3 Negara Amerika Korban Ketajaman Olivier Giroud, Argentina Menyusul? 

Ketiganya dari kawasan Amerika Selatan

Olivier Giroud bakal kembali menjadi striker utama Timnas Prancis dalam laga final Piala Dunia 2022 Qatar. Pada edisi kali ini, ia bakal berusaha menembus lini pertahanan Argentina yang tangguh. 

Selama kariernya di level timnas, Giroud sudah beberapa kali berjumpa negara-negara dari Benua Amerika, termasuk Argentina. Namun, striker berumur 36 tahun tersebut belum berhasil membobol gawang La Albiceleste. 

Laga final Piala Dunia 2022 akan menjadi kesempatan kedua Olivier Giroud untuk bisa merobek jala gawang Argentina. Keberhasilannya mengemas gol saat berjumpa tiga negara Amerika ini bisa jadi motivasi baginya. 

1. Paraguay (Laga Persahabatan 2017) 

3 Negara Amerika Korban Ketajaman Olivier Giroud, Argentina Menyusul? Olivier Giroud (twitter.com/EURO2024)

Paraguay menjadi negara Amerika korban pertama ketajaman Olivier Giroud. Negara dari kawasan Amerika Selatan tersebut dibobol Giroud saat bertemu Prancis dalam laga persahabatan 2 Juni 2017. 

Tak tanggung-tanggung, ia sukses mendulang hattrick setelah mencetak gol masing-masing di menit 6, 13, dan 69. Giroud turut membantu Prancis memenangi laga dengan skor akhir 5-0.

2. Kolombia (Laga Persahabatan 2018) 

3 Negara Amerika Korban Ketajaman Olivier Giroud, Argentina Menyusul? Olivier Giroud (twitter.com/EURO2024)

Prancis bersua Kolombia dalam laga persahabatan, tepatnya pada 23 Maret 2018. Dalam laga ini, Giroud tampil selama 73 menit dan mampu mengoleksi satu gol. 

Gol tersebut terlahir pada menit 11 yang membuat Les Bleus unggul 1-0. Sayang, gol itu tak bisa membawa Prancis menang. Meski sempat menggandakan keunggulan menjadi 2-0, mereka harus takluk dengan skor 2-3 dari Kolombia. 

Baca Juga: Olivier Giroud, Pernah Diejek Mobil Gokar Kini Jadi Top Scorer Prancis

3. Uruguay (Laga Persahabatan 2018) 

3 Negara Amerika Korban Ketajaman Olivier Giroud, Argentina Menyusul? Olivier Giroud (twitter.com/EURO2024)

Satu lagi negara dari Benua Amerika yang pernah dibobol Olivier Giroud adalah Uruguay. Momen tersebut terjadi kala Prancis bertemu La Celeste, julukan Uruguay, dalam laga persahabatan 20 November 2018. 

Giroud dimainkan selama 80 menit. Ia berhasil memecah kebuntuan pada menit 52. Itu menjadi satu-satunya gol dalam laga ini. Alhasil, Prancis menang 1-0 atas Uruguay. 

4. Olivier Giroud pernah menghadapi Argentina di Piala Dunia 2018

3 Negara Amerika Korban Ketajaman Olivier Giroud, Argentina Menyusul? Olivier Giroud sukses menjuarai Piala Dunia 2018 bersama Timnas Prancis (fifa.com)

Sebelum laga final Piala Dunia 2022, Olivier Giroud sudah pernah berjumpa Argentina. Tepatnya, saat Prancis bertarung dengan La Albiceleste pada babak 16 besar Piala Dunia 2018. 

Waktu itu, ia tampil penuh selama 90 menit. Namun, Giroud tak bisa mencetak gol dan hanya mampu menyumbang satu assist. Untungnya, torehan satu assist tersebut bisa mengantar Les Bleus menang dengan skor akhir 4-3.

5. Olivier Giroud punya kesempatan untuk menyabet Golden Boot

3 Negara Amerika Korban Ketajaman Olivier Giroud, Argentina Menyusul? Olivier Giroud sukses mencetak gol ke gawang Inggris di perempat final Piala Dunia 2022. (instagram.com/oliviergiroud)

Pada final Piala Dunia 2022, Giroud bersama Timnas Prancis kembali bertemu Argentina. Ia tentunya ingin membayar kegagalannya saat mandul di Piala Dunia 2018.

Kontribusi golnya dalam laga final nanti akan sangat berarti bagi Prancis guna bisa mempertahankan gelar juara. Di sisi lain, Giroud juga berpeluang meraih penghargaan Golden Boot.

Sejauh ini, striker jangkung tersebut sudah mengumpulkan empat gol. Jumlah itu hanya kalah dari Kylian Mbappe dan Lionel Messi yang sama-sama sudah membukukan lima gol.

Andai kata Giroud bisa mencetak minimal dua gol di final nanti, maka penghargaan Golden Boot Piala Dunia 2022 bisa saja jatuh kepadanya. Tentu dengan catatan Mbappe dan Messi gagal menambah pundi-pundi golnya. 

Olivier Giroud harusnya memiliki motivasi tinggi untuk mencetak gol pada laga final nanti. Pasalnya, ia sedang dalam performa apik di Piala Dunia 2022. Apalagi, ia punya bekal pengalaman nyekor ke gawang negara dari Benua Amerika.

Baca Juga: 4 Negara Ini Jadi Lumbung Gol Olivier Giroud di Piala Dunia

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya