5 Bek Tengah Terbaik Liverpool di Era Premier League, Tangguh!

Ada dua nama yang masih aktif berkarier

Liverpool merupakan salah satu klub terbaik di dunia. Tentunya tak sembarang pemain bisa menjadi bagian di skuad tim yang bermarkas di Anfield Stadium tersebut. Dari musim ke musim, The Reds selalu dihuni pemain dengan kualitas unggul di segala lini. 

Khusus di sektor lini belakang, Liverpool tercatat pernah mempunyai deretan bek tangguh. Sebut saja Virgil van Dijk, ia menjadi salah satu bek tengah jempolan yang saat ini aktif membela The Reds. Termasuk van Dijk, siapa sajakah bek tengah terbaik yang pernah dimiliki Liverpool di era Premier League?

1. Virgil van Dijk

5 Bek Tengah Terbaik Liverpool di Era Premier League, Tangguh!liverpoolfc.com

Virgil van Dijk merupakan salah satu bek tengah terbaik yang dimiliki Liverpool di era Premier League. Ia menjadi sosok vital dalam skuad The Reds di bawah kepelatihan Jurgen Klopp. Bek asal Belanda tersebut didatangkan dari Southampton pada pertengahan musim 2017/18. Sejak awal kedatangannya, ia mampu cepat beradaptasi dan menjadi bek tak tergantikan.

Sejauh ini, van Dijk telah tampil dalam 130 laga dengan catatan 13 gol dan 6 assist. Bek berusia 29 tahun tersebut juga telah mempersembahkan 1 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Sayangnya, saat ini ia tengah diterpa cedera parah. Kontraknya masih tersisa hingga Juni 2023.

2. Jamie Carragher

5 Bek Tengah Terbaik Liverpool di Era Premier League, Tangguh!dreamteamfc.com

Jamie Carragher merupakan bek tengah lulusan akademi Liverpool yang menjadi legenda di klub tersebut. Ia menjadi salah satu bek terbaik yang hanya memperkuat The Reds di sepanjang kariernya. Bek tangguh asal Inggris tersebut dipromosikan ke tim senior pada musim 1996/97 dan berkiprah hingga musim 2012/13.

Tercatat, Carragher bermain dalam 737 laga dengan mencetak 4 gol dan 15 assist. Berbagai gelar juga berhasil ditorehkannya, yakni 1 gelar Liga Champions, 2 gelar Piala FA, 3 gelar English League Cup, 1 gelar Europa League, 2 gelar UEFA Super Cup, dan 2 gelar English Super Cup. Ia akhirnya memutuskan pensiun pada Juli 2013.

Baca Juga: 5 Bek Terbaik yang Berusia di Bawah 25 Tahun, Muda dan Bertalenta!

3. Sami Hyypia

5 Bek Tengah Terbaik Liverpool di Era Premier League, Tangguh!eurosport.com

Sami Hyypia merupakan bek tengah berkebangsaan Finlandia. Namanya begitu pamor saat menjadi bek andalan Liverpool. Ia merapat dengan skuad The Reds di musim 1999/00 usai diboyong dari Willem II. Hyypia mengabdi di Anfield Stadium selama satu dekade. Dalam kurun waktu tersebut, ia merumput dalam 464 laga dengan menciptakan 35 gol dan 9 assist.

Ia juga berhasil menyumbangkan 1 gelar Liga Champions, 2 gelar Piala FA, 2 gelar English League Cup, 1 gelar Europa League, 4 gelar UEFA Super Cup, dan 3 gelar English Super Cup. Hyypia berpisah dengan Liverpool di musim 2009/10 usai hijrah ke Bayer Leverkusen. Ia kemudian memutuskan gantung sepatu pada Juli 2011.

4. Daniel Agger

5 Bek Tengah Terbaik Liverpool di Era Premier League, Tangguh!thisisanfield.com

Daniel Agger juga menjadi salah satu bek tengah terbaik yang dimiliki Liverpool di era Premier League. Ia bergabung dengan skuad The Reds di pertengahan musim 2005/06 direkrut dari klub Denmark, Brondby IF. Bek keturunan Denmark tersebut menjadi benteng kokoh di lini belakang Liverpool selama delapan setengah musim.

Total Agger merumput dalam 232 laga di semua ajang dengan mengoleksi 14 gol dan 9 assist. Namun, ia hanya mampu memberi 1 gelar English League Cup dan 1 gelar English Super Cup. Meski minim gelar, tetapi kualitasnya tak kalah hebat dari bek sebelumnya. Ia tak lagi membela Liverpool di musim 2014/15 usai kembali ke klub lamanya, Brondby IF. Agger tak lagi aktif berkarier sejak Juli 2016.

5. Joel Matip

5 Bek Tengah Terbaik Liverpool di Era Premier League, Tangguh!thisisanfield.com

Joel Matip menjadi nama terakhir yang dicap sebagai bek tengah terbaik Liverpool di era Premier League. Ia merupakan tandem Virgil van Dijk dalam mengawal lini pertahanan The Reds. Bek asal Kamerun tersebut diboyong dari Schalke pada musim 2016/17. Matip juga memegang peran penting atas kesuksesan Liverpool dalam beberapa musim terakhir.

Bek asal Kamerun tersebut sejauh ini telah tampil dalam 113 laga dengan mengemas 5 gol dan 1 assist. Berbagai gelar bergengsi telah berhasil diraihnya, meliputi 1 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Matip masih memiliki masa bakti di Anfield Stadium hingga Juli 2024.

Di era Premier League, Liverpool telah menyiapkan amunisi dengan memiliki bek-bek tangguh yang bertalenta. Kira-kira, siapa bek tengah selanjutnya yang mampu tampil bersinar bersama Liverpool?

Baca Juga: 8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya