6 Fakta Inggris Bekuk Jerman di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Inggris berjaya, Jerman menderita...

Inggris memastikan diri lolos ke babak perempat final Piala Eropa 2020. Kepastian itu didapat setelah mereka mampu mengalahkan tim kuat, Jerman, dengan skor 2-0 di babak 16 besar. Laga panas tersebut dihelat di Wembley Stadium, London, Inggris, pada 30 Juni 2021 dini hari. 

Raheem Sterling dan Harry Kane menjadi bintang kemenangan The Three Lions. Sterling membuka keran gol pada menit ke-75 dan kemudian digenapi gol Harry Kane pada menit ke-86. Kesuksesan Inggris menyingkirkan Jerman juga menyisakan sejumlah fakta menarik. Berikut enam fakta menarik yang dimaksud.

1. Gawang Inggris belum kebobolan di Piala Eropa 2020

6 Fakta Inggris Bekuk Jerman di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Kiper Timnas Inggris, Jordan Pickford (twitter.com/EURO2020)

Inggris berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan saat berjibaku kontra Jerman. Dengan begitu mereka memperpanjang catatan apik dengan tak pernah kemasukan di empat laga awal Piala Eropa 2020.

The Three Lions sukses mengulang catatan ciamik mereka di turnamen besar Piala Dunia 1966. Inggris patut berterima kasih pada Jordan Pickford. Karena ia menjadi sosok penting di balik masih perawannya gawang Inggris sejauh ini.

2. Harry Kane akhirnya mencetak gol

6 Fakta Inggris Bekuk Jerman di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Harry Kane saat melawan Jerman di babak 16 besar Piala Eropa 2020 (twitter.com/EURO2020)

Harry Kane akhirnya mampu membuktikan kualitasnya di Piala Eropa 2020. Setelah mandul dalam tiga laga sebelumnya, ia akhirnya sukses menciptakan satu gol ke gawang Jerman. Bahkan dari gol tersebut, rekor baru pun ditorehkan olehnya.

Harry Kane kini sudah mencetak 30 gol untuk Inggris di bawah kepemimpinan Gareth Southgate. Ia hanya kalah tajam dari Gary Lineker yang mampu mencetak 35 gol di bawah kepelatihan Sir Bobby Robson sebagai pemain tersubur Inggris di bawah satu orang pelatih.

Tak hanya itu, Kane juga sukses menyamai gol Wayne Rooney di turnamen akbar, Piala Eropa dan Piala Dunia, sebanyak 7 gol. Ia hanya kalah dari Gary Lineker (10 gol) dan Alan Shearer (9 gol).

Baca Juga: Inggris ke Perempat Final, Gareth Southgate Sukses Menebus Dosa

3. Tren positif Raheem Sterling berlanjut

6 Fakta Inggris Bekuk Jerman di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Raheem Sterling sukses mencetak gol ke gawang Jerman (twitter.com/EURO2020)

Raheem Sterling benar-benar menjadi jimat Inggris di Piala Eropa 2020. Bagaimana tidak, tiga dari empat gol yang sudah dikemas Inggris berasal darinya. Sterling telah mampu membuktikan kualitasnya sebelum akhirnya Harry Kane juga sukses mencetak gol.

Raheem Sterling juga sukses menyamai catatan Gary Lineker. Di mana ia mampu menciptakan tiga gol pembuka secara berturut-turut bagi Inggris di turnamen besar, Piala Eropa dan Piala Dunia. Gary Lineker sendiri melakukannya pada gelaran Piala Dunia 1986.

4. Thomas Muller samai catatan Mesut Ozil

6 Fakta Inggris Bekuk Jerman di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Thomas Muller bersama Timnas Jerman (twitter.com/EURO2020)

Fakta menarik tak hanya datang dari para pemain Inggris. Bintang Jerman, Thomas Muller, juga menorehkan catatan khusus dalam laga kontra Inggris. Ia kini sudah bermain dalam 26 pertandingan terakhir Jerman di gelaran Piala Eropa dan Piala Dunia.

Dengan begitu, Muller mengikuti jejak yang ditinggalkan Mesut Ozil. Sama halnya dengan Muller, Ozil juga pernah selalu tampil dalam 26 pertandingan bersama Jerman di Piala Eropa dan Piala Dunia. Ia melakukannya dalam kurun waktu 2010 hingga 2018.

5. Pertemuan ketiga Inggris dan Jerman di Piala Eropa

6 Fakta Inggris Bekuk Jerman di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Potret skuad Timnas Inggris dan Jerman (twitter.com/EURO2020)

Bagi kedua tim sendiri, pertemuan ini merupakan yang ketiga kalinya dalam sejarah Piala Eropa. Pertama kali mereka bertemu adalah pada semifinal Piala Eropa 1996. Kala itu, Jerman berhasil menang melalui drama adu penalti (6-5) setelah bermain imbang 1-1.

Pertemuan kedua terjadi pada Piala Eropa 2000. Waktu itu, mereka bertarung dalam babak grup. Inggris sukses membalas kekalahan di pertemuan pertama mereka dengan skor 1-0. Dengan kemenangan yang diraih di Piala Eropa 2020, saat ini Inggris unggul atas Jerman dari segi rekor pertemuan di Piala Eropa.

6. Statistik Inggris ketika bermain di Wembley Stadium

6 Fakta Inggris Bekuk Jerman di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Wembley Stadium, London, Inggris (twitter.com/EURO2020)

Perlu diketahui, pertandingan ini merupakan pertandingan ke-300 bagi Inggris di Wembley Stadium dalam berbagai ajang. Mereka sukses menorehkan 188 kemenangan, 73 imbang, dan 39 kekalahan. 

Khusus di ajang besar (Piala Eropa dan Piala Dunia), Inggris sudah bermain sebanyak 15 kali di Wembley Stadium. Hasilnya luar biasa, dimana Inggris berhasil menang 10 kali dan imbang 5 kali.

Satu catatan lagi, Inggris dan Jerman sudah bertemu sebanyak 13 kali di Wembley Stadium di semua gelaran. Dalam lima pertemuan awal Inggris menang 4 kali dan kalah satu kali. The Three Lions lalu tak pernah menang dalam 7 pertemuan terakhir sebelum akhirnya menang di pertemuan kali ini.

Itulah berbagai fakta menarik usai Inggris singkirkan Jerman di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Kira-kira seberapa jauh Inggris akan melangkah di Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 5 Pemain asal Inggris yang Kariernya Bersinar di Luar Inggris

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya