5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah LaLiga, Moncer!

Gak kalah dengan para striker top

Seorang bek memiliki tugas utama untuk menjaga pertahanan tim dari serangan lawan. Namun, bukan berarti mereka tak bisa maju untuk membantu menyusun serangan bahkan mencetak gol. Biasanya, mereka ikut aktif menyerang saat skema bola mati. Salah satu bek yang dikenal kokoh saat bertahan dan garang saat menyerang adalah Sergio Ramos.

Pemain bertahan andalan Real Madrid tersebut tercatat masuk dalam jajaran bek tersubur di LaLiga Spanyol. Ia kerap menciptakan gol krusial yang mengantarkan Real Madrid meraih kemenangan. Selain Ramos, pastinya terdapat beberapa bek lainnya yang juga jago mencetak gol. Berikut kami sajikan lima bek dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah LaLiga Spanyol.

1. Fernando Hierro - 105 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah LaLiga, Moncer!goal.com

Bek dengan catatan gol terbanyak dalam sejarah LaLiga Spanyol dipegang oleh Fernando Hierro. Ia merupakan pemain bertahan berdarah Spanyol dengan koleksi 105 gol. Hierro menjalani debut di LaLiga bersama Real Valladolid di musim 1987/88. Tercatat ia membela klub berjuluk Pucela tersebut selama dua musim dengan mencatatkan 58 penampilan di LaLiga. Dari laga sebanyak itu, ia sukses mencetak tiga gol.

Setelah dua musim bersama Valladolid, Hierro hijrah ke Real Madrid di musim 1989/90. Bersama El Real, Hierro benar-benar menemukan performa terbaiknya. Ia tercatat telah bermain dalam 439 laga di LaLiga dengan menciptakan 102 gol dan sembilan assist. Setelah berseragam El Real selama 14 musim, Hierro memutuskan hijrah ke klub asal Qatar, Al Rayyan. Kemudian ia juga sempat membela Bolton sebelum akhirnya pensiun pada Juli 2005.

2. Sergio Ramos - 73 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah LaLiga, Moncer!goal.com

Bek tersubur ke-dua dalam sejarah LaLiga ditempati oleh Sergio Ramos. Tentunya, football lovers tak asing dengan sosok yang satu ini. Ia tercatat telah menciptakan 73 gol di LaLiga. Ramos memulai karier di LaLiga dengan membela Sevilla di musim 2003/04. Bersama Sevilla, ia berhasil mencatatkan 39 laga dengan menorehkan dua gol. Karier Ramos bersama Sevilla hanya bertahan dua musim setelah di musim 2005/06 dirinya diboyong Real Madrid.

Sama halnya dengan Fernando Hierro, Ramos juga menemukan performa terbaiknya bersama El Real. Selama berseragam Madrid, ia telah tampil dalam 451 laga di LaLiga. Dari laga sebanyak itu, bek berdarah Spanyol tersebut berhasil mencetak 71 gol dan 31 assist. Tentunya torehan gol Ramos masih bisa bertambah. Pasalnya, saat ini ia masih aktif berkarier untuk Real Madrid dan memiliki kontrak hingga Juni 2021.

3. Ronald Koeman - 67 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah LaLiga, Moncer!goal.com

Selanjutnya terdapat nama bek legendaris asal Belanda, Ronald Koeman. Ia berhasil mencatatkan 67 gol di LaLiga. Koeman sempat membela FC Groningen, Ajax, dan PSV Eindhoven di awal kariernya. Kemudian namanya semakin dikenal usai hijrah ke Barcelona di musim 1989/90.

Bersama El Barca, Koeman tercatat telah merumput dalam 192 laga di LaLiga. Setelah membela Barca selama enam musim, ia memutuskan pulang kampung dengan membela Feyenoord. Akhirnya, Koeman memutuskan gantung sepatu pada Juli 1997. Saat ini, dirinya menjabat sebagai pelatih mantan klubnya, Barcelona.

Baca Juga: 5 Bek Terbaik yang Berusia di Bawah 25 Tahun, Muda dan Bertalenta!

4. Roberto Carlos - 48 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah LaLiga, Moncer!football365.com

Roberto Carlos menjadi bek tersubur ke-empat dalam sejarah LaLiga. Bek berdarah Brasil tersebut sukses mencetak 48 gol di LaLiga. Nama Roberto Carlos begitu familier di kalangan pecinta sepak bola saat dirinya berkarier untuk Real Madrid. Ia menjalani debut di LaLiga pada musim 1996/97 usai direkrut dari Inter Milan. 

Selama berseragam El Real, Roberto total telah tampil dalam 370 laga di LaLiga. Selain mencetak 48 gol, ia juga berhasil mencatatkan 53 assist. Tak hanya itu, Roberto Carlos juga memiliki tendangan pisang yang begitu populer. Karier Roberto bersama Madrid berakhir di musim 2007/08. Setelah itu ia malang melintang bersama sejumlah klub sebelum akhirnya pensiun pada Januari 2016.

5. Lorenzo Juarros Garcia - 47 gol

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah LaLiga, Moncer!alchetron.com

Lorenzo Juarros Garcia melengkapi lima besar sebagai bek tersubur dalam sejarah LaLiga. Bek berdarah Spanyol tersebut berhasil menciptakan 47 gol. Tercatat, ia membela tiga tim selama berkelana di kompetisi LaLiga. Ia merintis karier dengan bergabung bersama Real Sociedad di musim 1986/87. Kemudian ia hijrah ke Athletic Bilbao di musim 1989/90. Bersama Bilbao, Lorenzo tampil dalam 43 laga dengan menciptakan sembilan gol.

Lalu, Lorenzo hijrah ke klub LaLiga lainnya, yakni Burgos CF di musim 1991/92. Bersama klub tersebut dirinya Tampil dalam 27 laga dengan mengemas lima gol. Akhirnya, Lorenzo kembali membela Real Sociedad di musim 1993/94. Di periode keduanya bersama Sociedad, ia menemukan performa terbaiknya. Tercatat, Lorenzo telah tampil dalam 354 laga di ajang LaLiga bersama Sociedad dengan menciptakan 33 gol. Setelah berkarier selama 16 musim, Lorenzo memutuskan pensiun pada Juli 2002.

Dari kelima pemain di atas, Sergio Ramos menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif berkarier dan berpotensi menambah koleksi golnya. Akankah ada bek lain yang mampu mengikuti pencapaian mereka?

Baca Juga: 10 Bek yang Catatkan Nilai Transfer Tertinggi Hingga Kini, Fantastis!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya