5 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea, Koulibaly Terbaru 

Kalidou Koulibaly baru saja diboyong dari Napoli 

Chelsea menunjukkan keseriusannya pada bursa transfer musim panas 2022. Setelah sebelumnya sukses membajak Raheem Sterling dari Manchester City, sekarang giliran Kalidou Koulibaly yang direkrut dari Napoli.

Hadirnya bek asal Senegal tersebut sebagai penambal lubang yang ditinggalkan oleh Andreas Christensen dan Antonio Rudiger. Untuk bisa menggaet Koulibaly, Chelsea harus mengucurkan dana sebesar Rp574 miliar.

Tentu itu bukanlah harga yang murah. Alhasil, Koulibaly masuk dalam 5 jajaran teratas bek termahal yang pernah diboyong Chelsea. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Ben Chilwell (Rp758 miliar)

5 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea, Koulibaly Terbaru Ben Chilwell (chelseafc.com)

Ben Chilwell menjadi bek termahal yang pernah direkrut Chelsea. Bermain ciamik bersama Leicester City, Chelsea kepincut dan meminangnya pada Agustus 2020. Mahar senilai Rp758 miliar harus dikeluarkan untuk menebus bek kiri asal Inggris tersebut. 

Dari dua musim yang telah dilalui, Chilwell belum menunjukkan kontribusi terbaiknya karena terkendala cedera. Ia telah bermain sebanyak 55 kali di semua ajang dengan torehan 7 gol dan 8 assists. Bek berusia 25 tahun ini masih berkesempatan untuk meningkatkan performanya karena masih ada kontrak hingga Juni 2025.

2. Kalidou Koulibaly (Rp574 miliar)

5 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea, Koulibaly Terbaru Kalidou Koulibaly menjadi pemain baru Chelsea (instagram.com/chelseafc)

Banderol sebesar Rp574 miliar yang dibayarkan Chelsea kepada Napoli membuat nama Kalidou Koulibaly mencuat di urutan kedua. Ia menyalip catatan transfer dua bek tengah top Chelsea sebelumnya, David Luiz dan Antonio Rudiger.

Nilai transfer semahal itu dinilai pas dengan kualitas dari Koulibaly. Bek tengah Senegal berusia 31 tahun ini telah terbukti menjadi benteng tangguh di pertahanan Napoli. Membela Napoli selama delapan musim, ia bermain sebanyak 317 kali dengan torehan 14 gol dan 8 assists.

Koulibaly sendiri di Chelsea akan mengisi pos yang ditinggalkan Antonio Rudiger ataupun Andreas Christensen. Ia menandatangani kontrak hingga Juni 2026.

Baca Juga: 6 Pemain Serie A Ini Gagal Bersinar di Chelsea

3. David Luiz (Rp529 miliar)

5 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea, Koulibaly Terbaru David Luiz (premierleague.com)

David Luiz merupakan bek tengah jempolan asal Brasil. Ia pernah membela Chelsea dalam dua periode berbeda. Pada periode keduanya, ia direkrut Chelsea dengan harga sebesar Rp529 miliar dari Paris Saint-Germain. Transfer tersebut terjadi pada Agustus 2016.

Secara keseluruhan, David Luiz cukup sukses dalam mengawal lini pertahanan The Blues. Ia total bermain dalam 248 laga di semua ajang dengan catatan 18 gol dan 12 assists. Bek berusia 35 tahun ini kemudian dilepas ke Arsenal pada Agustus 2019 dan kini membela Flamengo.

4. Antonio Rudiger (Rp529 miliar)

5 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea, Koulibaly Terbaru Antonio Rudiger di Chelsea (twitter.com/ToniRuediger)

Sama halnya dengan David Luiz, Antonio Rudiger juga pernah direkrut Chelsea dengan harga Rp529 miliar. Ia dibajak dari AS Roma pada Juli 2017. Bek tengah asal Jerman ini termasuk salah satu pembelian sukses yang pernah dilakukan Chelsea.

Rudiger aktif berseragam Chelsea selama lima musim. Ia menjadi benteng kokoh dengan merumput sebanyak 202 kali dan dilengkapi catatan 12 gol dan 7 assists. Bek berusia 29 tahun ini akhirnya berpisah dengan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022 dan merapat ke Real Madrid secara gratis.

5. Juan Cuadrado (Rp468 miliar)

5 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea, Koulibaly Terbaru Juan Cuadrado (twitter.com/Squawka)

Juan Cuadrado juga termasuk salah satu bek mahal yang pernah diboyong Chelsea. Ia digaet Chelsea dari Fiorentina pada Februari 2015 dengan nilai transfer sebesar Rp468 miliar.

Namun, dibandingkan dengan empat bek mahal Chelsea sebelumnya, Cuadrado bisa dicap sebagai pembelian gagal. Pemain berdarah Kolombia ini hanya aktif berseragam Chelsea selama setengah musim dengan hanya turun sebanyak 15 kali.

Cuadrado justru lebih sibuk menjadi pemain pinjaman di Juventus. Akhirnya, bek berusia 34 tahun ini dipermanenkan Juventus pada Juli 2017 dan masih bertahan hingga sekarang.

 

Chelsea tampaknya masih butuh amunisi tambahan untuk mengarungi musim 2022/2023, khususnya di sektor lini pertahanan. Bukan tidak mungkin akan ada bek lainnya setelah Kalidou Koulibaly yang direkrut oleh Chelsea bahkan dengan harga transfer yang lebih mahal.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Dijual Mahal ke Klub Luar Inggris, Jago Bisnis!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya