5 Fakta Setelah Inggris Depak Denmark di Semifinal Piala Eropa 2020

Inggris sudah ditunggu Italia di partai final

Inggris menghadapi Denmark dalam babak semifinal Piala Eropa 2020. Laga tersebut digelar di Wembley Stadium, London, Inggris, pada 8 Juli 2021 dini hari WIB. Denmark sempat memberi kejutan dengan unggul di menit ke-30 melalui tendangan bebas Mikkel Damsgaard. Inggris kemudian berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-39 berkat gol bunuh diri Simon Kjaer.

Hingga waktu normal berakhir, skor tetap imbang 1-1 yang memaksa pertandingan berlanjut ke babak extra time. Di babak ini, Inggris mendapat hadiah penalti setelah Raheem Sterling dilanggar di menit ke-104. Harry Kane yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan peluang meski bola sempat ditepis Kasper Schmeichel.

The Three Lions akhirnya berbalik unggul 2-1 dan bertahan hingga waktu extra time berakhir. Dengan begitu, Inggris berhak melaju ke babak final menyusul Italia. Kesuksesan Inggris mendepak Denmark di semifinal Piala Eropa 2020 juga menyisakan sejumlah fakta menarik. Berikut lima fakta menariknya.

1. Harry Kane akhirnya samai catatan Gary Lineker

5 Fakta Setelah Inggris Depak Denmark di Semifinal Piala Eropa 2020Harry Kane jadi Star of the Match dalam laga kontra Denmark (twitter.com/EURO2020)

Harry Kane dinobatkan sebagai Star of the Match di laga ini. Ia menjadi pahlawan Inggris dengan mencetak satu gol ke gawang Denmark di babak extra time yang membawa The Three Lions unggul dan memastikan satu tempat di partai puncak. Tak hanya itu, Kane juga mencatatkan rekor baru.

Dengan torehan satu golnya tersebut, Kane kini sudah mengoleksi 10 gol di pentas akbar. Ia berhasil menyamai jumlah gol Gary Lineker sebagai pemain Inggris paling produktif di ajang Piala Eropa dan Piala Dunia. Empat dari sepuluh gol Harry Kane tercipta di Piala Eropa 2020.

2. Mikkel Damsgaard, pemain muda Denmark yang curi perhatian

5 Fakta Setelah Inggris Depak Denmark di Semifinal Piala Eropa 2020Mikkel Damsgaard sukses mencetak gol ke gawang Inggris (twitter.com/EURO2020)

Mikkel Damsgaard merupakan pemain muda Denmark yang beroperasi sebagai winger kiri. Dalam laga ini, ia sempat memberi kejutan dengan mencetak gol melalui tendangan bebas. Gol tersebut merupakan gol pertama di Piala Eropa 2020 yang tercipta melalui skema direct free kick atau tendangan bebas langsung.

Damsgaard sendiri memang menjadi salah satu penyerang andalan Tim Dinamit di Piala Eropa 2020. Pemain berusia 21 tahun tersebut total sudah bermain dalam 5 laga dengan kontribusi 2 gol dan 1 assist. Meski gagal membawa Denmark tampil di final, setidaknya ia sudah bermain apik dan itu menjadi modal bagus untuk karier ke depannya.

Baca Juga: [BREAKING] Seru, Inggris Vs Denmark Berbalas Gol di Babak I

3. Kesucian gawang Inggris ternodai

5 Fakta Setelah Inggris Depak Denmark di Semifinal Piala Eropa 2020Jordan Pickford dalam laga kontra Denmark (twitter.com/EURO2020)

Sebelum menjamu Denmark, Inggris tak pernah sekalipun kebobolan di Piala Eropa 2020. Hal itu tak lepas dari solidnya lini pertahanan Inggris khususnya sang kiper, Jordan Pickford. Dari lima laga sebelumnya, Pickford berhasil menjaga kesucian gawang The Three Lions.

Hingga akhirnya, Mikkel Damsgaard datang sebagai pemain pertama yang menodai gawang Inggris di Piala Eropa 2020. Dengan demikian, Pickford pun gagal mengantar Inggris menorehkan rekor. Dalam sejarah, tak ada satu pun tim yang mampu menciptakan enam clean sheet atau lebih dalam satu gelaran Piala Eropa atau Piala Dunia.

4. Kemenangan Inggris atas Denmark dinaungi keberuntungan

5 Fakta Setelah Inggris Depak Denmark di Semifinal Piala Eropa 2020Potret pemain Inggris usai kalahkan Denmark di semifinal Piala Eropa 2020 (twitter.com/EURO2020)

Inggris benar-benar harus bersusah payah untuk bisa menjinakkan Denmark. Mereka bahkan sempat tertinggal lebih dahulu sebelum akhirnya mencetak gol penyama kedudukan berkat kesalahan bek Denmark, Simon Kjaer. Untuk ketiga kalinya dalam sejarah turnamen besar, Inggris diuntungkan dengan gol bunuh diri.

Sebelumnya, Inggris pernah mengalami hal serupa dalam laga kontra Cekoslowakia di Piala Dunia 1982 dan saat melawan Paraguay di Piala Dunia 2006. Dalam laga menghadapi Denmark sendiri, keberuntungan tak hanya datang datang di waktu normal.

Saat memasuki babak extra time, The Three Lions mendapat hadiah penalti. Bola sepakan penalti Harry Kane sebenarnya sempat ditepis Kasper Schmeichel, tapi bola muntah berhasil disambar Kane yang berujung gol dan membuat Inggris menang. Jadi, seolah Dewi Fortuna benar-benar berpihak pada Inggris.

5. Inggris akhirnya ke final Piala Eropa untuk pertama kalinya

5 Fakta Setelah Inggris Depak Denmark di Semifinal Piala Eropa 2020Potret pemain Inggris usai kalahkan Denmark di semifinal Piala Eropa 2020 (twitter.com/OfficialTM_3)

Kemenangan atas Denmark tentu terasa begitu spesial bagi Inggris. The Three Lions akhirnya mencapai babak final Piala Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah. Capaian ini digapai setelah mereka melakoni pertandingan ke-37 di Piala Eropa.

Jika digabung dengan perhelatan Piala Dunia, maka Inggris harus menunggu selama 55 tahun untuk bisa kembali tampil di final sejak terakhir kali terjadi pada Piala Dunia 1966 yang kala itu mereka keluar sebagai jawara.

Secara keseluruhan, Inggris sudah pernah berpartisipasi di Piala Eropa sebanyak 10 kali. Prestasi terbaik mereka sebelumnya hanya mentok di semifinal. Untuk itu, The Three Lions tak boleh menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Di partai final nanti, Inggris sudah ditunggu Italia. Gli Azzuri juga tampil tak kalah apik dengan Inggris di Piala Eropa 2020. Jika terlena, Inggris bisa saja kembali gagal juara. Mampukah The Three Lions menumpas Gli Azzuri di partai puncak?

Baca Juga: Denmark Kasih Gol Gratis Antar Inggris ke Final Piala Eropa 2020

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya