Comscore Tracker

6 Bek Tersubur dalam Sejarah Premier League, John Terry Memimpin!

Didominasi bek asli Inggris, nih!

Tugas utama seorang bek tentunya menjaga pertahanan tim dari gempuran lawan. Kokoh, energik, dan berani berduel merupakan modal utama untuk menjadi bek yang hebat. Namun, selain itu juga terdapat beberapa bek yang memiliki jiwa striker. Tak hanya tangguh dalam bertahan tetapi juga garang saat menyerang. 

Di kompetisi sekelas Premier League, pandangan football lovers tentunya tertuju pada sosok Virgil van Dijk. Bek andalan Liverpool tersebut dikenal sebagai salah satu bek terbaik saat ini yang rajin mencetak gol. Meski demikian, van Dijk belum termasuk dalam jajaran bek dengan koleksi gol terbanyak di Premier League. Lalu, siapa sajakah bek tersubur dalam sejarah Premier League?

1. John Terry - 41 gol

6 Bek Tersubur dalam Sejarah Premier League, John Terry Memimpin!skysports.com

John Terry merupakan salah satu bek tengah terbaik yang pernah ada dalam sejarah Premier League. Tak hanya tangguh dalam bertahan, ia juga garang dalam menyerang. Hal itu dibuktikannya dengan mampu mencetak 41 gol dari 492 laga bersama Chelsea yang menobatkannya sebagai bek tersubur di Premier League. 

Terry memulai kariernya di Premier League bersama Chelsea pada musim 1999/2000. Ia kemudian menjelma menjadi bek tangguh yang begitu loyal dengan The Blues. Bek asal Inggris tersebut mengabdi di Stamford Bridge selama 18 musim. Di penghujung kariernya, Terry sempat membela Aston Villa sebelum akhirnya pensiun pada Oktober 2018. 

2. David Unsworth - 38 gol

6 Bek Tersubur dalam Sejarah Premier League, John Terry Memimpin!liverpoolecho.co.uk

David Unsworth juga merupakan bek yang cukup berpengalaman di Premier League. Sepanjang kariernya, ia pernah membela lima klub Premier League, yakni Everton, West Ham United, Portsmouth, Wigan Athletic, dan Sheffield United. Bek kiri asal Inggris tersebut mengawali karier di musim 1992/93 bersama Everton. 

Meski berposisi sebagai bek, tetapi Unsworth tak mau kalah dengan para striker dalam urusan mencetak gol. Ia sukses mencetak 38 gol dari 364 laga yang dilakoninya di Premier League. Torehan gol terbanyak dicatatkannya bersama Everton. Unsworth memutuskan gantung sepatu pada April 2009. 

3. Leighton Baines - 32 gol 

6 Bek Tersubur dalam Sejarah Premier League, John Terry Memimpin!skysports.com

Bek tersubur ketiga di Premier League adalah Leighton Baines. Ia mampu menorehkan 38 gol dari 420 laga bersama Everton dan Wigan Athletic. Baines mengawali kiprahnya di pentas Premier League bersama Wigan Athletic di musim 2002/03. Lima musim berselang ia hengkang ke Everton. 

Bek berdarah Inggris tersebut benar-benar menemukan performa terbaiknya bersama The Toffees. Ia juga mengabdi dalam waktu yang begitu lama di Goodison Park, yakni selama 13 musim. Baines kemudian memutuskan menepi dari lapangan hijau pada Juli 2020 lalu. 

Baca Juga: Pelajaran Berharga dari Bek-bek Liga Inggris untuk Timo Werner

4. Ian Harte - 28 gol

6 Bek Tersubur dalam Sejarah Premier League, John Terry Memimpin!dailymail.co.uk

Ian Harte juga merupakan pemain berposisi bek kiri. Ia menjadi bek tersubur keempat di Premier League dengan catatan 28 gol dari 238 laga bersama Leeds United, Sunderland, dan Reading. Gol terbanyak ditorehkannya bersama Leeds. Bek asal Irlandia tersebut meniti karier di Premier League bersama Leeds di musim 1995/96.

Sempat membela Levante, ia kemudian hijrah ke Sunderland di musim 2007/08. Namun, Harte hanya bertahan satu musim bersama The Black Cats. Ia kemudian membela dua klub kasta bawah Inggris sebelum akhirnya memperkuat Reading di musim 2010/11. Ian Harte memutuskan pensiun pada Agustus 2015. 

5. Gary Cahill - 27 gol 375

6 Bek Tersubur dalam Sejarah Premier League, John Terry Memimpin!90min.com

Gary Cahill melengkapi lima besar sebagai bek tersubur di Premier League. Ia sukses menciptakan 27 gol dari 375 laga bersama Chelsea, Aston Villa, Bolton Wanderers, dan Crystal Palace. Tentu saja gol terbanyak diciptakannya bersama klub terlama yang dibelanya, yakni Chelsea.  

Bek berkebangsaan Inggris tersebut mengawali karier bersama Aston Villa di musim 2004/05. Tiga setengah musim berselang, ia hijrah ke Bolton Wanderers. Barulah di musim 2011/12, Cahill merapat di skuad Chelsea. Bersama The Blues, ia mengabdi selama tujuh setengah musim. Cahill sempat berduet dengan John Terry. Ia lalu berpisah dengan Chelsea di musim 2019/20 usai hengkang ke Crystal Palace. 

Garang banget ya pemain belakang di daftar ini? Kemampuannya dalam mencetak gol juga diimbangi dengan jumlah clean sheet mereka ya tentunya. Solid di belakang dan depan bagi tim selalu jadi pemain yang diandalkan. Gak heran bek-bek ini pun disematkan ban kapten atau wakil. Akan adakah bek yang cetak rekor baru untuk saingi John Terry?

Baca Juga: 5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah LaLiga, Moncer!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya