Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Tottenham Hotspur

Dari Harry Kane hingga Son Heung-min

Tottenham Hotspur merupakan satu di antara tim the big six di Premier League. Mereka kerap meramaikan panasnya persaingan di Premier League dalam setiap musimnya. Sayangnya, klub berjuluk The Lilywhites tersebut tak mampu meraih gelar juara sejak era Premier League.

Meski demikian, Spurs tetap konsisten menghasilkan pemain-pemain top dari era ke era. Khusus di posisi lini depan, tercatat mereka pernah memiliki segudang striker tajam. Dari banyaknya penyerang yang pernah memperkuat Spurs, siapa sajakah yang berhasil menorehkan gol terbanyak?

1. Harry Kane - 198 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Tottenham Hotspurpremierleague.com

Harry Kane adalah top skor sepanjang masa Tottenham Hotspur. Striker asal Inggris tersebut berhasil menyarangkan 198 gol dari 297 laga di semua kompetisi. Ia merupakan salah satu produk lulusan akademi Spurs. Kane mulai memperkuat tim senior pada musim 2010/11. 

Namun, di awal-awal kariernya, ia sempat dipinjamkan ke Leyton Orient, Milwall, Norwich, dan Leicester City. Kane baru diandalkan sebagai striker utama Spurs di musim 2012/13 hingga saat ini. Sayangnya, belum ada gelar yang bisa ditorehkannya untuk The Lilywhites. Pemain berusia 27 tahun tersebut diikat kontrak hingga Juni 2024.

2. Jermain Defoe - 143 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Tottenham Hotspurstandard.co.uk

Jermain Defoe juga menjadi sosok striker tajam yang pernah memperkuat Tottenham Hotspur. Ia pernah berjubah The Lilywhites selama lima musim. Pemain keturunan Inggris tersebut diboyong Spurs dari Portsmouth di musim 2008/09. 

Tercatat, ia sukses menciptakan 143 gol dari 362 laga di semua ajang. Namun, ia hanya mampu mempersembahkan 1 gelar English League Cup. Defoe berpisah dengan Spurs di musim 2013/14 usai hijrah ke Toronto FC. Striker berusia 38 tahun tersebut saat ini tengah membela Rangers. 

Baca Juga: Messi 700 Gol! Ini 5 Pemain Aktif dengan Torehan Gol Terbanyak

3. Robbie Keane - 122 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Tottenham Hotspurgoal.com

Robbie Keane merupakan sosok striker yang begitu melekat dengan Tottenham Hotspur. Ia membela klub yang bermarkas di Tottenham Hotspur Stadium tersebut dalam dua periode. Periode pertama terjadi saat ia diboyong dari Leeds United pada musim 2002/03 dan bertahan hingga musim 2007/08. 

Striker asal Irlandia tersebut kemudian hijrah ke Liverpool di musim 2008/09. Setengah musim berselang, Keane kembali berseragam Tottenham dan menjadi periode keduanya. Namun, kariernya di periode kedua bersama Spurs hanya bertahan selama dua setengah musim. Dalam dua setengah musim tersebut ia juga sempat dipinjamkan ke Celtic dan West Ham United.

Akhirnya, ia benar-benar berpisah dengan Spurs di musim 2011/12 setelah memutuskan hengkang ke LA Galaxy. Total, Keane berhasil menciptakan 122 gol dari 305 laga di semua perhelatan. Sama halnya dengan Defoe, ia juga hanya mempersembahkan 1 gelar English League Cup. Robbie Keane menepi dari lapangan hijau pada November 2018. 

4. Teddy Sheringham - 103 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Tottenham Hotspurvbetnews.com

Sama halnya dengan Robbie Keane, Teddy Sheringham juga merupakan striker yang mengabdi dengan Spurs dalam dua periode. Awalnya, ia datang ke Tottenham Hotspur Stadium pada musim 1992/93 usai pindah dari Nottingham Forest. Di periode pertama tersebut, Sheringham bertahan selama lima musim. 

Tepat di musim 1997/98, ia kemudian hengkang ke Manchester United. Empat musim berselang, striker asli Inggris tersebut kembali ke klub lamanya, Tottenham Hotspur. Di periode keduanya, kiprah Sheringham hanya bertahan selama dua musim. 

Ia tak lagi memperkuat Spurs pada musim 2003/04 usai hijrah ke Portsmouth. Namun, ia justru meraih kesuksesan bersama Manchester United dan tak ada satu pun gelar yang ditorehkannya bersama Spurs. Tercatat, Sheringham berhasil melesatkan 103 gol dari 248 laga di semua kompetisi. Ia memutuskan pensiun pada Juli 2008. 

5. Son Heung-min - 95 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Tottenham Hotspurgoal.com

Pencetak gol terbanyak kelima sepanjang masa Tottenham Hotspur adalah Son Heung-min. Ia menjadi top skor Spurs yang masih aktif membela klub asal London Utara tersebut bersama Harry Kane. Son berhasil mencetak 95 gol dari 238 penampilan di semua ajang. 

Winger kiri asal Korea Selatan tersebut direkrut oleh Spurs dari Bayer Leverkusen di musim 2015/16. Son benar-benar berhasil menemukan performa terbaiknya selama berkiprah di Premier League. Sayangnya, belum ada gelar yang mampu dicapainya. Musim ini merupakan musim ke-6 baginya berjubah The Lilywhites. Ia masih memiliki durasi kontrak hingga Juni 2023.

Dari kelima pemain di atas, tentunya hanya Harry Kane dan Son Heung-min yang masih berpeluang menambah pundi-pundi golnya. Mampukah Son menyusul perolehan gol Harry Kane?

Baca Juga: 8 Pemain Aktif Bundesliga dengan Torehan Gol Terbanyak, Siapa Teratas?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya