Comscore Tracker

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier League

Sukar dipercaya!

Premier League selalu menyajikan momen-momen menarik di setiap musimnya. Rekor demi rekor selalu tercipta dari pemain-pemain yang berkompetisi di liga paling kompetitif seantero jagat tersebut. Tentunya, football lovers masih ingat dengan catatan Shane Long yang mampu mencetak gol hanya dalam waktu 07,69 detik setelah peluit pertandingan berbunyi.

Gol dari pemain Southampton tersebut dinobatkan sebagai yang tercepat sepanjang sejarah Premier League. Selain Shane Long, ternyata terdapat beberapa pemain lainnya yang juga berhasil mencetak gol tercepat di Premier League. Daripada kalian penasaran, berikut kami sajikan 10 pencetak gol tercepat dalam sejarah Premier League. 

1. Shane Long

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leagueexpress.co.uk

Shane Long sukses menorehkan gol hanya dalam 07,69 detik saat Southampton bertandang ke markas Watford pada 24 April 2019. Laga itu menjadi laga pekan ke-35 Premier League musim 2018/2019. Namun, gol mengejutkan pemain berposisi striker tersebut tak mampu membawa Southampton memetik kemenangan usai laga berakhir imbang dengan skor 1-1.

2. Ledley King

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leagueskysports.com

Gol tercepat ke-dua diciptakan oleh bek Tottenham Hotspur, Ledley King. Ia berhasil mencetak gol saat laga baru berjalan 09,82 detik. Gol itu tercipta saat Tottenham Hotspur datang ke markas Bradford di laga pekan ke-16 Premier League musim 2000/2001, tepatnya pada 9 Desember 2000. Sayangnya, satu gol fantastis King di laga tersebut tak mampu mengantarkan Spurs meraih kemenangan usai ditahan imbang dengan skor 3-3. Ledley King pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2012.

3. Alan Shearer

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leagueplanetfootball.com

Striker legendaris Inggris dan Newcastle United, yakni Alan Shearer, tercatat juga pernah mencetak gol dalam waktu yang sangat singkat. Ia berhasil membobol gawang lawan ketika pertandingan baru berjalan 10,52 detik. Saat itu, tepatnya 18 Januari 2003, Newcastle menjamu Manchester City di laga pekan ke-24 Premier League musim 2002/2003. Satu gol memukau Shearer berhasil membawa timnya menang dengan skor akhir 2-0. Sang legenda, memutuskan pensiun sebagai seorang pesepak bola pada 2006.

4. Christian Eriksen

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leagueskysports.com

Pencetak gol tercepat Premier League ke-empat dipegang oleh pemain yang saat ini membela Inter Milan, yakni Christian Eriksen. Saat itu Eriksen masih berseragam Tottenham Hotspur. Ia mampu mencetak gol hanya dalam waktu 10,54 detik. Kala itu, tepatnya pada 1 Februari 2018, Spurs berduel dengan Manchester United di laga pekan ke-25 Premier League musim 2017/2018. Berkat satu gol cepat Eriksen, Spurs berhasil mengalahkan United dengan skor akhir 2-0.

5. Mark Viduka

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leagueteamtalk.com

Selanjutnya terdapat nama Mark Viduka, striker berdarah Australia. Saat itu Viduka yang tengah membela Leeds, berhasil mengejutkan publik melalui golnya yang tercipta dalam waktu 11,90 detik. Gol itu terjadi pada 17 Maret 2001, saat timnya bertandang ke markas Charlton di laga pekan ke-29 Premier League musim 2000/2001. Satu gol Viduka di laga tersebut berandil besar mengantarkan Leeds memenangkan pertandingan dengan skor akhir 1-2. Mark Viduka sendiri gantung sepatu pada tahun 2009.

Baca Juga: Ini Shane Long, Si Pencetak Rekor Gol Tercepat di Liga Inggris

6. Dwight Yorke

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leagueavfc.co.uk

Pencetak gol tercepat ke-enam ditempati oleh Dwight Yorke, striker milik Aston Villa saat itu. Yorke sukses mencetak gol hanya dalam waktu 12,16 detik. Gol cepat Yorke tersebut tercipta pada 30 September 1995, saat Aston Villa bertanding di kandang Coventry dalam laga pekan ke-6 Premier League musim 1995/1996. Satu gol Yorke turut membantu timnya mencuri kemenangan dengan skor akhir 0-3. Pemain berdarah Trinidad-Tobago tersebut pensiun pada tahun 2009.

7. Chris Sutton

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leaguedailyrecord.co.uk

Chris Sutton menjadi pencetak gol tercepat Premier League ke-7. Ia merupakan pemain berdarah Inggris yang saat itu menjadi striker andalan Blackburn Rovers. Chris mampu mencetak gol saat laga baru berjalan 12,94 detik. Kala itu, tepatnya 1 April 1995, timnya bertandang ke markas Everton dalam laga pekan ke-31 Premier League musim 1994/1995. Berkat sumbangan satu gol dari Chris, Blackburn Rovers berhasil menuai kemenangan dengan skor akhir 1-2. Chris Sutton akhirnya pensiun pada tahun 2007.

8. Kevin Nolan

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leagueskysports.com

Pencetak gol tercepat selanjutnya dicetak oleh Kevin Nolan, pemain berposisi gelandang serang yang saat itu membela Bolton. Nolan berhasil mengoyak jala lawan ketika pertandingan baru berumur 13,48 detik. Waktu itu, Bolton bermain ke markas Blackburn Rovers pada 10 Januari 2004 dalam laga pekan ke-20 Premier League musim 2003/2004. Di laga tersebut, Nolan mencetak dua gol yang berhasil membuat Bolton menang secara dramatis dengan skor akhir 3-4. Kevin Nolan memutuskan pensiun dari lapangan hijau pada tahun 2018.

9. James Beattie

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leaguedailyecho.co.uk

James Beattie menjadi pencetak gol tercepat ke-9 dalam sejarah Premier League. Striker yang saat itu membela Southampton tersebut, sukses mencetak gol cepat dalam waktu 13,52 detik. Gol tersebut tercipta saat timnya berkunjung ke markas Chelsea di pekan ke-4 Premier League musim 2004/2005, pada 28 Agustus 2004.

Meski sempat membuat publik tuan tuan rumah tercengang dengan gol cepatnya, tetapi James Beattie juga mencetak satu gol bunuh diri di laga tersebut. Akibatnya, Southampton harus pulang dengan tangan hampa usai takluk dengan skor 2-1. Beattie sendiri pensiun pada tahun 2013.

10. Asmir Begovic

Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier Leagueexpress.co.uk

Melengkapi sepuluh besar sebagai pencetak gol tercepat Premier League, ditempati oleh Asmir Begovic. Lain halnya dengan pemain sebelumnya, Begovic adalah seorang penjaga gawang. Saat itu, ia masih aktif membela Stoke City. Begovic berhasil membuat seisi stadion bergemuruh setelah berhasil mencetak gol saat laga baru berjalan 13,64 detik.

Hebatnya, gol itu diciptakan Begovic melalui tendangannya dari area penaltinya sendiri. Momen langka tersebut terjadi dalam laga Stoke City melawan Southampton di pekan ke-10 Premier League musim 2013/2014, pada 2 November 2013. Sayangnya, laga tersebut harus berakhir imbang dengan skor akhir 1-1. Saat ini, Asmir Begovic berkarier bersama AC Milan.

Sepuluh pemain di atas, selain karena memiliki bakat hebat di dunia sepak bola sepertinya juga dinaungi keberuntungan saat menciptakan gol cepat tersebut. Kira-kira akankah ada pemain lain yang mampu melampaui catatan waktu tercepat di atas?

Baca Juga: Pemain Super Nih! 5 Gol Tercepat Liga Primer Inggris Sepanjang Masa

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya