5 Kesepakatan Transfer yang Pernah Terjadi Antara Lyon dan Barcelona

Memphis Depay jadi nama terbaru

Olympique Lyon dan Barcelona merupakan dua tim besar di Eropa. Kedua tim tersebut selalu dihuni pemain bintang di setiap musimnya. Dalam sejarah, kepindahan pemain dari Lyon ke Barcelona ataupun sebaliknya juga pernah terjadi. 

Terbaru ada sosok Memphis Depay yang hijrah dari Lyon ke Barcelona. Striker asal Belanda tersebut pindah secara cuma-cuma setelah kontraknya bersama Les Gones berakhir pada Juni 2021. Termasuk Depay, berikut kami sajikan 5 kesepakatan transfer yang pernah terjadi antara Lyon dan Barcelona.

1. Sonny Anderson (1999/2000)

5 Kesepakatan Transfer yang Pernah Terjadi Antara Lyon dan BarcelonaSonny Anderson saat membela Lyon (twitter.com/BarcaTimes)

Sonny Anderson merupakan striker top keturunan Brasil. Ia bergabung dengan Barcelona pada musim 1997/1998 setelah sebelumnya berkarier bersama AS Monaco. Sonny menghabiskan waktu selama dua musim di Camp Nou. Ia tampil dalam 68 laga di semua ajang dengan menciptakan 21 gol dan 6 assist

Pada musim 1999/2000, Sonny kembali berkiprah di Prancis bersama Olympique Lyon. Ia pun menjadi pemain pertama yang terlibat transfer antara Barcelona dan Lyon. Bersama Les Gones, ia mengabdi selama empat musim dan tampil dalam 160 laga di semua ajang dengan mengoleksi 94 gol dan 4 assist

Baik bersama Barcelona maupun Lyon, Sonny sama-sama sukses meraih gelar. Ia pernah mencicipi 2 gelar LaLiga, 2 gelar Liga Prancis, dan beberapa gelar lainnya. Bahkan, ia juga pernah menjadi top skor Liga Prancis sebanyak tiga kali. 

2. Edmilson (2004/2005) 

5 Kesepakatan Transfer yang Pernah Terjadi Antara Lyon dan BarcelonaEdmilson saat berseragam Barcelona (twitter.com/FCBarcelona)

Edmilson juga merupakan salah satu pemain top Brasil. Hanya saja, ia memiliki posisi dominan sebagai seorang gelandang bertahan. Ia pernah mengabdi untuk Lyon sejak musim 2000/2001 hingga musim 2003/2004.

Dalam kurun waktu tersebut, Edmilson bermain dalam 157 laga di semua ajang dengan mencetak 5 gol dan 2 assist. Ia juga sukses merengkuh 3 gelar Liga Prancis, 1 gelar French League Cup, dan 1 gelar French Super Cup.

Barcelona kemudian merekrut Edmilson dari Lyon pada musim 2004/2005. Di Camp Nou, kariernya juga bertahan selama empat musim. Ia diandalkan dalam 96 laga di semua gelaran dengan mengemas 2 assist. Edmilson berhasil meraih 1 gelar Liga Champions, 2 gelar LaLiga, dan 1 gelar Piala Super Spanyol. 

3. Eric Abidal (2007/2008) 

5 Kesepakatan Transfer yang Pernah Terjadi Antara Lyon dan BarcelonaEric Abidal memenangi Liga Champions bersama Barcelona (twitter.com/ChampionsLeague)

Berselang tiga musim, Barcelona kembali menggaet pemain dari Lyon. Waktu itu giliran Eric Abidal yang merapat ke Camp Nou. Sebelumnya, bek kiri asal Prancis tersebut menghabiskan waktu selama tiga musim bersama Lyon.

Ia melakoni 107 laga di semua ajang dengan mencatatkan 2 gol dan 6 assist. Abidal mampu membawa Lyon meraih 3 gelar Liga Prancis dan 1 gelar French Super Cup.

Kesuksesan tak hanya dirasakan ketika membela Lyon. Bersama Barcelona, Abidal bisa dibilang jauh lebih berjaya. Ia aktif berseragam Blaugrana selama enam musim dengan menjalani 193 laga di semua ajang dan menciptakan 2 gol serta 10 assist.

Abidal sukses mengantongi 2 gelar Liga Champions, 4 gelar LaLiga, 2 gelar Piala Dunia Antarklub, 2 gelar UEFA Super Cup, 2 gelar Copa Del Rey, dan 4 gelar Piala Super Spanyol.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon, Depay Terbaru!

4. Samuel Umtiti (2016/2017)

5 Kesepakatan Transfer yang Pernah Terjadi Antara Lyon dan BarcelonaSamuel Umtiti saat bergabung dengan Barcelona (barcablaugranes.com)

Samuel Umtiti menjadi salah satu bek tengah yang dimiliki Barcelona saat ini. Ia merupakan jebolan akademi Lyon yang promosi ke tim senior pada Januari 2012. Kiprah Umtiti bersama Les Gones bertahan selama tiga setengah musim.

Ia turun dalam 170 laga di semua ajang dengan menorehkan 5 gol dan 3 assist. Sayangnya, ia gagal meraih gelar Liga Prancis dan hanya meraih 1 gelar French Cup serta 1 gelar French Super Cup.

Barulah pada musim 2016/2017, Barcelona mendatangkan Umtiti. Hingga saat ini, ia sudah tampil dalam 132 laga di semua kompetisi dengan mencetak 2 gol dan 1 assist.

Umtiti juga sudah berhasil menggondol 2 gelar LaLiga, 3 gelar Copa Del Rey, dan 2 gelar Piala Super Spanyol. Bek Prancis berusia 27 tahun tersebut masih memiliki kontrak hingga Juni 2023 di Camp Nou.

5. Memphis Depay (2021/2022)

5 Kesepakatan Transfer yang Pernah Terjadi Antara Lyon dan BarcelonaMemphis Depay saat membela Lyon (eurosport.com)

Memphis Depay menjadi sosok terbaru yang sepakat pindah dari Lyon ke Barcelona. Penyerang Belanda tersebut sudah membela Lyon sejak Januari 2017. Secara keseluruhan, ia bermain dalam 178 laga di semua ajang dengan membukukan 76 gol dan 55 assist. Sayangnya, Depay gagal meraih gelar bersama Les Gones. 

Barcelona sendiri merupakan Klub keempat yang dibela Depay dalam kariernya. Ia akan mengabdi di Camp Nou hingga Juni 2023 atau selama dua musim. Depay diprediksi tak butuh waktu lama untuk beradaptasi karena terbantu sang pelatih, Ronald Koeman, yang juga berasal dari Belanda. 

 

Itulah 5 kesepakatan transfer pemain yang pernah terjadi antara Lyon dan Barcelona. Mampukah Memphis Depay tampil menjanjikan dan meraih kesuksesan bersama Barcelona?

Baca Juga: [BREAKING] Memphis Depay Resmi Berseragam Barcelona 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya