Comscore Tracker

5 Kemenangan Terbesar Portugal dalam Sejarah Piala Dunia

Swiss menjadi korban terbaru

Timnas Portugal menuai catatan apik di Piala Dunia 2022 Qatar dengan melangkah ke perempat final. Mereka tampil superior pada babak 16 besar dengan membantai Swiss 6-1 pada Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Kemenangan itu menjadi modal penting bagi Portugal untuk menatap laga selanjutnya. Itu bisa meningkatkan kepercayaan diri para pemain.

Di sisi lain, skor besar dalam laga Swiss menjadi salah satu kemenangan terbesar yang pernah diraih Selecao das Quinas. Dari delapan kali keikutsertaan mereka di Piala Dunia, berikut lima kemenangan terbesar Portugal dalam sejarah Piala Dunia.

1. Portugal 7-0 Korea Utara (Piala Dunia 2010 Afrika Selatan) 

5 Kemenangan Terbesar Portugal dalam Sejarah Piala DuniaPortugal berjumpa Korea Selatan di Piala Dunia 2010. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kemenangan terbesar Portugal di Piala Dunia terjadi saat berjumpa Korea Utara di Piala Dunia 2010, tepatnya pada 21 Juni 2010. Kedua tim kala itu bertemu di laga kedua Grup G. Portugal tanpa ampun menghabisi Korea Utara dengan skor 7-0.

Tiago Mendes menjadi pendulang gol terbanyak Portugal di laga tersebut dengan catatan dua gol. Enam gol lainnya dicetak oleh pemain berbeda, meliputi Raul Mireles, Simao, Hugo Almeida, Liedson, dan Cristiano Ronaldo.

Pada Piala Dunia 2010, Portugal melenggang ke babak 16 besar usai lolos dari Grup G menemani Brasil. Sayangnya, langkah mereka terhenti oleh Spanyol pada babak tersebut.

2. Portugal 6-1 Swiss (Piala Dunia 2022 Qatar) 

5 Kemenangan Terbesar Portugal dalam Sejarah Piala DuniaPortugal bertemu Swiss di Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kemenangan 6-1 atas Swiss pada 16 besar Piala Dunia 2022 (7/12/2022) menjadi kemenangan terbesar kedua Portugal. Selecao das Quinas tampil begitu perkasa di laga tersebut. Mereka menujukkan kelasnya sebagai salah satu kandidat juara Piala Dunia. 

Goncalo Ramos menjadi bintang dalam kemenangan Portugal atas Swiss. Striker yang masih berusia 21 tahun tersebut sukses mencetak hattrick. Sedangkan, tiga gol lainnya masing-masing diciptakan Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao. Di sisi lain, satu gol pelipur lara Swiss dikemas Manuel Akanji. 

Baca Juga: Klasemen Top Scorer Piala Dunia 2022: Goncalo Ramos Melesat!

3. Portugal 4-0 Polandia (Piala Dunia 2002 Korea/Jepang)

5 Kemenangan Terbesar Portugal dalam Sejarah Piala DuniaPortugal bersua Polandia di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Kemenangan besar Portugal terjadi saat bertemu Polandia. Kedua tim berhadapan di laga kedua Grup D Piala Dunia 2002 pada 10 Juni 2002.

Dalam laga tersebut, Selecao das Quinas sukses membuat Polandia tak berdaya dan menang 4-0. Sosok penting di balik kemenangan ini adalah Pauleta yang mana mampu memborong tiga gol. Sementara itu, satu gol lainnya disarangkan Rui Costa. 

Meski menang besar atas Polandia, Portugal tak bisa lolos dari Grup D. Mereka hanya menempati posisi ketiga akibat kalah dari Amerika Serikat dan Korea Selatan di dua laga lainnya.

4. Portugal 3-0 Bulgaria (Piala Dunia 1966 Inggris) 

5 Kemenangan Terbesar Portugal dalam Sejarah Piala DuniaTimnas Portugal pada 1966 (twitter.com/footballmemorys)

Piala Dunia 1966 merupakan Piala Dunia pertama yang diikuti Portugal. Mereka langsung tampil ganas dengan meraih kemenangan besar atas Bulgaria dengan skor 3-0. Kemenangan tersebut tercipta pada laga kedua Grup 3, tepatnya pada 16 Juli 1966.

Gol pembuka Portugal terjadi akibat gol bunuh diri bek Bulgaria, Ivan Vutsov. Dua gol Portugal lainnya kemudian terlahir melalui Eusebio dan Jose Torres. 

Kemenangan atas Bulgaria memberi dampak positif bagi nasib Selecao das Quinas. Mereka pada akhirnya mampu melaju ke babak gugur dengan raihan poin sempurna di Grup 3 setelah di dua lainnya juga menang atas Hungaria dan Brasil.

5. Portugal 5-3 Korea Utara (Piala Dunia 1966 Inggris) 

5 Kemenangan Terbesar Portugal dalam Sejarah Piala DuniaPortugal melawan Korea Utara di Piala Dunia 1966. (fifa.com)

Kemenangan besar Portugal lainnya terjadi di Piala Dunia 1966. Setelah lolos dari babak grup, mereka harus bertarung melawan Korea Utara pada babak perempat final (23/7/1966). Portugal mampu menyudahi perlawanan sengit Korea Utara dengan skor 5-3.

Uniknya, Selecao das Quinas sempat tertinggal 0-3 akibat gol Pak Seung Zin, Li Dong Woon, dan Yang Song Guk. Portugal lalu bangkit dari keterpurukan berkat aksi luar biasa Eusebio yang mampu menorehkan quattrick. Satu gol Portugal dari Jose Augusto memantapkan kemenangan mereka.

Kemenangan atas Korea Utara membuat Portugal melangkah ke semifinal. Namun, mereka harus kalah dari tuan rumah, Inggris. Portugal akhirnya menyegel posisi ketiga dengan mengalahkan Uni Soviet.

Portugal kini memasuki perempat final Piala Dunia 2022. Makin jauh langkah mereka, makin berat lawan yang dihadapi.

Baca Juga: Pelatih Portugal Buka-bukaan Alasan Cadangkan Ronaldo

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya