Comscore Tracker

5 Fakta Usai Prancis Imbangi Portugal di Grup F Piala Eropa 2020

Prancis dan Portugal lolos ke babak selanjutnya

Matchday terakhir grup F Piala Eropa 2020 mempertemukan dua tim kuat, Prancis dan Portugal. Laga tersebut digelar di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, pada 24 Juni 2021 dini hari. Sama-sama memiliki skuad solid dan berambisi meraih kemenangan, kedua tim tampil ngotot sepanjang laga.

Namun, laga harus berakhir tanpa pemenang dengan skor 2-2. Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo menjadi dua sosok yang mencuri perhatian di laga tersebut. Benzema mampu mencetak dua gol untuk Prancis dan Ronaldo sukses menyumbang dua gol untuk Portugal.

Berbagai fakta unik dan menarik juga mewarnai duel Les Bleus melawan Selecao das Quinas. Apa saja fakta menarik yang dimaksud? Berikut ulasannya!

1. Pertama kali Prancis dan Portugal bertemu di fase grup

5 Fakta Usai Prancis Imbangi Portugal di Grup F Piala Eropa 2020Prancis berhadapan dengan Portugal di grup F Piala Eropa 2020 (twitter.com/EURO2020)

Laga Prancis dan Portugal dini hari tadi menyuguhkan atmosfer yang tak biasa. Pada gelaran akbar sebelumnya, termasuk Piala Dunia, kedua tim tak pernah bertemu di fase grup. Prancis dan Portugal hanya pernah berjumpa di babak semifinal atau final.

Pertemuan sebelumnya mereka adalah pada semifinal Piala Eropa 1984, Piala Eropa 2000, semifinal Piala Dunia 2006, serta final Piala Eropa 2016. Dari empat laga tersebut, Prancis menang tiga kali dan Portugal hanya sekali menang.

2. Tiga dari empat gol yang terjadi berasal dari titik putih

5 Fakta Usai Prancis Imbangi Portugal di Grup F Piala Eropa 2020Karim Benzema saat mengeksekusi penalti ke gawang Portugal (twitter.com/EURO2020)

Empat gol menghiasi jalannya laga Prancis melawan Portugal dini hari tadi. Uniknya, tiga gol di antaranya tercipta melalui sepakan penalti.

Parade penalti tersebut diawali oleh Cristiano Ronaldo di menit ke-30. Karim Benzema kemudian membalas di menit ke-45+2. Tak puas dengan satu penalti, Ronaldo lalu menggenapi gol keduanya dari titik putih di menit ke-60.

Dengan begitu, laga Prancis kontra Portugal menjadi pertandingan pertama dalam sejarah Piala Eropa yang menghadirkan tiga gol dari titik putih. 

Baca Juga: Pertemuan Rahasia Jadi Kunci Pulihnya Status Hitam Benzema

3. Karim Benzema membuktikan kualitasnya

5 Fakta Usai Prancis Imbangi Portugal di Grup F Piala Eropa 2020Karim Benzema dalam laga kontra Portugal di Piala Eropa 2020 (twitter.com/EURO2020)

Karim Benzema akhirnya mampu menunjukkan jati dirinya. Ia sukses memborong dua gol ke gawang Portugal yang seolah menegaskan bahwa dirinya benar-benar layak kembali berseragam Timnas Prancis. Berkat golnya, ia juga menorehkan rekor tersendiri.

Benzema kini menjadi pemain paling tua (33 tahun dan 186 hari) yang mampu mencetak gol di ajang besar, Piala Eropa dan Piala Dunia, untuk Timnas Prancis. Ia sukses melewati catatan Zinedine Zidane yang mampu mencetak gol ke gawang Inggris di Piala Eropa 2004 saat menginjak usia 31 tahun dan 356 hari.

4. Cristiano Ronaldo ukir rekor baru

5 Fakta Usai Prancis Imbangi Portugal di Grup F Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal (twitter.com/EURO2020)

Dua gol yang ditorehkan Cristiano Ronaldo juga sukses menciptakan catatan khusus. CR7 kini sudah mengoleksi 109 gol bersama Timnas Portugal. Ia mampu menyamai jumlah gol pemain Iran, Ali Daei, sebagai pencetak gol terbanyak di level timnas. Ronaldo hanya butuh satu gol lagi untuk bisa memecahkan rekor Ali Daei.

Tak hanya itu, Ronaldo juga menciptakan rekor lainnya. Dengan tambahan dua golnya, CR7 kini sudah menciptakan 21 gol di ajang Piala Dunia dan Piala Eropa. Ia melewati catatan Miroslav Klose yang mampu menorehkan gol di Piala Dunia dan Piala Eropa sebanyak 19 gol.

5. Tren apik Didier Deschamps dalam melalui babak grup

5 Fakta Usai Prancis Imbangi Portugal di Grup F Piala Eropa 2020Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps (twitter.com/Football__Tweet)

Dengan hasil imbang kontra Portugal, Prancis sukses memuncaki klasemen akhir grup F Piala Eropa 2020 dengan koleksi lima poin. Catatan ini memperpanjang rekor apik Les Bleus di bawah kepemimpinan Didier Deschamps.

Deschamps telah melewati turnamen besar Piala Dunia 2014, Piala Eropa 2016, Piala Dunia 2018, dan Piala Eropa 2020 dengan membawa Prancis finish sebagai juara grup. Prancis menjadi satu-satunya tim yang mampu mencapai catatan tersebut.

 

Itulah lima fakta menarik yang tersaji dalam laga Prancis vs Portugal di grup F Piala Eropa 2020. Prancis dipastikan lolos ke babak 16 besar sebagai jawara grup F, sedangkan Portugal lolos dengan status salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Baca Juga: [BREAKING] Super Seru, Hujan Gol Warnai Portugal Vs Prancis

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya