Comscore Tracker

4 Bek Tengah asal Prancis yang Merumput di Premier League Musim Ini

Siapa paling tangguh?

Tak perlu diragukan lagi bahwa Prancis menjadi salah satu negara dengan kualitas sepak bola terbaik di dunia. Banyak talenta hebat yang terlahir di negara tersebut. Di era sekarang ini, terdapat banyak sekali pemain asal Prancis yang berkarier di berbagai liga top dunia, salah satunya Premier League. 

Total ada 27 pemain berdarah Prancis yang tengah berkarier di Premier League saat ini. Catatan tersebut menjadikan Prancis sebagai negara pemasok pemain asing terbanyak di Premier League musim ini. Dari sejumlah pemain tersebut, empat di antaranya merupakan seorang bek tengah. Siapa saja empat bek tengah yang dimaksud? Berikut ulasannya!

1. Mamadou Sakho

4 Bek Tengah asal Prancis yang Merumput di Premier League Musim Iniinstagram.com/mamadousakho

Mamadou Sakho adalah bek tengah asal Prancis yang paling berpengalaman di Premier League saat ini. Awalnya, ia bergabung dengan Liverpool pada musim 2013/2014 setelah hengkang dari PSG. Pada Januari 2017, Sakho sempat dipinjamkan ke Crystal Palace. 

Ia kemudian benar-benar direkrut Palace pada musim 2017/2018. Secara keseluruhan, Sakho telah bermain dalam 128 laga di Premier League dengan mencetak 3 gol dan 2 assist. Sayangnya, di musim ini ia kurang mendapat menit bermain. Kontrak bek berusia 31 tahun tersebut bersama Crystal Palace akan berakhir pada Juni 2021.

2. Kurt Zouma

4 Bek Tengah asal Prancis yang Merumput di Premier League Musim Iniskysports.com

Selanjutnya ada sosok Kurt Zouma, bek tengah Prancis milik Chelsea. Ia telah membela Chelsea sejak musim 2014/2015 usai diboyong dari Saint-Etienne. Zouma kemudian sempat dipinjamkan ke Stoke City dan Everton pada musim 2017/2018 dan 2018/2019.

Setelah tak lagi dipinjamkan, ia menjadi andalan Chelsea hingga saat ini. Secara total, Zouma telah merumput dalam 163 laga di Premier League dengan menciptakan 9 gol dan 3 assist. Ia juga pernah meraih 2 gelar Premier League bersama Chelsea. Bek berusia 26 tahun tersebut masih memiliki kontrak hingga Juni 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Pernah Membela AC Milan Sedekade Terakhir

3. Issa Diop

4 Bek Tengah asal Prancis yang Merumput di Premier League Musim Iniinstagram.com/issa_diop_05

Issa Diop juga adalah salah satu bek tengah asal Prancis yang saat ini berkiprah di Premier League. Ia telah menjadi bagian di skuad West Ham United sejak musim 2018/2019 setelah pindah dari klub Prancis, Toulouse. Dalam dua musim awal, Diop begitu diandalkan The Hammers.

Namun, di musim ini posisinya mulai tergeser oleh pemain lain. Tercatat, bek berusia 24 tahun tersebut telah tampil dalam 81 laga di Premier League dengan menorehkan 6 gol dan 1 assist. Kontraknya sendiri bersama West Ham masih tersisa hingga Juni 2023.

4. Wesley Fofana

4 Bek Tengah asal Prancis yang Merumput di Premier League Musim Iniinstagram.com/lawestt_

Wesley Fofana menjadi bek tengah Prancis terakhir yang kini berkiprah di Premier League. Ia baru bergabung dengan Leicester City pada musim 2020/2021 setelah dipinang dari Saint-Etienne. 

Tak kesulitan beradaptasi, Fofana sejauh ini cukup diandalkan The Foxes. Tercatat, ia telah merumput dalam 26 laga di Premier League dengan mencetak 1 assist. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, ia diikat kontrak hingga Juni 2025.

Dari keempat bek tengah Prancis di atas, bisa dibilang Kurt Zouma yang tersukses, karena pernah mencicipi gelar Premier League. 

Baca Juga: 5 Laga Ini Jadi Kunci Manchester City Juara Premier League 2020/2021

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya