5 Kekalahan Terakhir Timnas Maroko di Piala Dunia, Gagal ke Final! 

Maroko terhenti di semifinal Piala Dunia 2022

Timnas Maroko gagal melanjutkan kejutannya di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka takluk di tangan Prancis dengan skor 0-2 dalam laga semifinal, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Kekalahan itu membuat The Atlas Lions, julukan Maroko, tak bisa meraih tiket ke final. 

Prancis sendiri merupakan negara pertama yang bisa menaklukkan Maroko di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Hakim Ziyech dan kolega tampil solid dengan catatan 4 menang dan 1 imbang.

Termasuk Prancis, ada beberapa negara yang pernah mengalahkan Maroko di Piala Dunia. Begini kekalahan terakhir Timnas Maroko di Piala Dunia.

1. Maroko 1-2 Belanda (Piala Dunia 1994 Amerika Serikat)

5 Kekalahan Terakhir Timnas Maroko di Piala Dunia, Gagal ke Final! Timnas Maroko berjumpa Belanda di Piala Dunia 1994. (fifa.com)

Edisi 1994 yang digelar di Amerika Serikat merupakan Piala Dunia ketiga yang diikuti Maroko. Waktu itu, mereka tergabung di Grup F bersama Belgia, Arab Saudi, dan Belanda. 

The Atlas Lions harus bertekuk lutut di hadapan Belanda dengan skor 2-1 saat berjumpa pada matchday ketiga grup tersebut. Maroko sejatinya sempat membuat laga imbang 1-1 setelah gol Dennis Bergkamp berhasil dibalas striker mereka, Hassan Nader. Sayang, Belanda bisa mencetak satu gol lagi melalui Bryan Roy. 

Kekalahan dari De Oranje menjadi penutup kiprah buruk Maroko di Piala Dunia 1994. Mereka tak bisa lolos dari babak grup setelah menjadi juru kunci dengan catatan tiga kekalahan.

2. Maroko 0-3 Brasil (Piala Dunia 1998 Prancis)

5 Kekalahan Terakhir Timnas Maroko di Piala Dunia, Gagal ke Final! Timnas Maroko bertemu Brasil di Piala Dunia 1998. (fifa.com)

Timnas Maroko juga ambil bagian di Piala Dunia 1998 Prancis. Pada edisi tersebut, mereka harus terlebih dahulu bersaing di Grup A yang dihuni Brasil, Norwegia, dan Skotlandia. 

Sayang, Maroko tak berdaya saat berjumpa Brasil di laga kedua babak grup. The Atlas Lions dibantai dengan skor 0-3 akibat gol dari Ronaldo, Rivaldo, dan Bebeto. 

Langkah Maroko di Piala Dunia 1998 juga terhenti pada babak grup. Meski bisa menang atas Skotlandia dan menahan imbang Norwegia, Maroko gagal lolos ke babak gugur setelah mengakhiri persaingan Grup A dengan duduk di posisi tiga.

Baca Juga: Maroko Tumbang, Prancis Maju ke Final Piala Dunia 2022

3. Maroko 0-1 Iran (Piala Dunia 2018 Rusia)

5 Kekalahan Terakhir Timnas Maroko di Piala Dunia, Gagal ke Final! Timnas Maroko bertarung melawan Iran di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Maroko harus menunggu selama 20 tahun untuk bisa tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Namun, mereka kurang beruntung lantaran berada di Grup B bersama tim-tim kuat, seperti Spanyol dan Portugal. Satu tim lain yang mengisi grup tersebut adalah Iran yang masih sepadan dengan Maroko. 

Pada kenyataannya, Maroko justru takluk di tangan Iran dengan skor tipis 0-1. Momen itu terjadi saat kedua tim bersua di laga perdana Grup B. Sialnya, gol kemenangan Iran terlahir akibat gol bunuh diri dari striker Maroko, Aziz Bouhaddouz. 

4. Maroko 0-1 Portugal (Piala Dunia 2018 Rusia)

5 Kekalahan Terakhir Timnas Maroko di Piala Dunia, Gagal ke Final! Timnas Maroko bersua Portugal di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Setelah Iran, giliran Portugal yang menghajar Maroko di laga kedua grup B Piala Dunia 2018 Rusia. The Atlas Lions lagi-lagi harus takluk dengan skor 1-0 akibat gol dari kapten Portugal, Cristiano Ronaldo. 

Kekalahan dari Selecao das Quinas memupus harapan Maroko untuk bisa lolos ke babak gugur. Meski sempat menahan imbang Spanyol di laga terakhir, mereka tetap terbenam di dasar klasemen. 

5. Maroko 0-2 Prancis (Piala Dunia 2022 Qatar)

5 Kekalahan Terakhir Timnas Maroko di Piala Dunia, Gagal ke Final! Timnas Maroko melawan Prancis di semifinal Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Berkaca pada kegagalan edisi sebelumnya, Maroko mampu bermain superior di Piala Dunia 2022 Qatar. Langkah demi langkah berhasil mereka lewati hingga sampai ke semifinal tanpa satu pun kekalahan. 

Sayang, catatan apik Maroko di Piala Dunia 2022 terhenti di tangan Prancis. Mereka harus menerima kenyataan pahit setelah dikalahkan Les Bleus 0-2 pada babak semifinal (15/12/2022). Dua gol kemenangan Prancis dicetak Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani. 

Meski pada akhirnya gagal menciptakan kisah indah dengan juara Piala Dunia 2022, Maroko tetap patut berbangga. Mereka mencetak sejarah baru sebagai negara Afrika pertama yang mampu melaju sampai ke semifinal.

Baca Juga: Dalih Pelatih Maroko Usai Kalah dari Prancis: Skuad Pincang

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya