5 Fakta Tentang Haris Seferovic, Bintang Swiss di Piala Eropa 2020

Salah satu top skor Piala Eropa 2020, nih!

Haris Seferovic menjadi salah satu pemain yang mencuri perhatian dalam pertandingan Swiss menghadapi Prancis di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Ia berhasil mencetak dua gol di laga tersebut dan membawa Timnas Swiss memenangkan laga melalui drama adu penalti serta memastikan diri lolos ke babak perempat final.

Tak banyak yang tahu sosok penyerang berusia 29 tahun ini. Wajar saja mengingat ia tengah berkiprah di Liga Portugal bersama Benfica yang jarang disorot. Namun, sejatinya performanya begitu apik bersama Benfica di musim 2020/2021. Berikut kami sajikan 5 fakta tentang Haris Seferovic yang perlu kalian ketahui.

1. Pemain paling produktif Benfica di musim 2020/2021

5 Fakta Tentang Haris Seferovic, Bintang Swiss di Piala Eropa 2020Haris Seferovic bersama Benfica (portugoal.net)

Haris Seferovic menjadi top skor Benfica di musim 2020/2021 lalu. Ia berhasil mencetak 26 gol dari 48 laga di semua kompetisi. Catatan tersebut lantas membuat Timnas Swiss memanggilnya di Piala Eropa 2020.

Seferovic dijadikan ujung tombak utama di lini depan tim. Keputusan Timnas Swiss untuk mengandalkan Haris Seferovic sangat tepat. Sejauh ini, ia sudah mengoleksi 3 gol dari 4 laga di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Drama Adu Penalti, 5 Hal Menarik Saat Prancis Ditaklukan Swiss

2. Keluarganya bukan berasal dari Swiss

5 Fakta Tentang Haris Seferovic, Bintang Swiss di Piala Eropa 2020Haris Seferovic saat berseragam Timnas Swiss (instagram.com/haris_seferovic_9)

Haris Seferovic merupakan pemain kelahiran Sursee, Swiss, 22 Februari 1992. Meski lahir di Swiss, sebenarnya ia berasal dari keluarga Bosnia Bosnia-Herzegovina. Keluarga Seferovic bermigrasi pada tahun 1980-an.

Jadi, bisa dibilang Seferovic ini merupakan orang Bosnia-Herzegovina murni. Pemain berusia 29 tahun tersebut juga menganut agama Islam. Namun, hatinya sudah bulat memilih Swiss sebagai negara yang dibelanya.

3. Mantan kampiun Piala Dunia U-17 

5 Fakta Tentang Haris Seferovic, Bintang Swiss di Piala Eropa 2020Potret Timnas Swiss U-17 saat menjadi kampiun Piala Dunia U-17 di tahun 2009 (fifa.com)

Haris Seferovic telah memperkuat Timnas Swiss dari berbagai level usia. Salah satu pencapaian terbaiknya adalah ketika membela Timnas Swiss U-17. Ia sukses membawa negaranya menjuarai ajang Piala Dunia U-17 tahun 2009 yang dihelat di Nigeria.

Tak hanya juara, bahkan Seferovic kala itu juga menjadi pemain paling tajam di kompetisi tersebut. Ia berhasil menciptakan 5 gol dan 1 assist dari 6 laga yang dilakoni.

4. Pernah menjadi mimpi buruk Belgia

5 Fakta Tentang Haris Seferovic, Bintang Swiss di Piala Eropa 2020Haris Seferovic saat berseragam Timnas Swiss (straitstimes.com)

Sebelum mencetak dua gol ke gawang Prancis yang turut membuat Les Bleus tersingkir dari Piala Eropa 2020, Haris Seferovic juga pernah menjadi mimpi buruk bagi Belgia. Ia pernah membela Swiss yang bertemu Belgia dalam laga  UEFA Nations League A grup 2 pada 18 November 2018. 

Awalnya, Swiss tertinggal dua gol terlebih dahulu dari Belgia. Seferovic kemudian sukses mencetak dua gol ke gawang Thibaut Courtois yang membantu timnya berbalik unggul 3-2 di babak pertama. Seferovic lalu menambah satu gol di babak kedua yang membuatnya mencetak hattrick. Di akhir laga Swiss menang 5-2.

5. Satu agensi dengan deretan pemain top dunia

5 Fakta Tentang Haris Seferovic, Bintang Swiss di Piala Eropa 2020Pemain Timnas Swiss, Haris Seferovic (twitter.com/EURO2020)

Haris Seferovic saat ini berada di bawah naungan agensi ternama, LIAN Sports Group. Ia memiliki durasi kontrak dengan agensi tersebut hingga tahun 2024. Perlu diketahui, LIAN Sports Group juga menaungi deretan pemain hebat lainnya.

Deretan pemain hebat yang dimaksud adalah Leroy Sane, Federico Chiesa, Kalidou Koulibaly, Miralem Pjanic, dan Luka Jovic. Tak hanya pemain, pelatih sekelas Maurizio Sarri juga berada di bawah naungan agensi ini.

 

Itulah 5 fakta menarik tentang Haris Seferovic, bintang Swiss di Piala Eropa 2020. Mampukah ia menjaga performa apik dan membawa Swiss berjaya di Piala Eropa 2020?

Baca Juga: [BREAKING] Aksi Ajaib Swiss Singkirkan Prancis dari Piala Eropa 2020

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya