Comscore Tracker

Fakta Menarik Usai Atletico Madrid Tekuk Liverpool di Champions League

Pertandingan berjalan sengit!

Liga Champions Eropa musim 19/20 saat ini telah sampai di babak 16 besar. Laga big match tersaji di babak ini saat Atletico Madrid bersua sang juara bertahan, Liverpool. Di leg pertama, Atletico Madrid terlebih dahulu bertindak sebagai tim tuan rumah.

Laga yang digelar di Wanda Metropolitano, pada Rabu (19/2) dini hari, berhasil dimenangkan oleh tim tuan rumah. Atletico Madrid sukses membungkam Liverpool dengan skor 1-0 berkat gol semata wayang Saul Niguez. Dengan hasil ini membuat Atletico Madrid selangkah lagi melenggang ke babak 8 besar.

1. Saul Niguez menjadi bintang di laga ini

Fakta Menarik Usai Atletico Madrid Tekuk Liverpool di Champions Leaguetwitter.com/ChampionsLeague

Pertandingan berjalan sengit sejak peluit pertandingan babak pertama dimulai. Atletico Madrid yang bertindak sebagai tim tuan rumah tak gentar menghadapi tim berstatus juara bertahan, Liverpool. Hal itu dibuktikan Atletico Madrid dengan mampu unggul cepat di menit 4 berkat gol Saul Niguez. Liverpool yang tak mau kalah berupaya untuk membalas. Namun, hingga babak pertama usai Liverpool tak mampu membalas. Skor 1-0 untuk keunggulan Atletico Madrid menutup pertandingan di babak pertama.

Liverpool yang tak mau kalah, semakin meningkatkan serangannya ke jantung pertahanan Atletico Madrid di babak kedua. Mereka sangat mendominasi laga dengan penguasaan bola mencapai 73%. Kokohnya lini belakang Atletico Madrid menjadi penghalang terbesar Liverpool untuk bisa mencetak gol. Di babak kedua tak ada gol tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Atletico Madrid menjadi hasil akhir di laga ini.

2. Di bawah pimpinan Diego Simeone Atletico Madrid garang di kandang

Fakta Menarik Usai Atletico Madrid Tekuk Liverpool di Champions Leaguetwitter.com/OptaJose

Menurut catatan Opta sebelum laga ini dimulai, Atletico Madrid tidak pernah kalah saat bermain kandang di bawah pimpinan Diego Simeone di babak sistem gugur Liga Champions dengan catatan 8 menang dan 4 imbang. Dalam 12 pertandingan itu, mereka hanya kebobolan dua gol. Dengan kemenangan ini mereka sukses meneruskan catatan apik tersebut.

Kendati demikian Atletico Madrid tak boleh terlena. Melihat pengalaman musim sebelumnya, Atletico Madrid sukses mengalahkan Juventus di Wanda Metropolitano dengan Skor 2-0 di babak 16 besar Liga Champions. Namun, di leg kedua mereka berhasil dikalahkan oleh Juventus dengan skor 0-3 yang membuat mereka tak lolos ke babak selanjutnya. Jika hal itu tak ingin mereka alami lagi, Atletico Madrid harus fokus di pertandingan leg kedua nanti.

Baca Juga: Atletico Madrid, Rival yang "Dilahirkan" untuk Mengusik Real Madrid

3. Catatan Liverpool saat bermain di Wanda Metropolitano

Fakta Menarik Usai Atletico Madrid Tekuk Liverpool di Champions Leaguetwitter.com/OptaJoe

Liverpool mempunyai catatan apik saat bertanding di markas Atletico Madrid, Wanda Metropolitano. Mereka sukses mengalahkan Tottenham Hotspur di Wanda Metropolitano dengan skor 2-0. Kemenangan tersebut membuat mereka juara Liga Champions di musim lalu.

Namun sayang, catatan apik tersebut tak mampu diteruskan oleh anak asuh Jurgen Klopp. Di pertandingan kali ini mereka harus mengakui keunggulan tim tuan rumah, Atletico Madrid. Meski demikian, peluang Liverpool untuk bisa melaju ke babak selanjutnya masih terbuka. Mereka harus bisa bangkit di pertandingan leg kedua nanti.

4. Catatan menarik Opta lainnya di laga ini

Fakta Menarik Usai Atletico Madrid Tekuk Liverpool di Champions Leaguetwitter.com/OptaJose
  • Hanya Antoine Griezmann yang mencetak lebih banyak gol di fase sistem gugur Liga Champions untuk Atletico Madrid dengan torehan 6 gol disusul Saúl Ñíguez dengan catatan 5 gol.
  • Atletico Madrid belum pernah kalah dalam satu pertandingan di semua kompetisi ketika Saul Niguez mencetak gol (33 menang, empat seri).
  • Atletico Madrid belum kebobolan melalui tembakan tepat sasaran saat berjumpa Liverpool. Mereka menjadi tim kedua yang mendapatkannya setelah Napoli di San Paolo pada Oktober 2018 di era Jurgen Klopp untuk Liverpool di semua kompetisi.

5. Jadwal pertandingan leg kedua

Fakta Menarik Usai Atletico Madrid Tekuk Liverpool di Champions League90min.com

Leg kedua nanti akan dihelat di Andfield Stadium, markas Liverpool, pada Rabu (11/3). Jika Liverpool ingin lolos ke babak selanjutnya dan berhasrat mempertahankan gelar juara, mereka harus tampil habis-habisan demi bisa mengamankan tiket ke babak selanjutnya.

Kira-kira tim mana yang akan melaju ke babak selanjutnya? Kita nantikan penampilan kedua tim ini di leg kedua nanti.

Baca Juga: Saul Bawa Atletico Madrid Menang 1-0 atas Liverpool di Leg Pertama

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya