5 Fakta Setelah Italia Bungkam Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020

Italia berhak melaju ke final Piala Eropa 2020

Italia memastikan satu tempat di babak final Piala Eropa 2020. Kepastian itu didapat setelah mereka mampu membungkam Spanyol melalui adu penalti di babak semifinal. Laga panas tersebut dihelat di Wembley Stadium, London, Inggris, 7 Juli 2021 dini hari WIB.

Di waktu normal, pertandingan berakhir imbang 1-1. Italia sempat unggul di menit ke-60 melalui gol yang diciptakan Federico Chiesa. Spanyol lalu membalas di menit ke-80 melalui kaki Alvaro Morata. Laga pun berlanjut ke babak tambahan hingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti. Italia akhirnya memenangi drama adu penalti dengan skor 4-2.

Laga Italia kontra Spanyol yang berjalan dramatis tersebut juga menyisakan sejumlah fakta yang menarik untuk disimak. Berikut kami sajikan 5 fakta menarik yang dimaksud.

1. Duo bek tengah Italia cetak catatan baru

5 Fakta Setelah Italia Bungkam Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci (twitter.com/marcoghiotto)

Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini merupakan dua bek tengah andalan Italia di Piala Eropa 2020. Dalam laga ini, mereka berhasil tampil solid sehingga berhasil membawa Italia lolos ke final. Tak cukup sampai di situ, mereka juga menorehkan catatan baru.

Bagi Bonucci, laga kontra Spanyol merupakan penampilannya yang ke-17 bersama Timnas Italia di Piala Eropa. Ia menyamai catatan Gianluigi Buffon sebagai pemain Italia yang paling sering tampil di Piala Eropa.

Sementara itu, Giorgio Chiellini sudah mengoleksi 16 penampilan bersama Italia di Piala Eropa. Dalam laga ini, ia juga dinobatkan sebagai pemain pertama yang memainkan lima laga dengan lawan yang sama (Spanyol) dalam sejarah Piala Eropa.

2. Jordi Alba dan Alvaro Morata juga mengukir rekor anyar

5 Fakta Setelah Italia Bungkam Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020Alvaro Morata dan Jordi Alba (theguardian.com)

Meski gagal membawa Spanyol ke babak final, Jordi Alba dan Alvaro Morata berhasil mengukir rekor baru di laga ini. Alba kini sudah tampil dalam 16 laga di Piala Eropa. Ia mampu menyamai catatan Andres Iniesta dan Cesc Fabregas sebagai pemegang penampilan terbanyak Timnas Spanyol di Piala Eropa.

Alvaro Morata yang berhasil mencetak satu gol di laga ini juga memiliki catatan khusus. Dengan satu golnya tersebut, saat ini ia sudah membukukan 6 gol di Piala Eropa. Ia mengkudeta posisi Fernando Torres yang menorehkan 5 gol sebagai pemain Spanyol paling tajam di ajang ini. Tiga dari enam gol Morata tercipta di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Morata yang Menyedihkan dan Perpanjang Kutukan Spanyol

3. Italia lolos ke final untuk ke-10 kalinya di turnamen besar

5 Fakta Setelah Italia Bungkam Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020Potret pemain Italia saat berselebrasi (twitter.com/EURO2020)

Italia mampu memenangi duel sengit kontra Spanyol yang membawa Gli Azzuri tampil di final Piala Eropa 2020. Itu akan menjadi penampilan final yang ke-10 bagi Italia di final turnamen besar, yakni Piala Eropa dan Piala Dunia.

Hanya Jerman yang memiliki jumlah penampilan final lebih banyak dari Italia, yakni 14 laga final. Dari 9 final sebelumnya, Italia berhasil keluar sebagai juara sebanyak 5 kali dengan rincian 4 kali di Piala Dunia dan 1 kali di Piala Eropa.

4. Untuk pertama kalinya Spanyol kalah di semifinal turnamen akbar

5 Fakta Setelah Italia Bungkam Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020Spanyol takluk dari Italia di semifinal Piala Eropa 2020 (twitter.com/SeFutbol)

Bagi Spanyol, kekalahan ini tentu terasa begitu menyakitkan. Terlebih lagi ini merupakan kekalahan pertama mereka di babak semifinal turnamen akbar. Dalam sejarah, La Furia Roja sudah pernah tampil di babak semifinal sebanyak 6 kali, 5 kali di Piala Eropa dan 1 kali di Piala Dunia.

Dari lima laga semifinal sebelum Piala Eropa 2020, Spanyol selalu keluar sebagai pemenang dan empat di antaranya berujung juara. Spanyol hanya gagal juara pada Piala Eropa 1984. Meksi demikian, status mereka sebagai tim dengan gelar Piala Eropa terbanyak belum terkudeta.

5. Italia tak ketergantungan pada satu pemain dalam mencetak gol di Piala Eropa 2020

5 Fakta Setelah Italia Bungkam Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020Federico Chiesa dalam laga kontra Spanyol (twitter.com/EURO2020)

Federico Chiesa menjadi pencetak gol bagi Italia di laga ini. Itu merupakan torehan gol keduanya di Piala Eropa 2020. Tak hanya menjadi Star of the Match, Chiesa juga menyamai jumlah gol Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, Manuel Locatelli, dan Matteo Pessina. 

Dengan banyaknya pencetak gol Italia di Piala Eropa 2020, Italia tak ketergantungan kepada satu pemain dalam mencetak gol. Mereka pun menyamai catatan Prancis di Piala Eropa 2000 yang memiliki lima pemain berbeda dengan torehan dua gol atau lebih.

 

Kini Italia tinggal satu langkah lagi untuk bisa merengkuh gelar Piala Eropa 2020. Di partai puncak, Gli Azzuri menunggu pemenang antara Inggris dan Denmark. Mampukah Italia menjuarai Piala Eropa 2020?

Baca Juga: [BREAKING] Bungkam Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia ke Final! 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya