Comscore Tracker

6 Momen Gol Ivan Perisic di Piala Dunia Bersama Timnas Kroasia

Perisic mencetak gol penting di Piala Dunia 2022

Timnas Kroasia mampu melaju ke perempat final Piala Dunia 2022. Mereka sukses menyingkirkan Jepang pada babak 16 besar melalui adu penalti setelah laga berakhir imbang 1-1 hingga babak tambahan.

Dalam laga tersebut, ada peran penting Ivan Perisic. Ia mencetak satu gol untuk Kroasia yang membuat skor imbang 1-1 dan memaksa laga berlanjut sampai babak tos-tosan. Pada akhirnya, Kroasia keluar sebagai pemenang. 

Bagi Ivan Perisic, satu golnya ke gawang Jepang membuatnya total mengemas enam gol di Piala Dunia bersama Timnas Kroasia. Untuk memberikan apresiasi kepada pemain berusia 33 tahun tersebut, berikut momen-momen gol Ivan Perisic di Piala Dunia

1. Kroasia vs Kamerun (Piala Dunia 2014 Brasil) 

6 Momen Gol Ivan Perisic di Piala Dunia Bersama Timnas KroasiaIvan Perisic mencetak gol dalam laga kontra Kamerun di Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Piala Dunia 2014 Brasil merupakan Piala Dunia pertama yang diikuti Ivan Perisic. Ia menjadi salah satu amunisi serangan Timnas Kroasia yang waktu itu tergabung di Grup A bersama tuan rumah Brasil, Kamerun, dan Meksiko.

Mandul di laga pertama saat berjumpa Brasil, Perisic kemudian mampu membuktikan kualitasnya di laga kedua. Ia sukses mencetak gol debut di Piala Dunia sekaligus mengantar Kroasia menang telak 4-0 atas Kamerun pada 19 Juni 2014.

2. Kroasia vs Meksiko (Piala Dunia 2014 Brasil) 

6 Momen Gol Ivan Perisic di Piala Dunia Bersama Timnas KroasiaIvan Perisic mencetak gol ke gawang Meksiko di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Timnas Kroasia melakoni laga pemungkas Grup A Piala Dunia 2014 dengan menghadapi Meksiko pada 23 Juni 2014. Tim berjuluk Vatreni ini kala itu harus menang untuk bisa lolos ke fase knockout.

Nasib baik belum didapat, Timnas Kroasia harus takluk 1-3 dari Meksiko. Satu-satunya gol Kroasia di laga ini dicetak Ivan Perisic. Namun, gol itu hanya menjadi hiburan dan tak bisa menghindarkan Kroasia dari kekalahan.

3. Kroasia vs Islandia (Piala Dunia 2018 Rusia) 

6 Momen Gol Ivan Perisic di Piala Dunia Bersama Timnas KroasiaIvan Perisic tampil dalam laga melawan Islandia di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Ivan Perisic kembali mendapat kesempatan membela Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018. Waktu itu, negaranya harus bersaing di Grup D yang dihuni Nigeria, Argentina, dan Islandia.

Vatreni tampil solid dengan mengalahkan Nigeria dan Argentina di dua laga awal fase grup. Namun, dalam dua kemenangan tersebut, tak ada sumbangsih gol dari Ivan Perisic. 

Barulah pada laga terakhir Grup D, ketika berjumpa Islandia pada 26 Juni 2018, Perisic mencetak gol. Spesialnya, gol itu lahir pada menit 90 yang membuat Kroasia menang dramatis dengan skor 2-1.

Baca Juga: 6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela Tottenham, Ivan Perisic Terbaru

4. Kroasia vs Inggris (Piala Dunia 2018 Rusia) 

6 Momen Gol Ivan Perisic di Piala Dunia Bersama Timnas KroasiaKroasia bertemu Inggris di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Kontribusi gol Ivan Perisic di Piala Dunia 2018 kembali terlihat pada babak gugur. Kroasia secara berturut-turut mampu menumbangkan Denmark dan Islandia pada babak 16 besar serta perempat final. Namun, bukan pada laga tersebut gol Perisic terlahir. 

Perisic sukses mencetak gol keduanya di Piala Dunia 2018 saat bertemu Inggris di semifinal pada 11 Juli 2018. Ia mampu membobol gawang Inggris pada babak kedua yang menyamakan skor 1-1.

Skor tersebut bertahan hingga akhir laga dan pemenang harus ditentukan melalui babak tambahan. Kroasia pada akhirnya memenangi laga dengan skor 2-1 setelah berhasil menciptakan gol.

5. Kroasia vs Prancis (Piala Dunia 2018 Rusia) 

6 Momen Gol Ivan Perisic di Piala Dunia Bersama Timnas KroasiaIvan Perisic mencetak gol ke gawang Prancis di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Timnas Kroasia mencetak sejarah baru dengan melaju ke partai final Piala Dunia 2018. Mereka harus bertarung dengan Prancis dalam laga final yang dihelat pada 15 Juli 2018. 

Ivan Perisic kembali menujukkan tajinya di laga ini. Ia sukses mencetak satu gol pada babak pertama yang membuat skor kala itu imbang 1-1. Sayangnya, gol itu tak bisa mengantar Vatreni menyabet gelar juara setelah di akhir laga mereka takluk dengan skor 2-4.

6. Kroasia vs Jepang (Piala Dunia 2022 Qatar) 

6 Momen Gol Ivan Perisic di Piala Dunia Bersama Timnas KroasiaIvan Perisic (nomor 4) mencetak gol saat berjumpa Jepang di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Ivan Perisic bersama Timnas Kroasia datang ke Piala Dunia 2022 dengan pengalaman berharga dari Piala Dunia 2018. Mereka harus lebih dahulu melewati adangan Maroko, Belgia, dan Kanada di Grup F. 

Timnas Kroasia mampu lolos dari persaingan grup tersebut setelah menang 1 kali dan imbang 2 kali. Belum ada kontribusi gol dari Ivan Perisic di tiga laga fase grup. 

Perisic baru mencetak gol di Piala Dunia 2022 saat berjumpa Jepang pada babak 16 besar. Kroasia sempat tertinggal pada babak pertama sebelum berhasil disamakan berkat gol Perisic pada babak kedua. Vatreni akhirnya memenangi laga setelah harus melalui adu penalti pada 5 Desember 2022.

Dapat disimpulkan bahwa gol-gol yang dicetak Ivan Perisic di Piala Dunia berperan penting bagi Timnas Kroasia. Di Piala Dunia 2022 sendiri, satu gol Perisic memberi andil atas kelolosan Vatreni ke perempat final.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Kroasia yang Pernah Memperkuat Inter Milan 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya