Comscore Tracker

5 Fakta Usai Chelsea Kalahkan Villarreal di Ajang UEFA Super Cup

Chelsea mengalahkan Villarreal secara dramatis

Chelsea memastikan diri sebagai juara UEFA Super Cup musim 2021/2022. Kepastian itu didapat setelah mereka mampu mengalahkan Villarreal melalui adu penalti. Laga tersebut dihelat di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, 12 Agustus 2021 dini hari WIB.

Di waktu normal, laga berakhir imbang 1-1. Chelsea sempat unggul di menit ke-27 melalui gol yang diciptakan Hakim Ziyech. Villarreal lalu membalas di menit ke-73 melalui kaki Gerard Moreno. Laga pun berlanjut ke babak tambahan hingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti. Chelsea akhirnya memenangi drama adu penalti dengan skor 6-5.

Bagi Chelsea, ini merupakan gelar UEFA Super Cup kedua mereka. Kesuksesan The Blues menumpas The Yellow Submarine juga menyisakan sejumlah fakta menarik. Berikut lima fakta menariknya.

1. Chelsea meraih gelar kedua di UEFA Super Cup

5 Fakta Usai Chelsea Kalahkan Villarreal di Ajang UEFA Super Cuppotret pemain Chelsea saat merayakan kesuksesan mereka menjuarai ajang UEFA Super Cup musim 2021/2022 (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea tercatat sudah lima kali tampil di ajang UEFA Super Cup, yakni pada musim 1998/1999, 2012/2013, 2013/2014, 2019/2020, dan 2021/2022. Dari lima penampilan tersebut, The Blues hanya mampu menyabet gelar sebanyak dua kali, termasuk di musim ini.

Gelar pertama mereka diraih pada musim 1998/1999 saat bertemu Real Madrid. Waktu itu Chelsea yang berstatus juara Europa League mampu mengalahkan El Real dengan skor 1-0 berkat gol Gustavo Poyet. Sementara di tiga penampilan lainnya The Blues harus takluk dari Atletico Madrid, Bayern Munchen, dan Liverpool.

2. Untuk ketiga kalinya pemenang UEFA Super Cup ditentukan melalui adu penalti

5 Fakta Usai Chelsea Kalahkan Villarreal di Ajang UEFA Super Cuppotret pemain Chelsea di ajang UEFA Super Cup musim 2021/2022 (twitter.com/ChelseaFC)

Dalam sejarah, UEFA Super Cup telah memainkan 47 laga. Dari jumlah laga sebanyak itu, hanya tiga laga yang harus berlanjut hingga babak adu penalti. Uniknya, Chelsea menjadi tim yang selalu terlibat dalam tiga adu penalti tersebut. 

Dua laga sebelumnya terjadi pada musim 2013/2014 dan musim 2019/2020. Sayangnya, Chelsea kalah dari Bayern Munchen dan Liverpool. Akhirnya di kesempatan ketiga, The Blues mampu memenangi adu penalti kontra Villarreal di musim ini.

Baca Juga: Aksi Kepa Jadi Supersub Chelsea di Piala Super Spanyol Curi Perhatian

3. Pemenang Liga Champions tampil superior dalam sembilan musim terakhir

5 Fakta Usai Chelsea Kalahkan Villarreal di Ajang UEFA Super Cuppotret Bayern Munchen saat menjuarai ajang UEFA Super Cup musim 2020/2021 (eurosport.com)

UEFA Super Cup merupakan ajang adu gengsi antara pemenang Liga Champions dan Europa League. Jika dilihat sekilas, pemenang Liga Champions tentu lebih diunggulkan karena merupakan raja di kompetisi paling elite Eropa. Hal itu memang benar adanya apabila kita menoleh ke beberapa musim sebelumnya.

Dalam sembilan musim terakhir, tercatat ada delapan tim pemenang Liga Champions yang berhasil keluar sebagai juara UEFA Super Cup. Hanya satu tim kampiun Europa League yang mampu menggondol trofi UEFA Super Cup. Satu-satunya tim yang dimaksud adalah Atletico Madrid. Momen itu terjadi musim 2018/2019 saat Atletico sukses menumpas Real Madrid.

4. Klub asal Inggris dan Spanyol mendominasi di UEFA Super Cup 

5 Fakta Usai Chelsea Kalahkan Villarreal di Ajang UEFA Super Cuppotret Real Madrid saat menjuarai ajang UEFA Super Cup musim 2017/2018 (eurosport.com)

Inggris dan Spanyol menjadi dua negara yang kerap mengirimkan wakil di ajang UEFA Super Cup. Tercatat dua negara tersebut telah memiliki lima klub berbeda yang mampu meraih gelar UEFA Super Cup. Tak ada negara lainnya yang memiliki catatan serupa.

Dari kubu Inggris, kelima klub yang dimaksud adalah Liverpool, Nottingham Forest, Aston Villa, Manchester United, dan Chelsea. Sementara Spanyol memiliki Valencia, Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Atletico Madrid.

Spanyol sebenarnya berpeluang untuk melewati catatan Inggris. Sayangnya, Villarreal harus takluk dari Chelsea. Spanyol pun gagal untuk mempunyai enam tim berbeda yang mampu menjuarai ajang UEFA Super Cup.

5. Pelatih asal Jerman menguasai UEFA Super Cup dalam tiga musim terakhir

5 Fakta Usai Chelsea Kalahkan Villarreal di Ajang UEFA Super CupThomas Tuchel, Hansi Flick, dan Jurgen Klopp (dailymail.co.uk)

Keberhasilan Thomas Tuchel dalam membawa Chelsea meraih gelar UEFA Super Cup musim ini juga menorehkan catatan spesial. Ia mampu mengikuti jejak Jurgen Klopp dan Hansi Flick sebagai pelatih asal Jerman yang mampu meraih trofi UEFA Super Cup.

Uniknya, catatan tersebut digapai dalam tiga musim berturut-turut. Klopp sukses bersama Liverpool di musim 2019/2020 dan Hansi Flick bersama Bayern Munchen musim 2020/2021. Dengan begitu, perlu kita akui memang kehebatan juru taktik dari Jerman.

 

Itulah 5 fakta yang tersaji setelah Chelsea membungkam Villarreal di UEFA Super Cup musim 2021/2022. Kira-kira, mampukah Chelsea mendulang prestasi lainnya di kompetisi berikutnya atau justru Villarreal yang akan berhasil bangkit?

Baca Juga: Thomas Tuchel Turut Komentari Rumor Romelu Lukaku

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya