Comscore Tracker

7 Kiper Asal Spanyol yang Kini Membela Klub Premier League, Ada de Gea

Bagaimana kiprahnya? 

Kualitas sepak bola Spanyol sudah diakui kehebatannya di mata dunia. Banyak pemain berbakat dari generasi ke generasi yang lahir di negara tersebut. Di era sekarang ini, Spanyol juga tak kehabisan talenta hebat. 

Terdapat jajaran pemain jempolan yang berkiprah di berbagai kompetisi elite Eropa, tak terkecuali Premier League. Lebih tepatnya, ada 27 pemain Spanyol yang merintis karier di Premier League saat ini. Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya merupakan seorang kiper.

Kalian penasaran, siapa sajakah ketujuh kiper yang dimaksud? Untuk mengetahuinya, yuk simak artikel ini sampai habis! 

1. David de Gea (Manchester United) 

7 Kiper Asal Spanyol yang Kini Membela Klub Premier League, Ada de Geamanutd.com

David de Gea menjadi kiper asal Spanyol yang paling berpengalaman di Premier League. Bagaimana tidak, ia sudah berkiprah bersama Manchester United sejak musim 2011/2012. Kala itu United memboyongnya dari Atletico Madrid. 

David de Gea telah bermain dalam 337 laga di Premier League dengan menorehkan 123 clean sheet. Ia sukses meraih 1 gelar Premier League, 1 gelar Europa League, dan beberapa gelar lainnya. Kiper berusia 30 tahun tersebut masih terikat kontrak dengan United hingga Juni 2023.

2. Adrian (Liverpool) 

7 Kiper Asal Spanyol yang Kini Membela Klub Premier League, Ada de Geathisisanfield.com

Selanjutnya ada sosok Adrian, kiper pelapis Alisson di Liverpool. Ia telah merumput di Premier League sejak musim 2013/2014. Pada awalnya ia membela West Ham United usai hengkang dari Real Betis. Enam musim berselang, barulah ia bergabung dengan Liverpool. 

Secara keseluruhan, Adrian telah bermain dalam 139 laga di Premier League dengan menciptakan 39 clean sheet. Ia juga pernah mencicipi 1 gelar Premier League, 1 Piala Dunia Antarklub, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Kiper berusia 34 tahun tersebut terikat kontrak dengan Liverpool hingga Juni 2021.

3. Kepa Arrizabalaga (Chelsea)

7 Kiper Asal Spanyol yang Kini Membela Klub Premier League, Ada de Geaskysports.com

Kiper Spanyol ketiga yang saat ini berkarier di Premier League adalah Kepa Arrizabalaga. Ia didatangkan Chelsea dari Athletic Bilbao pada musim 2018/2019. Tak main-main, Chelsea harus merogoh kocek sebesar €80 juta atau Rp 1,3 triliun yang memecahkan rekor pembelian termahal dalam sejarah klub. 

Di musim awal, Kepa begitu diandalkan The Blues. Namun, lambat laun performanya menurun hingga posisinya digantikan oleh Edouard Mendy. Total, ia telah tampil dalam 73 laga di Premier League dengan mengemas 23 clean sheet. Bersama Chelsea, Kepa baru meraih 1 gelar Europa League. Kontrak kiper berusia 26 tahun tersebut akan berakhir pada Juni 2025.

Baca Juga: 10 Potret Kepa Arrizabalaga, Kiper Andalan Chelsea yang Menawan!

4. Fabricio Martin (Fulham) 

7 Kiper Asal Spanyol yang Kini Membela Klub Premier League, Ada de Geapremierleague.com

Fabricio Martin merupakan kiper Spanyol milik Fulham. Ia telah membela klub tersebut sejak musim 2018/2019 usai direkrut dari Besiktas. Sayangnya, Fabri tak menjadi pilihan utama Fulham sejak awal kedatangannya. 

Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke RCD Mallorca pada musim 2019/2020. Di musim ini, Fabri belum pernah dimainkan Fulham di kompetisi apa pun. Total, ia hanya baru merumput dalam 2 laga di Premier League. Kiper berusia 33 tahun tersebut memiliki sisa kontrak hingga Juni 2021.

5. Vicente Guaita (Crystal Palace) 

7 Kiper Asal Spanyol yang Kini Membela Klub Premier League, Ada de Geaskysports.com

Vicente Guaita juga menjadi salah satu kiper asal Spanyol yang saat ini berkiprah di Premier League. Ia telah menjadi kiper utama Crystal Palace sejak musim 2018/2019. Guaita sendiri didatangkan Palace dari Getafe. 

Secara keseluruhan, ia telah turun dalam 84 laga di Premier League dengan membukukan 25 clean sheet. Meski belum pernah mencicipi gelar, performa Guaita tetap patut diacungi jempol. Kiper berusia 34 tahun tersebut memiliki masa bakti hingga Juni 2023.

6. Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion)

7 Kiper Asal Spanyol yang Kini Membela Klub Premier League, Ada de Geabrightonandhovealbion.com

Robert Sanchez merupakan kiper Spanyol yang kini berseragam Brighton. Ia menjadi salah satu kiper produk asli akademi Brighton. Sebelum dipromosikan ke tim senior, Sanchez sempat dipinjamkan ke Forest Green Rovers dan Rochdale.

Akhirnya, ia mulai dipercaya tampil di tim utama Brighton sejak musim 2020/2021. Sejauh ini, Sanchez telah bermain dalam 17 laga di Premier League dengan mencatatkan 6 clean sheet. Di usianya yang baru menginjak 23 tahun, Sanchez diikat kontrak hingga Juni 2025.

7. Kiko Casilla  (Leeds United) 

7 Kiper Asal Spanyol yang Kini Membela Klub Premier League, Ada de Geainstagram.com/leedsunited

Terakhir ada Kiko Casilla, kiper asal Spanyol yang tengah membela Leeds United. Ia telah membela Leeds sejak pertengahan musim 2018/2019 setelah dipinang dari Real Madrid. Namun, Kiko baru merasakan atmosfer persaingan Premier League sejak musim 2020/2021 setelah Leeds sukses promosi. 

Sayangnya, kiprah Kiko tak begitu mentereng karena hanya menjadi kiper pelapis. Leeds lebih mengandalkan kiper muda, Illan Meslier, ketimbang dirinya. Tercatat, ia baru tampil dalam satu laga di Premier League. Meski demikian, kiper berumur 34 tahun tersebut masih terikat kontrak hingga Juni 2023.

 

Itulah tujuh kiper berdarah Spanyol yang saat ini berkarier di Premier League. Bisa dibilang David de Gea merupakan kiper Spanyol terbaik jika dibandingkan dengan keenam kiper lainnya.

Baca Juga: 10 Kiper Asal Inggris dengan Banderol Termahal Saat Ini, Fantastis!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya