5 Catatan Menarik Usai Liverpool Bungkam AC Milan di Matchday 1 UCL

Liverpool berhasil comeback!

Duel panas terjadi di matchday pertama grup B UEFA Champions League (UCL) musim 2021/2022 saat Liverpool bertemu AC Milan. Laga ini digelar di markas Liverpool, Anfield, pada hari Kamis (16/09/2021) dini hari WIB. The Reds berhasil memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah untuk meraih kemenangan.

Sempat tertinggal 2-1 di babak pertama, Liverpool berhasil comeback dengan menorehkan dua gol di babak kedua yang membuat laga berakhir 3-2. Gol kemenangan Liverpool diciptakan oleh Mohamed Salah, Jordan Henderson, dan gol bunuh diri, Fikayo Tomori. Sementara itu, dua gol AC Milan dicetak oleh Ante Rebic dan Brahim Diaz.

Kemenangan tipis Liverpool atas AC Milan di laga ini juga menghadirkan sejumlah catatan menarik. Berikut lima catatan menarik yang dimaksud.

1. Mohamed Salah cetak capaian apik dan buruk

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Bungkam AC Milan di Matchday 1 UCLpotret Mohamed Salah (twitter.com/LFC)

Mohamed Salah menjadi salah satu bintang kemenangan Liverpool di laga ini. Ia sukses mencetak satu gol di menit ke-48. Dengan gol tersebut, Salah menyamai torehan Steven Gerrard, sebagai pencetak gol terbanyak Liverpool di Anfield dalam gelaran Liga Champions, yakni sebanyak 14 gol.

Selain rekor apik, Salah juga menuai catatan buruk setelah bola hasil sepakan penaltinya pada menit ke-14 berhasil ditepis kiper AC Milan, Mike Maignan. Itu menjadi kali kedua Salah gagal mengonversi penalti dari 19 percobaan bersama Liverpool. Sebelumnya, ia juga gagal saat The Reds menjamu Huddersfield pada Oktober 2017.

2. Brahim Diaz catatkan rekor baru

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Bungkam AC Milan di Matchday 1 UCLpotret Brahim Diaz (twitter.com/acmilan)

Laga ini menjadi laga debut Brahim Diaz di Liga Champions bersama AC Milan. Ia tampil apik dengan menyumbang satu gol di menit ke-44 yang sempat membawa Rossoneri unggul 2-1 di babak pertama. 

Ketika mencetak gol, Diaz berumur 22 tahun 43 hari. Dengan usia tersebut, ia dinobatkan sebagai pemain termuda kedua AC Milan yang mencetak gol di laga debut Liga Champions. Diaz hanya kalah muda dari Yoann Gourcuff (20 tahun 64 hari) yang mencetak gol ke gawang AEK Athens pada September 2006.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berhasil Tampil Gemilang di Pekan Pertama Liga Champions

3. Tuah positif Anfield bagi Jurgen Klopp dan Liverpool

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Bungkam AC Milan di Matchday 1 UCLpotret Jurgen Klopp (twitter.com/LFC)

Tampaknya, Anfield cukup bersahabat dengan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Dengan hasil ini, Klopp sukses mencatatkan kemenangan ke-10 dari 13 laga babak fase grup Liga Champions yang dilalui Liverpool di Anfield.

Tak cukup sampai di situ, Anfield juga memberi tuah positif bagi Liverpool tatkala bermain kandang di matchday pertama. The Reds tercatat berhasil menang 7 kali dalam 8 musim terakhir ketika tampil di Anfield dalam matchday pembuka Liga Champions. 

4. Laga pertama AC Milan di Liga Champions sejak 2014

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Bungkam AC Milan di Matchday 1 UCLpotret pemain AC Milan (twitter.com/acmilan)

Laga kontra Liverpool menjadi momentum kembalinya AC Milan di pentas Liga Champions. Rossoneri terakhir kali berlaga di Liga Champions adalah pada 11 Maret 2014 atau 2745 hari yang lalu menghadapi Atletico Madrid. 

Sayangnya, AC Milan harus menerima kekalahan dari Liverpool. Dengan hasil tersebut, AC Milan mencatatkan kekalahan di matchday pertama babak grup Liga Champions untuk pertama kalinya sejak dikalahkan FC Porto pada September 1996.

5. Liverpool ungguli AC Milan dalam rekor pertemuan

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Bungkam AC Milan di Matchday 1 UCLpotret para pemain Liverpool berselebrasi (twitter.com/LFC)

Dalam sejarah perhelatan Liga Champions, laga Liverpool dan AC Milan selalu menyajikan drama yang menarik. Sebelumnya, mereka pernah bertemu dua kali di partai final pada 25 Mei 2005 dan 23 Mei 2007. Dari dua laga tersebut, Liverpool dan AC Milan sama-sama saling mengalahkan.

Dengan kemenangan ini, Liverpool berhasil ungguli AC Milan dari segi rekor pertemuan, yakni dua kali menang dan sekali kalah. Kendati demikian, The Reds tak boleh lengah karena Rossoneri bisa jadi membalas pada pertemuan kedua nanti.

 

Itulah 5 catatan menarik yang tersaji setelah Liverpool sukses membungkam AC Milan di matchday pertama grup B Liga Champions musim 2021/2022. Kira-kira, mampukah kedua tim meraih hasil positif di laga berikutnya?

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Liverpool Menang, PSG Ditahan Imbang

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya