5 Kiper yang Paling Sering Kemasukan Gol di Piala Eropa 2020

Yann Sommer salah satunya

Gianluigi Donnarumma menjadi pemain terbaik di Piala Eropa 2020. Capaian tersebut didapat berkat performa apiknya di bawah mistar gawang Italia hingga berhasil meraih gelar juara. Donnarumma mencatatkan 3 clean sheet, 9 penyelamatan, dan 4 kali kebobolan.

Di sisi lain, ketika Donnarumma tampil gemilang, ada juga kiper yang mengalami nasib kurang beruntung. Mereka menjadi bulan-bulanan bagi pemain lawan untuk mencetak gol. Siapa saja kiper yang paling sering kemasukan gol di Piala Eropa 2020? Berikut ulasannya.

1. Georgiy Bushchan (Ukraina)

5 Kiper yang Paling Sering Kemasukan Gol di Piala Eropa 2020Georgiy Bushchan di Timnas Ukraina (instagram.com/georgiybuschan)

Georgiy Bushchan menjadi kiper dengan kemasukan gol terbanyak di Piala Eropa 2020. Kiper berusia 27 tahun tersebut begitu diandalkan Ukraina. Bushchan bermain penuh dalam 5 laga dengan 10 kali kebobolan.

Meski begitu, ia juga menciptakan 9 penyelamatan dan 1 penyelamatan penalti yang membuat Ukraina lolos dari fase grup sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik. Langkah akhir Ukraina pun terbilang apik, yakni hingga babak perempat final.

2. Yann Sommer (Swiss)

5 Kiper yang Paling Sering Kemasukan Gol di Piala Eropa 2020Yann Sommer (instagram.com/ysommer1)

Swiss berhasil melaju hingga babak perempat final Piala Eropa 2020. Capaian tersebut tak lepas dari performa cemerlang kiper mereka, Yann Sommer. Lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik, Swiss secara mengejutkan mengalahkan Prancis di babak 16 besar melalui adu penalti.

Yann Sommer menjadi pahlawan dengan berhasil menepis tembakan Kylian Mbappe yang menjadi penendang penentu Prancis. Secara total, kiper berusia 32 tahun tersebut mampu menciptakan 21 penyelamatan. Catatan minornya, Sommer harus merasakan 9 kali kebobolan.

Baca Juga: Swiss Memang Kalah, tetapi Yann Sommer Luar Biasa

3. Ugurcan Cakir (Turki)

5 Kiper yang Paling Sering Kemasukan Gol di Piala Eropa 2020Ugurcan Cakir (instagram.com/cakirugurcan61)

Turki di Piala Eropa 2020 benar-benar gagal total. Mereka tersingkir di babak grup setelah tak pernah menang dalam 3 laga yang dijalani. Kiper Turki, Ugurcan Cakir, menjadi salah satu pemain yang paling menderita.

Tampil penuh dalam 3 laga, ia harus mengalami kebobolan sebanyak 8 kali. Banyaknya gol yang terjadi sejatinya tak melulu berasal dari kesalahan Bushchan, tetapi juga akibat buruknya lini pertahanan Turki. Kiper berusia 25 tahun tersebut sudah berjuang dengan melakukan 18 penyelamatan.

4. Stole Dimitrievski (Makedonia Utara)

5 Kiper yang Paling Sering Kemasukan Gol di Piala Eropa 2020Stole Dimitrievski (instagram.com/stole_gk)

Stole Dimitrievski dipercaya sebagai kiper utama Makedonia Utara yang menjadi tim debutan di Piala Eropa 2020. Namun, ia gagal membawa timnya berjaya. Makedonia Utara selalu kalah dari tiga laga babak grup yang dilakoni.

Bagi Stole sendiri, ia harus memungut bola dari gawangnya sebanyak 8 kali. Kiper berusia 27 tahun tersebut sebenarnya sudah berusaha maksimal dengan melakukan 14 penyelamatan dan 1 penyelamatan penalti.

5. Dominik Livakovic (Kroasia)

5 Kiper yang Paling Sering Kemasukan Gol di Piala Eropa 2020Dominik Livakovic, kiper Timnas Kroasia (instagram.com/dominiklivakovic40)

Kiper kelima yang paling sering kemasukan gol di Piala Eropa 2020 adalah Dominik Livakovic. Ia merupakan kiper utama Kroasia. Di babak grup, Livakovic sejatinya baru kebobolan 3 kali dan membantu timnya lolos dari babak grup.

Namun, kiper berumur 26 tahun tersebut harus rela gawangnya dibobol sebanyak 5 kali saat duel dengan Spanyol di babak 16 besar yang menghentikan langkah Kroasia. Di sisi lain, Livakovic juga menorehkan 10 penyelamatan.

 

Itulah 5 kiper yang paling sering kemasukan gol di Piala Eropa 2020. Meksi banyak gol yang bersarang ke gawang mereka, penampilan mereka tetap patut diapresiasi. Kelima kiper di atas sudah berusaha mati-matian dengan menciptakan banyak penyelamatan.

Baca Juga: Gaya Songong Kiper Denmark Ejek Inggris

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya