Comscore Tracker

6 Pelatih Klub Bundesliga dengan Bayaran Termahal di Musim 2020/2021

Ada yang sudah dipecat, lho!

Bundesliga Jerman musim 2020/21 telah bergulir sejak 19 September 2020. Tentunya, semua tim telah menyiapkan skuad dan strategi terbaik demi bisa tampil maksimal. Kesepakatan mengenai kontrak dan gaji pastinya juga telah dilaksanakan.

Di kursi kepelatihan, Hansi Flick menjadi pelatih dengan bayaran termahal di Bundesliga musim ini. Pelatih Bayern Munchen tersebut menerima bayaran sebesar 15 juta euro per tahun. Termasuk Flick, siapa sajakah pelatih klub Bundesliga dengan gaji tertinggi di musim 2020/21?

1. Hansi Flick - 15 juta euro per tahun

6 Pelatih Klub Bundesliga dengan Bayaran Termahal di Musim 2020/2021bundesliga.com

Hansi Flick menjadi pelatih dengan gaji tertinggi yang melatih klub Bundesliga di musim 2020/21. Melatih tim sekelas Bayern Munchen yang dikenal sebagai salah satu klub tersukses di dunia, Flick digaji 15 juta euro per tahun. 

Pelatih asal Jerman tersebut telah menukangi The Bayern sejak musim 2019/20. Kariernya begitu mentereng dengan membawa timnya meraih treble winners di musim lalu. Keseluruhan ia telah meraih 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Bundesliga, 1 gelar DFB Pokal, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Ia memiliki kontrak hingga Juni 2023. 

2. Lucien Favre - 7,5 juta euro per tahun

6 Pelatih Klub Bundesliga dengan Bayaran Termahal di Musim 2020/2021bundesliga.com

Pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre, menempati posisi ke-dua. Pelatih tim rival Bayern Munchen tersebut dibayar 7,5 juta euro per tahun. Favre mulai melatih Die Borussen sejak musim 2018/19 menggantikan posisi Peter Stoger. 

Sebelum melatih Dortmund, ia sudah cukup berpengalaman di Bundesliga setelah sebelumnya pernah melatih Hertha Berlin dan Borussia Monchengladbach. Di bawah kepemimpinannya, Dortmund belum juga bisa memutus dominasi Munchen. Pelatih asal Swiss tersebut diikat kontrak hingga Juni 2021. 

3. Peter Bosz - 5 juta euro per tahun

6 Pelatih Klub Bundesliga dengan Bayaran Termahal di Musim 2020/2021as.com

Peter Bosz yang menjadi pelatih Bayern Leverkusen juga menjadi salah satu pelatih dengan bayaran termahal di Bundesliga musim 2020/21. Ia memiliki gaji sebesar 5 juta euro per tahun. Ia melatih Leverkusen sejak musim 2018/19. Di bawah kepemimpinan Peter Bosz, Leverkusen belum mampu menunjukkan permainan terbaiknya.

Pelatih asal Belanda tersebut merupakan sosok pelatih yang sudah pernah melatih banyak klub. Di Bundesliga sendiri, ia pernah menukangi Borussia Dortmund. Pelatih berusia 56 tahun tersebut memiliki masa bakti dengan Leverkusen hingga Juni 2022.

Baca Juga: Resmi! Lucien Favre jadi Pelatih Dortmund dengan Kontrak Dua Tahun

4. Julian Nagelsmann - 4,5 juta euro per tahun

6 Pelatih Klub Bundesliga dengan Bayaran Termahal di Musim 2020/2021goal.com

Julian Nagelsmann menjadi salah satu pelatih termuda dan terbaik di Bundesliga saat ini. Pelatih yang baru berusia 33 tahun tersebut mampu membuat tim sekelas RB Leipzig menjadi tim solid yang sulit ditaklukkan. Atas prestasinya tersebut, ia memiliki gaji yang cukup mahal, yakni sebesar 4,5 juta euro per tahun. 

Leipzig benar-benar mengalami perubahan positif di era Nagelsmann sejak musim 2019/20. Klub berjuluk Die Roten Bullen tersebut mampu tampil menggila. Hal itu ditunjukkannya dengan finish di posisi tiga besar Bundesliga dan mencapai babak semifinal Liga Champions musim lalu. Pelatih asal Jerman tersebut  dikontrak hingga Juni 2023.

5. David Wagner - 4 juta euro per tahun

6 Pelatih Klub Bundesliga dengan Bayaran Termahal di Musim 2020/2021bundesliga.com

David Wagner masuk lima besar dalam daftar pelatih klub Bundesliga dengan gaji termahal di musim 2020/21. Pelatih Schalke tersebut mendapatkan bayaran sebesar 4 juta euro per tahun. Ia mulai melatih klub yang bermarkas di Veltins Arena tersebut pada musim 2019/20. 

Di bawah kepelatihannya, Schalke belum bisa tampil maksimal. Pelatih asal Amerika Serikat tersebut hanya mampu membawa timnya finish di papan tengah Bundesliga musim lalu. Di awal musim ini, Schalke juga tampil buruk yang berimbas pada pemecatan terhadap Wagner. Tetapi, pelatih berusia 49 tahun tersebut masih berhak menerima gaji.

6. Marco Rose - 3,5 juta euro per tahun

6 Pelatih Klub Bundesliga dengan Bayaran Termahal di Musim 2020/2021sportbuzzer.de

Marco Rose melengkapi enam besar dalam jajaran pelatih klub Bundesliga dengan gaji tertinggi di musim 2020/21. Pelatih Borussia Monchengladbach tersebut mendapatkan bayaran sebesar 3,5 juta euro per tahun. Ia mulai melatih klub berjuluk Die Fohlen tersebut pada musim 2019/20. 

Di bawah kepelatihan Rose, Monchengladbach secara perlahan mampu bangkit. Pelatih asli Jerman tersebut berhasil membawa timnya finish di posisi empat besar Bundesliga musim lalu. Hal itu membuat Monchengladbach bisa tampil di Liga Champions musim ini. Marco Rose dikontrak hingga Juni 2022.

Apakah gaji dari keenam pelatih klub Bundesliga di atas sesuai dengan kapasitasnya? Semoga saja mereka mampu membuktikan bahwa kepelatihannya bisa membawa klubnya tampil apik.

Baca Juga: 6 Pelatih Termuda yang Menangani Klub Liga Champions Musim 2020/2021

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya