5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! 

Jadi pahlawan Jepang di Piala Dunia 2022

Jepang secara mengejutkan mampu lolos dari Grup E Piala Dunia 2022 Qatar yang berisi tim-tim kuat, meliputi Jerman, Spanyol, dan Kosta Rika. Tim Samurai Biru keluar sebagai juara grup berkat dua kemenangan atas tim unggulan, Jerman dan Spanyol. 

Salah satu aktor penting di balik kesuksesan Jepang melangkah ke babak gugur adalah Ritsu Doan. Ia mampu mencetak masing-masing satu gol ke gawang Jerman dan Spanyol. 

Bagi Ritsu Doan sendiri, 2 gol di Piala Dunia 2022 sejauh ini membuatnya kini mengoleksi 5 gol untuk Timnas Jepang. Berikut momen-momen gol Ritsu Doan bersama Timnas Jepang.

1. Jepang vs Uruguay (Laga Persahabatan 2018) 

5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! Ritsu Doan (instagram.com/doanritsu)

Ritsu Doan menjalani debut di Timnas Jepang pada 11 September 2018. Kala itu, ia bermain dalam laga persahabatan melawan Kosta Rika. Namun, Ritsu Doan belum bisa mencetak gol di laga debutnya. 

Winger berusia 24 tahun ini baru mencatatkan gol debut untuk Timnas Jepang pada 16 Oktober 2018. Waktu itu, Tim Samurai Biru berjumpa Uruguay dalam laga persahabatan. Ritsu Doan sukses mencetak satu gol di laga ini yang berbuah kemenangan 4-3 untuk timnya. 

2. Jepang vs Turkmenistan (Piala Asia 2019) 

5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! Ritsu Doan (instagram.com/doanritsu)

Timnas Jepang menghadapi Turkmenistan pada laga perdana Grup F Piala Asia 2019 pada 9 Januari 2019. Tim Samurai Biru kala itu sukses membuka turnamen dengan manis setelah menang 3-2.

Dalam laga tersebut, Ritsu Doan bermain di sepanjang laga. Ia sukses mencetak gol ketiga Jepang yang mengunci kemenangan. Gol tersebut menjadi gol keduanya untuk Timnas Jepang dan yang pertama di kompetisi resmi. 

Baca Juga: 9 Ide OOTD Daily Outfit ala Ritsu Doan, Pencetak Gol dari Jepang

3. Jepang vs Vietnam (Piala Asia 2019) 

5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! Ritsu Doan dalam laga melawan Vietnam di Piala Asia 2019. (instagram.com/doanritsu)

Pada Piala Asia 2019, Jepang lolos dari babak grup dan bertemu Vietnam di perempat final pada 24 Januari 2019. Dalam laga inilah gol ketiga Ritsu Doan terlahir. 

Wakil Asia Tenggara ini awalnya cukup merepotkan Ritsu Doan dan kolega. Jepang baru bisa memecah kebuntuan pada babak kedua. Itu pun melalui penalti. Ritsu Doan yang maju sebagai eksekutor mampu menjalankan tugas dengan baik, yang berujung kemenangan 1-0 untuk Jepang.

4. Jepang vs Jerman (Piala Dunia 2022) 

5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! Ritsu Doan di Piala Dunia 2022 (instagram.com/doanritsu)

Ritsu Doan harus menunggu waktu yang cukup lama untuk menjemput gol keempatnya. Hingga pada akhirnya, momen tersebut terjadi pada waktu yang tepat, yaitu pada Piala Dunia 2022 Qatar.

Ritsu Doan sukses mencetak satu gol ke gawang Jerman dalam laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022 pada 23 November 2022. Gol itu berperan penting membantu Jepang mengalahkan Tim Panzer dengan skor 2-1.

5. Jepang vs Spanyol (Piala Dunia 2022) 

5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! Ritsu Doan di Piala Dunia 2022 (instagram.com/doanritsu)

Ritsu Doan lagi-lagi menjadi pahlawan Timnas Jepang di Piala Dunia 2022. Ia kembali mencetak satu gol di laga ketiga Grup E melawan Spanyol pada 1 Desember 2022.

Jepang yang butuh kemenangan di laga ini sempat tertinggal lebih dahulu. Ritsu Doan kemudian sukses mencetak gol penyama kedudukan. Gol darinya memotivasi pemain Jepang lainnya untuk menciptakan gol selanjutnya. Akhirnya, Jepang bisa mengemas satu gol lagi yang mengunci kemenangan 2-1.

Kontribusi gol Ritsu Doan tentunya kembali dibutuhkan Timnas Jepang dalam mengarungi babak gugur Piala Dunia 2022. Mampukah ia menuai gol demi gol lainnya yang bisa membawa Tim Samurai Biru mencetak sejarah juara Piala Dunia?

Baca Juga: Profil Ritsu Doan, 2 Kali Bikin Manuel Neuer Malu

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya