7 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Nathan Ake Terbaru!

Ake urutan ke berapa?

Manchester City menjadi salah satu tim yang cukup aktif di bursa transfer musim panas kali ini. Setelah belum lama ini mereka berhasil mendatangkan bintang muda Spanyol, Ferran Torres, kini mereka telah berhasil mendapatkan pemain baru lainnya.

Pemain baru yang dimaksud adalah Nathan Ake, bek tengah asal Belanda yang diboyong dari Bournemouth dengan banderol mahal sebesar 45,30 juta euro. City memang kerap membeli pemain khususnya bek dengan banderol tinggi. Termasuk Ake, berikut 7 bek termahal yang pernah dibeli Manchester City.

1. Joao Cancelo - 65 juta euro

7 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Nathan Ake Terbaru!premierleague.com

Joao Cancelo yang direkrut dari Juventus di musim 2019/2020 menjadi pembelian bek termahal dalam sejarah Manchester City. Pemain berposisi bek kanan tersebut dibanderol 65 juta euro. Pastinya harga setinggi itu sesuai dengan kualitas yang dimiliki Cancelo.

Di musim debutnya, performa Cancelo tak begitu memuaskan. Hal itu terjadi karena kurangnya menit bermain yang diberikan kepada bek berdarah Portugal tersebut. Cancelo hanya tampil dalam 17 laga di Premier League. Meski demikian, ia masih memiliki kesempatan untuk unjuk gigi karena masih terikat kontrak hingga Juni 2025.

2. Aymeric Laporte - 65 juta euro

7 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Nathan Ake Terbaru!goal.com

Nama Aymeric Laporte bersanding dengan Joao Cancelo. Bek tengah asal Prancis tersebut diboyong The Citizens juga dengan mahar 65 juta euro dari Athletic Bilbao di musim 2017/2018. Lagi-lagi faktor kualitas membuat City harus membayar mahal.

Sejak awal kedatangannya, Laporte langsung menjadi andalan di lini belakang Manchester City. Ia juga telah membantu City meraih 2 gelar Premier League, 1 gelar Piala FA, 2 gelar English League Cup, dan 1 gelar English Super Cup. Laporte masih memiliki sisa kontrak hingga Juni 2025.

3. Benjamin Mendy - 57,50 juta euro

7 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Nathan Ake Terbaru!bt.com

Rekan senegara Laporte, yakni Benjamin Mendy juga diboyong Manchester City dengan banderol yang tak murah. City harus menggelontorkan dana sebesar 57,50 juta euro kepada AS Monaco di musim 2017/2018 untuk bisa mendapatkan jasa Mendy.

Mendy juga cukup diandalkan Pep Guardiola sebagai bek kiri. Ia berandil besar terhadap kesuksesan The Citizens meraih 2 gelar Premier League, 1 gelar Piala FA, 2 gelar English League Cup, dan 1 gelar English Super Cup. Mendy masih terikat kontrak hingga Juni 2023.

Baca Juga: Letih dengan Cedera Benjamin Mendy, Manchester City Incar Bek Kiri Ini

4. John Stones - 55,60 juta euro

7 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Nathan Ake Terbaru!goal.com

John Stones merupakan bek tengah kelahiran Inggris. Ia didatangkan Manchester City dari Everton dengan biaya transfer 55,60 juta euro di musim 2016/2017. Stones menjadi tembok kokoh di jantung pertahanan City berduet dengan Laporte.

Namun, badai cedera yang menerpa John Stones membuat performanya terganggu. Meski demikian, ia telah berhasil mengantar City menjunjung 2 gelar Premier League, 1 gelar Piala FA, 3 gelar English League Cup, dan 2 gelar English Super Cup. Kontraknya sendiri baru akan berakhir pada Juni 2022.

5. Kyle Walker - 52,70 juta euro

7 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Nathan Ake Terbaru!fourfourtwo.com

Kyle Walker menjadi sosok vital di skuad Manchester City saat ini. Ia dibeli dari Tottenham Hotspur di musim 2017/2018 dengan harga 52,70 juta euro. Pemain berposisi dominan bek kanan tersebut tangguh dalam bertahan dan rajin membantu serangan.

Walker juga dianugerahi kemampuan berlari yang begitu cepat. Hal itu memudahkannya dalam bertransisi bertahan ke menyerang dan sebaliknya. Bersama City, Walker telah meraih 2 gelar Premier League, 1 gelar Piala FA, 3 gelar English League Cup, dan 2 gelar English Super Cup. Ia masih memiliki kontrak hingga Juni 2024.

6. Nathan Ake - 45,30 juta euro

7 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Nathan Ake Terbaru!twitter.com/NathanAke

Bek teranyar Manchester City, siapa lagi kalau bukan Nathan Ake hanya menempati urutan ke-6. Biaya transfer 45,30 juta euro yang harus dibayarkan kepada Bournemouth ternyata masih kalah mahal dari bek-bek sebelumnya. Namun, soal kualitas Ake tak kalah apik dari mereka.

Nathan Ake merupakan bek tengah keturunan Belanda. Ia diikat kontrak oleh The Citizens hingga Juni 2025. Dengan bergabungnya Ake, Manchester City akan semakin siap mengarungi musim depan. Kiprah Ake sendiri juga patut kita nantikan.

7. Eliaquim Mangala - 45 juta euro

7 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Nathan Ake Terbaru!standard.co.uk

Eliaquim Mangala juga masuk dalam deretan bek termahal yang pernah dibeli Manchester City. Ia diboyong dari FC Porto di musim 2014/2015 dengan banderol 45 juta euro. Namun, kiprah bek tengah asal Prancis tersebut tak cukup mengesankan.

Mangala hanya aktif membela City selama tiga setengah musim. Ia kerap dipinjamkan ke tim lain, yakni Valencia dan Everton. Bersama City, Mangala hanya merasakan 1 gelar Premier League dan 2 gelar English League Cup. Akhirnya, ia berpisah dengan City di musim 2019/2020 usai hijrah ke Valencia dengan status bebas transfer.

Itulah 7 bek termahal yang pernah dibeli Manchester City. Akankah ada bek lain yang mampu memecahkan rekor di atas?

Baca Juga: Jarang Dimainkan, Eliaquim Mangala Perpanjang Kontrak di Man City

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya