5 Fakta usai Tottenham Takluk dari Crystal Palace di Pekan ke-4 EPL

Tottenham tak berdaya setelah bermain dengan 10 pemain

Tottenham Hotspur berjumpa Crystal Palace di pekan ke-4 English Premier League (EPL) musim 2021/2022. Pertandingan tersebut dihelat di kandang Palace, Selhurst Park Stadium, Inggris, pada Sabtu malam WIB (11/09/2021).

Secara mengejutkan, Spurs takluk dari Crystal Palace dengan skor 3-0 akibat gol dari Wilfried Saha dan Odsonne Edouard (2 gol). Kekalahan telak Spurs dari Crystal Palace juga diiringi sejumlah fakta menarik. Berikut sejumlah fakta menarik yang dimaksud.

1. Debut manis Odsonne Edouard

5 Fakta usai Tottenham Takluk dari Crystal Palace di Pekan ke-4 EPLpotret Odsonne Edouard (twitter.com/Oedouard22)

Baru saja didatangkan dari Celtic, Odsonne Edouard melakoni debut bersama Crystal Palace di laga ini. Hebatnya, ia langsung tampil nyetel walaupun hanya bermain beberapa menit. Edouard mencetak dua gol setelah masuk di menit ke-84 menggantikan Christian Benteke.

Striker asal Prancis tersebut pun dicap sebagai pemain pertama yang mencetak dua gol pada laga debutnya di Premier League sebagai pemain pengganti sejak Sergio Aguero untuk Manchester City pada Agustus 2011. Selain itu, gol pertama Edouard dicetak hanya berselang 28 detik setelah dirinya bermain.

Itu merupakan gol tercepat yang dicetak oleh pemain debutan di Premier League. Edouard melampaui catatan Thievy Bifouma yang mencetak gol di laga debutnya untuk West Bromwich Albion pada detik ke-36 setelah dirinya bermain. Momen tersebut terjadi pada Februari 2014.

2. Kartu merah Japhet Tanganga mengacaukan permainan Tottenham Hotspur

5 Fakta usai Tottenham Takluk dari Crystal Palace di Pekan ke-4 EPLpotret Japhet Tanganga dan Wilfried Zaha (cartilagefreecaptain.sbnation.com)

Tottenham Hotspur harus bermain dengan sepuluh pemain setelah bek tengah mereka, Japhet Tanganga, mendapat kartu merah di menit ke-58. Keluarnya Tanganga membuat permainan Spurs tak dapat berkembang. The Lilywhites lebih sering tertekan hingga akhirnya kebobolan tiga gol di menit 76, 84, dan 90+3.

Barisan penyerang Spurs di laga ini tak bisa berbuat banyak. Absennya Son Heung Min mungkin menjadi salah satu faktor buntunya lini serang Spurs. Harry Kane yang bermain penuh di sepanjang laga juga gagal mencetak gol. Bahkan, Kane tak mampu melakukan sentuhan dan tembakan di area kotak penalti lawan. Itu menjadi catatan pertama dalam karier Kane di Premier League.

Baca Juga: Transfer Konyol Barcelona dan Tottenham Hotspur

3. Kemenangan pertama Crystal Palace dan kekalahan pertama Tottenham Hotspur

5 Fakta usai Tottenham Takluk dari Crystal Palace di Pekan ke-4 EPLpotret para pemain Crystal Palace (twitter.com/Oedouard22)

Bagi Crystal Palace, ini merupakan kemenangan pertama di Premier League musim 2021/2022. Dari tiga laga sebelumnya, mereka hanya bisa meraih dua hasil imbang dan menelan satu kekalahan. The Eagles sementara bercokol di posisi ke-11 dengan torehan 5 poin.

Di sisi lain, rekor apik Tottenham Hotspur harus terputus. Mereka akhirnya harus kalah setelah selalu menang di tiga laga Premier League sebelumnya. Spurs pun sementara tertahan di urutan ke-5 dengan catatan 9 poin.

4. Crystal Palace selalu bertemu tim asal London hingga pekan ke-4

5 Fakta usai Tottenham Takluk dari Crystal Palace di Pekan ke-4 EPLpotret laga Crystal Palace melawan Tottenham Hotspur (twitter.com/CPFC)

Catatan cukup unik ditorehkan Crystal Palace di Premier League musim ini. Mereka selalu berjumpa sesama tim asal London hingga pekan ke-4, yakni Chelsea, Brentford, West Ham United, dan Tottenham Hotspur. The Eagles menjadi tim pertama yang menciptakan catatan tersebut. 

Tak hanya itu, Crystal Palace kini sudah tiga kali menang dengan skor 3-0 yang merupakan kemenangan dengan skor terbesar di Derby London. Dua kemenangan sebelumnya terjadi pada Januari 2005 juga melawan Tottenham Hotspur dan pada April 2017 menghadapi Arsenal.

5. Tottenham Hotspur tak bisa menang di kandang Crystal Palace dalam empat laga terakhir

5 Fakta usai Tottenham Takluk dari Crystal Palace di Pekan ke-4 EPLpotret laga Crystal Palace melawan Tottenham Hotspur di Selhurst Park Stadium (twitter.com/CPFC)

Selain menorehkan kekalahan pertama di Premier League musim ini, Tottenham Hotspur juga belum bisa memutus tren buruk kala bermain di kandang Crystal Palace, Selhurst Park Stadium.

Dari empat laga terakhir di semua kompetisi, Spurs hanya bisa mengemas 2 hasil imbang dan 2 kekalahan. Kemenangan terakhir Spurs di kandang Palace terjadi pada 10 November 2018 dalam laga pekan ke-12 Premier League musim 2018/2019.

 

Itulah 5 fakta menarik yang terangkum setelah Tottenham Hotspur dipermalukan Crystal Palace dalam duel di pekan ke-4 English Premier League musim 2021/2022. Kira-kira, siapa yang bakal meraih hasil positif di pekan selanjutnya?

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Tottenham Hotspur yang Masih Main di Premier League

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya