeaux. Di musim 2003/2004, Pauleta kemudian hijrah ke PSG.

Bersama Les Parisiens, ia benar-benar berada di performa terbaiknya dalam kurun waktu lima musim. Ia juga berhasil merengkuh 2 gelar French Cup dan 2 gelar French League Cup. Pauleta kemudian memutuskan pensiun pada Juli 2008.

4. Kylian Mbappe - 103 Gol

6 Top Skor Sepanjang Sejarah Paris Saint-Germain, Ada Mbappe!twitter.com/KMbappe

Pencetak gol terbanyak PSG selanjutnya adalah Kylian Mbappe. Ia menjadi salah satu top skor PSG yang masih aktif membela klub yang bermarkas di Parc des Princes tersebut. Mbappe berhasil mencetak 103 gol dari 141 penampilan di semua ajang. 

Mengawali karier bersama AS Monaco, ia dipinang PSG pada musim 2018/2019 setelah sebelumnya berstatus sebagai pinjaman selama semusim. Meski baru berumur 22 tahun, ia mampu menjelma striker yang mematikan.

Sejauh ini Mbappe juga telah berhasil mengantarkan PSG meraih  3 gelar Ligue 1, 2 gelar French Cup, 2 gelar French League Cup, dan 2 gelar French Super Cup. Ia masih memiliki kontrak dengan PSG hingga Juni 2022.

5. Angel Di Maria - 86 Gol

6 Top Skor Sepanjang Sejarah Paris Saint-Germain, Ada Mbappe!psgtalk.com

Angel Di Maria juga menjadi salah satu top skor PSG yang masih aktif membela klub tersebut. Winger kanan asal Argentina tersebut didatangkan PSG dari Manchester United pada musim 2015/2016. Ia tercatat telah menciptakan 86 gol dari 237 laga di semua ajang.

Performa apiknya juga berperan penting atas kesuksesan PSG. Ia telah mempersembahkan 4 gelar Ligue 1, 3 gelar French Cup, 4 gelar French League Cup, dan 4 gelar French Super Cup. Kontrak pemain berusia 32 tahun tersebut akan berakhir pada Juni 2021.

6. Neymar - 79 Gol

6 Top Skor Sepanjang Sejarah Paris Saint-Germain, Ada Mbappe!twitter.com/ChampionsLeague

Pencetak gol terbanyak keenam sepanjang masa PSG adalah Neymar. Ia juga menjadi top skor yang masih aktif membela PSG bersama Mbappe dan Di Maria. Neymar telah berhasil mencetak 79 gol dari 97 penampilan di semua ajang. 

Winger kiri asal Brasil tersebut direkrut oleh PSG dari Barcelona musim 2017/2018. Kiprah Neymar begitu menjanjikan dengan mampu mempersembahkan 3 gelar Ligue 1, 2 gelar French Cup, 2 gelar French League Cup, dan 2 gelar French Super Cup. Pemain berusia 28 tahun tersebut masih memiliki durasi kontrak hingga Juni 2022.

 

Itulah deretan pemain yang menjadi top skor sepanjang masa Paris Saint-Germain. Akankah ada pemain lain yang mampu melampaui catatan mereka?

Baca Juga: 10 Potret Neymar, Bintang Paris Saint-Germain yang Super Kece!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya