5 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Melatih Barcelona, Koeman Teranyar!

Bagaimana kiprah mereka?

Barcelona beberapa waktu lalu resmi memecat pelatih mereka, Quique Setien. Hal itu tak lepas dari performa buruk sang pelatih selama menangani Blaugrana. Di bawah arahan Setien, Barca tak mampu meraih satu gelar pun baik di level domestik maupun kancah Eropa. 

Tak lama kemudian, Barca akhirnya resmi menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih baru mereka. Koeman merupakan salah satu pelatih top asal Belanda dan eks bintang Barcelona. Termasuk Koeman, terdapat 5 pelatih asal Belanda yang pernah melatih Barcelona. Siapa sajakah mereka?

1. Rinus Michels

5 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Melatih Barcelona, Koeman Teranyar!marca.com

Rinus Michels menjadi pelatih pertama asal Belanda yang pernah melatih Barcelona. Ia duduk di bangku El Barca dalam dua periode kepelatihan. Periode pertama pada musim 1971/72 - 1974/75. Sedangkan periode ke-dua terjadi di musim 1976/77 - 1977/78. Jika diakumulasi, tercatat Rinus menukangi Barcelona selama 6 musim.

Dalam kurun waktu selama itu, ia mendampingi Barca hanya dalam 79 laga di semua ajang. Rinus juga hanya mampu mempersembahkan 1 gelar La Liga dan 1 gelar Copa Del Rey. Selain Barca, Rinus juga sempat melatih Ajax, Los Angeles Aztecs, FC Koln, Bayern Leverkusen, dan timnas Belanda. Kemudian ia dinyatakan meninggal dunia pada 3 Maret 2005 di usia 77 tahun.

2. Johan Cruyff

5 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Melatih Barcelona, Koeman Teranyar!eurosport.com

Pelatih ke-dua Barcelona yang berasal dari Belanda adalah Johan Cruyff. Sosok yang satu ini tentunya sudah begitu akrab dengan Barcelona. Pasalnya, Cruyff merupakan salah satu mantan pemain andalan Barca. Ia tercatat pernah melatih Barcelona selama 9 musim di musim 1987/88 - 1995/96. Cruyff mendampingi Barca dalam 402 laga di semua kompetisi.

Ia menjadi salah satu pelatih yang cukup sukses bersama Blaugrana. Tercatat, ia berhasil menorehkan 4 gelar La Liga, 1 gelar Copa Del Rey, 3 gelar Piala Super Spanyol, 1 gelar Liga Champions Eropa, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 1 gelar UEFA Cup Winners' Cup. Dunia sepak bola sempat berduka atas meninggalnya Johan Cruyff pada 24 Maret 2016 di usia 68 tahun.

3. Louis van Gaal

5 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Melatih Barcelona, Koeman Teranyar!fcbarcelona.com

Louis van Gaal juga tak kalah populer dari dua pelatih sebelumnya. Ia menjadi pelatih ke-tiga yang pernah melatih Barcelona. Sama halnya dengan Rinus Michels, ia menukangi Barca juga dalam dua periode kepelatihan. Periode pertama terjadi di musim 1997/98 - 1999/00. Sedangkan periode ke-dua hanya dalam waktu setengah musim, tepatnya di musim 2002/03.

Louis van Gaal mendampingi Barcelona dalam 200 laga di semua kompetisi. Urusan prestasi, ia sukses mengantarkan Barca meraih 2 gelar La Liga, 1 gelar Copa Del Rey, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Saat ini, van Gaal sudah tidak aktif sebagai pelatih setelah terakhir kali melatih Manchester United pada tahun 2016.

Baca Juga: 5 Bintang Senior Barcelona Ini Terancam Dijual Ronald Koeman

4. Frank Rijkaard

5 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Melatih Barcelona, Koeman Teranyar!dailymail.co.uk

Frank Rijkaard menjadi pelatih ke-empat asal Belanda yang pernah melatih Barcelona. Kiprahnya bisa dibilang cukup mengesankan. Ia duduk di bangku kepelatihan Barca selama 5 musim di musim 2003/04 - 2007/08. Dalam kurun waktu selama itu, Rijkaard mengemas 272 laga di semua kompetisi.

Ia sukses mempersembahkan 1 gelar Liga Champions Eropa, 2 gelar La Liga, dan 2 gelar Piala Super Spanyol. Tak hanya itu, Rijkaard juga pernah terpilih sebagai pelatih terbaik dunia tahun 2005 saat masih melatih Barca. Saat ini, ia sudah tidak aktif melatih setelah terakhir kali menjadi pelatih timnas Arab Saudi pada tahun 2013.

5. Ronald Koeman

5 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Melatih Barcelona, Koeman Teranyar!forbes.com

Pelatih terbaru sekaligus ke-lima asal Belanda yang pernah melatih Barcelona adalah Ronald Koeman. Sama halnya seperti Johan Cruyff, ia juga merupakan mantan pemain andalan Barca. Di dunia kepelatihan sendiri, Koeman sudah menjadi sosok familier karena telah malang melintang melatih banyak klub.

Tercatat, Barcelona merupakan klub ke-10 yang pernah dilatih Ronald Koeman. Sebelum hijrah ke Barca, ia aktif melatih timnas Belanda. Koeman juga pernah menjadi asisten pelatih Barcelona mendampingi Louis van Gaal selama satu setengah musim (1998/99 - 1999-00). Dengan durasi kontrak hingga Juni 2022, patut kita nantikan kiprah Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona.

Itulah 5 pelatih asal Belanda yang pernah melatih Barcelona. Akankah ada pelatih lain asal Belanda yang menyusul mereka?

Baca Juga: Resmi Jadi Pelatih, Ini 5 Tantangan Ronald Koeman di Barcelona 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya